Rabu, 28 Desember 2022

Keindahan Wisata Alam Curug Cileat Subang yang Mempesona, Wajib Dikunjungi!

 

Wisata Alam Curug Cileat Subang

SunjaID - Curug Cileat Subang merupakan destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Semua itu karena Curug Cileat menjadi objek wisata yang tepat bagi siapapun yang ingin menenangkan diri. Pemandangannya yang hijau dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang memanjakan mata.

Pengunjung bisa menikmati suasana alam dengan deburan air terjun serta pemandangannya yang menyejukkan mata. Curug Cileat ini juga bisa menjadi pilihan bagi masyarakat Subang atau luar Subang untuk mendaki. Ingin tau lebih tentang Curug Cileat? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Dibalik Curug Cileat Subang

Siapa sangka dibalik keindahan Curug Cileat yang memanjakan mata ini memiliki sejarah dan cerita legenda dibaliknya. Katanya di Curug tersebut terdapat dua pangeran yang berlomba untuk menentukan siapa yang paling cepat untuk sampai ke laut.

Namun, saat sedang berlari menuju ke arah utara sang pangeran itu terjatuh karena berlari terlalu cepat. Dalam Bahasa Sunda terjatuh itu disebut “Tiporeat” yang merupakan asal kata dari Cileat. Itulah kenapa Curug ini dinamakan Curug Cileat.

Masyarakat juga percaya bahwa di puncak Curug Cileat terdapat makam tokoh yang disegani yang berada di tumpukan batu di sana. Makam yang dimaksud adalah makam dari Eyang Ali dan Mbah Jaga Pohara.

Selain cerita tentang pangeran ternyata Curug ini memiliki sejarah pada saat masa penjajahan Belanda. Yang dimana Curug ini dikunjungi oleh para tentara Belanda untuk melepaskan penat. Hal itu membuat masyarakat yakin bahwa Curug ini sudah ada sejak zaman penjajahan.

Kenapa bisa dibilang demikian? Karena di Curug tersebut terdapat benda bersejarah. Benda tersebut ditemukan oleh warga di sekitar Curug Cileat ini.

Lokasi dan Biaya Masuk ke Curug Cileat

Yang namanya Curug sudah pasti berada di daerah gunung, untuk Curug Cileat ini berada di tengah Gunung Canggah. Lebih tepatnya berada di Kampung Cibogo, Subang.

Pengunjung dapat membeli tiket masuk ke Curug yaitu Rp 10.000 per orang. Sedangkan jika pengunjung ingin berkemah maka dapat membeli tiket untuk berkemah sebesar Rp 20.000 per orangnya.

Trek Menuju Curug Cileat Subang

Untuk ke Curug Cileat perlu kesiapan fisik yang matang karena jalan menuju Curugnya cukup sulit. Mungkin rute ini lebih cocok bagi yang terbiasa mendaki. Karena tidak ada kendaraan umum maka pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi dan dilanjut dengan jalan kaki.

Untuk rute pertama pengunjung akan melewati gunung dengan jalan setapak yang jelas. Rute ini paling aman dilewati karena kontur tanah yang cukup bersahabat dan jalan yang terlihat jelas. Untuk rute yang kedua adalah rute yang cukup sulit untuk dilewati pengunjung.

Karena jalan setapak yang tidak begitu jelas sehingga dibutuhkan pemandu lokal jika ingin melewati rute ini. Pada rute kedua pengunjung melewati persawahan yang biasa dilewati oleh penduduk setempat. Namun, rute ini lebih cepat sampai ke lokasi daripada rute yang pertama.

Aneka Wisata di Curug Cileat

Pada Curug Cileat pengunjung tidak hanya sekedar menikmati keindahan air terjunnya. Terdapat aneka wisata yang bisa dilakukan di Curug ini. Penasaran? Mari simak wisata apa yang dapat dilakukan di Curug Cileat seperti berikut:

1. Berkemah di Curug Cileat

Curug ini menyediakan tempat bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana malam dengan berkemah. Pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin menginap disini karena arena perkemahannya dulu merupakan tempat perkampungan warga. Lokasi tepatnya ada di Cimuncang Pasir.

2. Mandi di Air Terjun

Destinasi wisata yang paling utama di Curug ini adalah mandi di kolam air terjun. Bahkan masyarakat percaya bahwa mandi di kolam tersebut bisa digunakan untuk terapi kesehatan. Dengan air yang bersih dan udara yang sejuk Curug ini menjadi tempat healing yang tepat.

Apalagi keseharian di kota membuat diri menjadi Lelah dan stress. Dengan mandi di air terjun Curug maka akan membuat tubuh menjadi rileks. Tubuh yang rileks akan melepaskan stress dan beban yang ada di tubuh.

Inilah keindahan alam dari Curug Cileat Subang yang begitu mempesona. Bagi yang sedang berada di Subang harus banget untuk mengunjungi Curug Cileat ini. Perlu diingat bagi pengunjung Curug Cileat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar Curug tetap terjaga.

 

Related Posts