Selasa, 06 Desember 2022

Mengenal Danau Biru Situ Cilembang, Danau Indah Asal Sumedang

 

Danau Biru Situ Cilembang

SunjaID - Danau Biru Situ Cilembang, sebuah objek wisata alam yang menyajikan tempat berlibur yang sejuk dengan panorama yang menawan. Objek ini menyediakan danau biru dengan kedalaman sekitar 3 meter. Meski dengan keindahan danaunya, pengunjung dilarang berenang di danau tersebut.

Alasannya karena danau tersebut adalah sumber air bagi warga setempat. Namun pengunjung tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati wisata dengan maksimal karena disana disediakan kolam khusus baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kenali lebih dalam tentang dau tersebut, sebagai berikut:

Sekilas Info

Objek wisata Danau Biru Situ Cilembang, sebuah danau yang menarik banyak pelancong untuk berdatangan. Dengan air yang jernih, membuat danau ini labuan cermin yang menawan. Keindahan ini membuat wisata ini populer di media sosial, seperti Instagram, Facebook, maupun Twitter.

Danau ini digunakan oleh penduduk lokal sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. Menurut warga sekitar, ada pantangan hari yang tidak boleh dikunjungi. Situ Biru Cilembang ini memiliki larangan untuk dikunjungi pada hari Selasa dan Jum’at sebagai “Poe Larangan” (Hari Larangan).

Air biru dari Situ Biru ini tidak benar-benar berwarna biru, melainkan merupakan yang terlihat merupakan pantulan warna langit karena air danau memang sangat jernih sehingga bisa dibuat bercermin.

Lokasi dan Akses

Wisata bernama Danau Biru Situ Cilembang ini berlokasi di Desa Curug, Dusun Hariang, Kec. Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Pengunjung bisa melihat lokasi berdasarkan pada Google Map.

Untuk rute menuju wisata ini, pengunjung akan melewati jalur Bandung-Cirebon, setelah itu melewati Jalan Cimalaka, yang dilanjut melewati Jalan Tanjungkerta, Cigaruk yang akan sampai di Desa Hariang. Pengunjung juga bisa melewati jalur kendaraan ke arah Gunung Puyuh Nangorak.

Akses menuju wisata ini bisa dilewati oleh kendaraan roda dua atau beroda empat. Pengunjung dijamin tidak akan bosan selama perjalanan karena akan disuguhkan dengan panorama alam sekitar yang cantik dan menyejukan.

Jalan menuju objek wisata cukup baik dengan bangunan beton sepanjang 3000 meter. Namun untuk menuju situ, setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung akan berjalan kaki 200 meter dari area parkir. Harap berhati-hati karena akses jalanan akan berbatu dan terjal.

Jam Buka dan Harga Tiket

Jadwal membuka wisata Situ Biru Cilembang ini yaitu setiap hari Senin sampai Minggu, pada jam 7 pagi hingga pukul 4 sore waktu di tempat.

Situ Cilembang mematok harga masuk 10.000 rupiah per orang. Pengunjung juga dikenakan biaya 2.000 rupiah untuk parkir kendaraan. Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa puas mengagumi dan menenangkan diri dengan suasana yang sejuk.

Sarana Yang Tersedia

Sebagai wisata alam yang menawan, objek wisata danau biru ini memiliki sarana yang tersedia, yang mendukung pawa pengunjung lebih menikmati keindahan tempat dan alam. Fasilitas tersebut seperti Gazebo atau saung, toilet, masjid, dan pastinya ada warung makanan dan minuman.

Daya Tarik Wisata

Danau yang memiliki nama panggilan seperti Situ Biru Cilembang, Situ Biru Hariang Cilembang, Danau Biru Hariang, dan Labuan Cermin Cilembang Sumedang ini memiliki daya tarik tersendiri. Dengan lokasi serta objek di dalamnya, ada daya tarik yang bisa pengunjung nikmati.

1. Situ Biru Cilembang

Primadona utama ini merupakan “Hidden Gem” yang merangkap sebagai permata tersembunyi wajib masuk list tempat wisata yang ingin dikunjungi. Meskipun cukup sulit untuk menuju ke arah lokasi, tetapi itu akan terbayar dengan semua keindahan di dalamnya.

Danau ini telah dibuka sebagai tempat wisata sejak 2016 lalu dan sempat trend di beberapa sosial media. Memiliki air yang paling jernih, berkilauan, dan warna biru yang merupakan cerminan dari warna langit bisa menghipnotis siapa saja yang melihat.

2. Tempat Berenang

Danau tersebut tidak diperkenankan untuk berenang karena merupakan sumber air warga setempat, tetapi pengunjung bisa tetap berenang atau bermain air dengan kolam berenang yang disediakan.

Terletak di bagian depan sebelum ke arah objek Situ Biru Cilembang, kolam ini digunakan oleh penduduk lokal atau para pengunjung untuk melakukan kegiatan air.

Itulah ulasan tentang tempat wisata cantik nan asri bernama Danau Biru Situ Cilembang. Dengan pesona dan keunikan yang dimiliki, objek wisata ini sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata bersama teman atau keluarga. Setidaknya wisata ini harus dikunjungi bila berada di Sumedang.

Related Posts