Rabu, 14 Desember 2022

Jans park Jatinangor, Keindahan Taman Bunga dan Keseruan Wahana

 

Janspark Jatinangor

SunjaID - Mencari tempat berlibur yang baru dibuka? Datanglah ke Janspark Jatinangor yang baru saja buka pada 20 November lalu. Sejak soft openingnya, sudah terlihat bahwa lokasi wisata ini dapat dikunjungi oleh berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak, melainkan juga remaja hingga dewasa. Semuanya dapat menikmati keseruan berlibur di sini.

Bahkan pada soft opening, tercatat akumulasi hingga 50 ribu lebih pengunjung datang dan menikmati indahnya taman bunga ini. Soft openingnya berlangsung dua hari, yakni Jumat sampai Sabtu (18-19 November). 15 ribu di hari pertama, sementara itu hari keduanya mencapai 35 ribu pengunjung.

Masrial, pemilik Jans Park menyebutkan bahwa pihaknya akan terus berupaya dalam mematangkan berbagai kendala selama soft opening. Kendala yang dikhawatirkan adalah kemacetan karena terpapar dengan aktivitas pasar. Namun ternyata lalu lintasnya cukup kondusif karena koordinasi dengan dinas dan muspika.

Lokasi dan Harga Tiket

Janspark Jatinangor merupakan taman bunga bertema negeri dongeng yang juga memiliki wahana permainan di dalamnya. Wahana ini sudah legal secara administrasi, sesuai perundang-undangan. Seluruh aturan termasuk izin usaha, HGU, serta Amdal maupun Amdalalin sudah terpenuhi.

Berlokasi di kota Sumedang, Jans Park beralamat di 3QJ9+FWR, Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor. Lokasi tempat ini dekat dengan Unpad. Jika ditempuh dari gerbang A Universitas Padjajaran, sudah dapat terlihat puncak dari bangunan kastilnya yang berwarna-warni.

Saat ini pengunjung tidak perlu kebingungan dalam mencari lokasinya. Sebab, Jans Park mudah ditemukan dan sudah ada di Google Maps. Aplikasi ini akan mengarahkan pengguna ke tempat tujuan dengan alternatif tercepat.

Berdasarkan informasi dari Instagram resminya, Janspark Jatinangor sedang memberikan promosi harga khusus. Periodenya mulai dari 20 November hingga 16 Desember. Harga semula untuk weekday adalah 30 ribu, dan menjadi 20 ribu. Sementara itu weekend yang semula 40 ribu didiskon menjadi 30 ribu/orangnya.

Namun, biaya tersebut belum termasuk dengan wahananya. Misalnya, untuk menaiki kora-kora membutuhkan 20 ribu. Lalu untuk naik perosotan rainbow perlu menyiapkan 35 ribu. Jadi, pengunjung perlu mempertimbangkan budgetnya. Jika ingin naik banyak wahana, tentu perlu budget lebih.

Jam beroperasi Jans Park dimulai pada pukul 8 pagi setiap harinya. Sementara itu jam tutupnya adalah pukul 5 sore pada hari biasa, pukul 6 sore di akhir pekan. Berhubung tempat ini masih sangat baru, mungkin pengunjung masih penasaran dengan beberapa hal sebelum mendatanginya.

Jika demikian, bisa menghubungi langsung nomor WhatsApp dari Janspark Jatinangor di 083821158759. Atau bisa langsung mengunjungi akun resmi media sosialnya di Instagram, Facebook, serta TikTok. Jadi, informasi mengenai Jans Park bisa diakses dengan mudah. Baik mengenai wahana dan informasi lainnya yang dibutuhkan.

Daya Tarik

Setiap destinasi wisata tentu memiliki daya tariknya masing-masing, begitu juga Jans Park yang berada di Jatinangor ini. Taman wisata ini memiliki berbagai objek wisata yang menyenangkan untuk dieksplorasi bersama keluarga dan teman-teman. Ada berbagai daya tarik yang dimilikinya, seperti:

1. Booth Kuliner yang Lengkap

Lelah setelah berjalan-jalan dan menikmati permainan, beristirahat sambil makan dan minum sangat dibutuhkan. Janspark Jatinangor menyediakan area untuk makan yang luas, dengan banyak pilihan tersedia. Contohnya adalah Japanese food, Chinese food, Indonesian food, dan banyak lainnya.

Jadi, pengunjung tidak perlu kebingungan mencari yang sesuai dengan seleranya. Kuliner nusantara hingga internasional, semuanya dapat ditemui di food court ini. Tempat duduknya pun banyak, mengingat kapasitas tempat ini bisa menampung ribuan pengunjung.

2. Pemandangan Bunga yang Cantik

Alam terbuka di Jans Park sangat cocok untuk menenangkan hati yang keruh. Diiringi pemandangan hamparan bunga yang berwarna-warni, sangat memanjakan mata. Jenis bunganya sangat beragam, ada yang unik hingga menjuntai panjang sampai memenuhi lorong.

Jika destinasi berlibur di alam terbuka seringkali panas, tidak demikian dengan taman bunga ini. Udaranya segar dan sejuk, sehingga pengunjung akan lebih betah menikmati waktu bersama di sini. Banyaknya tanaman membuat kadar oksigen terus bertambah sehingga menyehatkan untuk dihirup.

3. Wahana yang Beragam

Sebagai arena berlibur, ternyata di Janspark Jatinangor tidak hanya tersedia taman bunga yang sejuk dan rindang. Melainkan juga wahana permainan yang seru dan banyak jenisnya. Dari yang paling menenangkan hingga yang ekstrem dan memicu adrenalin.

Tersedia pilihan untuk anak-anak sampai dewasa, dengan harapan semua pengunjung bisa menikmati keseruan bersama-sama. Saat ini, total terdapat 11 wahana di area wisata ini dan masih akan bertambah. Berikut ini daftar wahananya:

     Seluncur bercorak rainbow setinggi 80 meter. Termasuk yang paling tinggi di Indonesia.

     Kereta wisata.

     Kora-kora. Permainan berbentuk seperti kapal raksasa yang berayun tinggi dari kanan ke kiri.

     Bianglala dengan tinggi mencapai 30 meter. Satu tempat dapat diisi dua sampai empat orang.

     Istana balon. Arena yang bentuknya menyerupai istana dengan permainan-permainan yang berhubungan dengan balon.

     Ontang anting. Ayunan tinggi yang berputar di udara.

     Komidi putar. Arena yang berputar pelan dengan banyak objek menarik untuk dinaiki, misalnya kuda.

     Taman balon. Arena yang dipenuhi balon berwarna-warni untuk anak-anak.

     Gokar (mobil yang digunakan untuk berkeliling arena wisata untuk yang tidak dapat berjalan banyak).

     Trampolin (permainan untuk melompat tinggi yang bisa memantul).

     Skooter.

Dari kesebelas wahana tersebut, dua yang paling menarik perhatian pengunjung adalah bianglala serta perosotan/seluncur rainbow. Keduanya akan menjadi ikon di Jans Park, sebagai destinasi wisata terbaru di wilayah Jatinangor dan Sumedang.

4. Bangunan Seperti Istana

Di Janspark Jatinangor terdapat banyak bangunan yang besar menyerupai istana Eropa hingga masjid Rusia. Bangunan ini berbentuk seperti istana raksasa dengan penggunaan warna beragam. Pemandangan ini akan terlihat oleh semua pengunjung yang hadir, karena sangat mencolok.

Warna-warna yang digunakan identik dengan merah, biru, putih, kuning, hijau, dan sebagainya. Ketiganya merupakan warna dasar, namun desainnya dirancang dengan seksama sehingga terlihat cantik.

Pengunjung akan merasa seperti berada di negeri dongeng. Sementara itu, di bagian depan istana ada taman yang berhiaskan warna putih seperti payung. Sangat cocok sebagai spot yang menarik untuk berfoto.

Fasilitas yang Tersedia

Tidak lengkap jika sebuah tempat wisata tidak memiliki fasilitas yang memadai. Hal ini tentu akan mengurangi citranya karena pengunjung memiliki berbagai kebutuhan ketika berlibur. Tidak perlu risau, sebab Janspark Jatinangor dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung, seperti:

     Toilet yang selalu dijaga kebersihannya.

     Tempat untuk duduk sambil bersantai.

     Area untuk beribadah (mushola).

     Food court yang menyediakan banyak pilihan makanan serta minuman, dengan banyak tempat duduk. Ada makanan khas nusantara, Jepang, hingga Korea.

     11 jenis wahana permainan.

     Area untuk parkir yang sangat luas, dapat memuat sampai 8 ribu mobil. Biaya parkir untuk setiap mobil adalah 10 ribu, untuk motor 5 ribu.

     Tempat luas hingga kapasitas bisa mencapai 15 ribu orang.

Aturan yang Wajib Diketahui di Jans Park

Dengan kelengkapan fasilitas di sini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang nyaman. Namun, tentunya tetap wajib mengikuti peraturan yang diberlakukan. Adapun beberapa peraturan yang wajib diketahui dan dipatuhi oleh pengunjung antara lain:

     Tidak diizinkan untuk membawa konsumsi yang berasal dari luar area Janspark Jatinangor. Di lokasi wisata sudah tersedia food court yang menunjang kebutuhan pengunjung untuk makan dan minum.

     Membayar sesuai dengan wahana yang dinaiki. Pastikan mencari tahu harga dari masing-masing wahana terlebih dahulu, sebab harganya berbeda-beda.

     Dilarang bersandar pada kaca mana pun.

     Tidak diperbolehkan menginjak rumput di area wisata. Meskipun melepas alas kaki tetap diizinkan.

     Dilarang memetik bunga yang berada pada area Jans Park.

     Hindari membuang sampah secara sembarangan. Sudah disediakan banyak tempat sampah.

     Datang sesuai dengan jam beroperasi, dan tidak pulang melewati jam tutup tempat yang sudah ditetapkan.

Itulah informasi seputar destinasi berlibur yang baru saja beroperasi, Janspark Jatinangor. Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan taman bunga yang memukau, ditambah wahana menarik lainnya. Tempat ini masih baru, sehingga pihak Jans Park masih memiliki banyak tanggung jawab untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi.

Kesempatan masih banyak, perjalanan masih panjang untuk mengembangkan banyak aspek sebagai sebuah destinasi wisata. Selagi masih masa promosi, jangan ragu untuk segera berkunjung ke Jans Park dan dapatkan tiket dengan harga lebih murah.

Related Posts