Kegiatan Seru di Curug Cijalu Subang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Daftar Isi

 

Curug Cijalu Subang

SunjaID - Jawa Barat memang mempunyai wisata alam yang memukau, sejuk, dan beragam. Salah satunya Curug Cijalu Subang yang cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Terdapat banyak kegiatan yang dapat pengunjung lakukan disini.

Wisata curug memang merupakan wisata air yang menyenangkan selain di pantai ataupun kolam renang. Selain view yang bagus, biasanya lokasi yang ditempuh memberikan pengalaman yang seru.

Bagi yang sedang berkunjung ke daerah Subang, maka bisa mampir untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran dengan mendengarkan gemericik air jatuh. Berikut informasi mengenai Curug Cijalu yang perlu diketahui.

Lokasi dan HTM Curug Cijalu Subang

Sebuah wisata Cagar Alam dari Gunung Burangrang ini berlokasi di Cipancar, Serangpanjang, Subang, Jawa Barat. Sekitar 50 KM jaraknya dari Bandung dan 37 KM dari Subang.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Cijalu Subang, pengunjung hanya perlu membayar HTM sebesar 8 ribu. Namun harga tersebut belum termasuk parkir dimana besarannya tergantung dari ramainya wisatawan yang datang. Jadi tidak pasti nominalnya.

Sedangkan untuk layanan wisata buka setiap hari dari jam 7.30 pagi hingga 5 sore. Cobalah untuk datang di hari biasa supaya tidak begitu ramai, jangan di akhir pekan.

Kegiatan Seru di Area Curug Cijalu Subang yang Mengesankan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di Curug Cijalu Subang. Salah satunya trekking karena jarak dari tempat parkir ke curug sekitar 300 meter dengan medan berbatu yang berundak-undak.

Itu merupakan kegiatan yang harus dilakukan, tetapi tak akan terasa karena pemandangan sekitarnya yang memukau. Apalagi setelah sampai di lokasi air terjun. Sudah airnya jernih dan segar, pemandangannya pun indah.

Dengan ketinggian mencapai 70 meter, Curug Cijalu mempunyai arus air yang sedang. Cocok untuk berenang atau sekedar duduk di pinggiran. Berikut kegiatan seru yang bisa dilakukan disini:

1. Menikmati Curug Putri

Di sebelah Curug Cijalu terdapat curug lain bernama Curug Putri dengan jarak sekitar 100 meter. Meskipun hanya mempunyai ketinggian 3o meter, curug ini juga menyuguhkan pemandangan indah yang tentunya berbeda.

Pemandangan tersebut seperti adanya bebatuan di sekeliling kolam sekitar Curug Putri. Apalagi banyak pohon rindang yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menenangkan.

2. Bermain Air

Tak seru rasanya jika datang ke curug, tetapi tidak bermain air. Akan sangat menyenangkan menikmati alam sembari berenang di air yang segar dimana berasal dari gunung langsung.

Pengunjung bisa memilih antara keduanya. Namun kebanyakan lebih memilih Curug Cijalu karena luas, dalam dan air terjunnya lebih tinggi meski sama-sama segar. Bermain air tidak harus berenang. Pengunjung bisa hanya bermain air seperti meletakkan kaki serta tangan di pinggiran aliran curug.

Hanya saja, perlu diperhatikan untuk mengawasi anak-anak karena semakin mendekati air terjun, airnya semakin dalam. Juga pastikan mempersiapkan kondisi badan dalam keadaan fit sebab airnya terasa sangat dingin. Ini bahaya bagi yang belum terbiasa.

3. Spot Selfie

Mengambil gambar atau video untuk kenangan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Spot foto yang bagus tidak hanya disuguhkan di lokasi curug melainkan di sepanjang jalan menuju Curug Cijalu.

Pohon yang rindang serta daun berjatuhan berwarna hijau akan menjadi foto aestetik jika bisa mengambil angle yang tepat. Jangan pergi sendirian supaya ada yang mengambil gambar. Bagus lagi kalau pintar fotografi karena hasilnya pasti tidak mengecewakan

4. Camping

Satu lagi fasilitas yang disediakan oleh pengelola Curug Cijalu yakni area camping. Pengunjung bisa melakukan camping pada tempat yang telah disediakan seperti di sepanjang jalan atau dekat lokasi parkir. Pengunjung diperbolehkan memilih asalkan tidak di dekat tebing karena berbahaya.

Pemandangan alam dengan pohon pinus, suara binatang, dan burung yang bersahutan akan menemani malam indah di tenda. Hanya membayar 21 ribu saja sudah bisa menikmati fasilitasnya. Pas untuk yang suka camping di alam dengan suasana yang sunyi.

Itulah informasi yang bisa disampaikan mengenai Curug Cijalu Subang. Karena medan yang cukup penuh rintangan, maka disarankan untuk menggunakan pakaian yang safety. Begitu pula dengan alas kaki supaya tidak lecet. Seperti sepatu, baju hangat, dan perlengkapan kesehatan khususnya bagi yang akan berenang.

Posting Komentar