Kamis, 01 Desember 2022

Inilah Wisata Kampung Toga Sumedang yang Terkenal di Jawa Barat

 

Kampung Toga Sumedang

SunjaID - Berada tidak jauh dari pusat kota Sumedang, wisata Kampung Toga Sumedang kini bisa menjadi rekomendasi liburan seru bersama keluarga. Wisata alam ini banyak diminati dari dalam maupun luar Kota Sumedang.

Kondisi jalur menuju lokasi ini cukup baik dan lancar jika dilalui para wisatawan. Menghilangkan penat dan suntuk juga bisa dirasakan seketika dengan menghirup udara segar dan fasilitas yang ditawarkan dari wisata yang satu ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata berupa hamparan bukit yang berwarna hijau ini berada di Jalan Kampung Toga, Sukajaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Wisata yang berjarak 2 kilometer dari pusat kota Sumedang memiliki akses jalur yang dapat dilalui oleh mobil maupun sepeda motor. Harga tiket masuk yang ditawarkan pun cukup murah, yakni sebesar 5000 rupiah per orang.

Keunikan Kampung Toga Sumedang

Berasal dari sebuah singkatan yang unik, Kampung Toga Sumedang dapat dijabarkan sebagai Kampung Tanaman Obat. Hamparan perbukitan dengan sungai dan sawah yang terlihat sejuk menambah segar suasana. Panorama khas Parahyangan ini sungguh merupakan wisata yang menentramkan hati.

1. Tersedia Villa dengan Berbagai Tipe

Penginapan dengan konsep Villa kini mulai digandrungi. Beragam tipe villa diantaranya adalah tipe villa dengan nama jenis-jenis bunga. Tipe villa kelas bunga antara lain villa Flamboyan, villa Bougenville, villa Rose, villa Sedap Malam, dan yang termurah adalah villa Kenanga (satu kamar tidur dan kamar mandi).

Villa dengan kelas burung terdiri dari villa Mangangeke, villa Merpati, villa Nuri, villa Jalak, villa Elang, villa Soeny, villa Anis, dan villa Kenari. Untuk para pengunjung yang menginginkan harga agak tinggi dapat menyewa villa Ayudia 3 (masing-masing 3 kamar tidur dan kamar mandi) dengan harga 1.300.000 rupiah.

2. Fasilitas Kolam Renang (Dewasa maupun Anak-Anak)

Destinasi wisata keluarga serasa waterboom dan kolam renang yang bersih juga menjadikan Kampung Toga Sumedang menjadi pilihan keluarga. Anak-anak dan dewasa dapat menikmati kolam renang yang jernih dan segar karena kondisi air yang dijamin kebersihannya.

Kolam renang dengan konsep mini waterboom ini memang tak kalah seru dengan waterboom yang ada di wisata lain. Namun, bagi para orangtua harap berhati-hati dalam menjaga putra putrinya. Yuk, ajak keluarga dan nikmati setiap fasilitas yang dihadirkan.

3. Terdapat Restoran (Lesehan dan Ruang Rapat atau Meeting Room)

Nikmati sajian menu restoran Kampung Toga Sumedang dengan masakan khas Sunda. Selain itu, juga tersedia masakan dengan jenis menu pilihan seperti nasi putih dan ayam goreng. Suasana dan masakan yang disajikan selalu tersedia setiap kali para pengunjung merasa lapar saat berkunjung ke lokasi wisata ini.

Restoran dengan tema lesehan dengan nuansa panorama alam terbuka juga menjadikan para pengunjung betah. Jika ingin memesan ruang untuk kepentingan rapat atau meeting room pun juga tersedia di sini. Pastikan rapat menjadi nyaman dengan ruang meeting yang spesial disediakan.

4. Fasilitas Outbound

Jika para pengunjung mempunyai hobi berolahraga tentu Kampung Toga Sumedang merupakan pilihan tempat wisata yang cocok. Berbagai olahraga yang cukup asyik seperti gantole ataupun paralayang tersedia di sini. Adanya trainer hebat akan membantu mengajari sembari menemani para pengunjung.

Selain itu, yang lebih menarik adalah adanya arung jeram dengan nuansa pegunungan. Sangat cocok untuk outbound dan para pecinta alam untuk melepas kepenatan setelah selama sepekan bekerja. Outbound menjadi menantang dan obat melepas stress karena penatnya aktivitas yang telah dilalui.

5. Kebun Buah-Buahan dan Tanaman Obat

Bagi pecinta tanaman dan buah-buahan, kebun buah dan kebun tanaman obat dapat menjadi tempat menambah wawasan. Di samping itu, kebun ini disulap menjadi tempat yang lengkap dengan berbagai tanaman yang sangat berkhasiat untuk pengobatan secara alami.

Bagi anak-anak TK maupun Sekolah Dasar juga dapat berkunjung ke sini untuk mengenal beragam jenis buah-buahan dan tanaman obat. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan, tentunya juga mengenalkan makhluk hidup terhadap dunia anak-anak. Sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bukan?

Tak salah jika muncul seorang penggagas yang menyulap area yang tandus dan gersang menjadi destinasi wisata Kampung Toga Sumedang ini. Sebagai sarana berekreasi bersama orang-orang tercinta menjadikan destinasi wisata ini menjadi tujuan utama. Selamat berkunjung bersama keluarga!

Related Posts