Sabtu, 03 Desember 2022

Mengenal Tahura Gunung Kunci Wisata Alam Dan Peninggalan Bersejarah

 

Tahura Gunung Kunci

SunjaID - Berwisata di Tahura Gunung Kunci, salah satu objek wisata alam yang merupakan bangunan bersejarah yang berada di Kabupaten Sumedang. Wisata ini merupakan bekas benteng pertahanan peninggalan zaman kolonial yang saat ini dijadikan sebagai cagar alam budaya oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Tahura, Taman Hutan Raya Gunung Kunci atau Gunung Panjunan ini merupakan wisata ikonik Sumedang dengan area landscape yang indah dan asri. Selain keberadaan benteng, ada juga Goa Belanda yang dikenal dengan Goa Holland, menjadikan wisata ini tempat wisata edukasi sejarah.

Sejarah Tahura Gunung Kunci

Tahura Gunung Kunci adalah bekas peninggalan belanda berupa benteng yang mulai dibangun pada tahun 1914 pada masa pemerintahan Jenderal Van Limburg Stirum. Dibangunnya benteng ini dengan tujuan untuk mengawasi kegiatan pemerintahan pribumi.

Nama Gunung Kunci berasal dari logo dua kunci menyilang yang berada di depan pintu masuk atau di atas goa. Kunci tersebut bertuliskan “Pandjoenan" dan "G.Kuntji" kemudian ada titimangsa "1917”. Kunci tersebut melambangkan kesuksesan siasat untuk membangun benteng di lokasi strategis.

Kawasan ini dijadikan cagar budaya alam yang dikelola oleh Perum Perhutani sebelum akhirnya dialihkan ke Pemerintah Kabupaten Sumedang. Pada awalnya, pada 2004, Menteri Kehutanan mengeluarkan keputusan untuk menjadikan Gung Kunci dan Gunung Palasan sebagai kawasan Taman Hutan Raya (Tahura).

Lokasi dan Akses Menuju Tempat Wisata

Taman Hutan Raya Gunung Kunci ini berada di kawasan Gunung Palasari, Sumedang, tepatnya di perlintasan Jalan Raya Bandung-Cirebon, Kelurahan Kotakulon, Kec.Sumedang Selatan.

Untuk sampai pada lokasi wisata ini, pengunjung bisa dibantu dengan satu-satunya petunjuk yaitu sebuah prasasti tentang kawasan Gunung Kunci dan Gunung Palasan yang tidak terpasang, hanya bisa tergeletak di sisi penjagaan tiket masuk.

Merupakan salah satu kawasan konservatif di Kabupaten Sumedang, pengunjung bisa menggunakan akses jalan dengan mengambil patokan dari Alun-alun Sukabumi menuju arah barat dengan jarak sekitar 250 meter. Bisa diakses dengan kendaraan roda dua, roda empat, atau dilewati langsung angkutan umum.

Meski namanya Gunung Kunci, kawasan ini sebetulnya adalah sebuah bukit yang memiliki keseluruhan wilayah seluas 3,67 hektar, dengan luas benteng 2600 meter persegi dan panjang goanya sekitar 200 meter.

Harga Tiket

Wisata Gunung Kunci Sumedang ini menggunakan jadwal operasional ini akan dibuka setiap Senin sampai Minggu. Untuk waktunya dimulai dari jam 8 pagi sampai setengah lima sore waktu setempat.

Untuk biaya masuk, wisata ini termasuk wisata murah meriah dengan mematok harga tiket yang sangat terjangkau, yakni untuk anak-anak dikenakan biaya Rp. 2 ribu dan dewasa sebesar Rp. 3 ribu.

Fasilitas Yang Tersedia

Tempat wisata Taman Hutan Raya yang berlokasi di Sumedang Jawa Barat ini memiliki beberapa fasilitas dan pelayan yang bisa pengunjung gunakan, sebagai berikut:

     Area parkir kendaraan.

     Tempat ibadah; mushola.

     Toilet • Penginapan.

     Gardu panjang.

     warung makanan & minuman.

     Playground.

     Gazebo atau Saung.

Daya Tarik

Wisata ini memiliki berbagai daya tarik yang direkomendasikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Objek wisata ini tidak hanya berupa wilayah cagar alam budaya sebagai kawasan pelestarian alam untuk flora dan fauna, tetapi sebagai objek wisata edukasi tempat bersejarah.

1. Goa Holland

Daya tarik utama objek wisata ini adalah sebuah goa bernama Goa Holland yang merupakan bangunan bersejarah pada masa kolonial Belanda. Goa ini dibangun mulai tahun 1914-1917, yang diperkirakan dibangun ketika sedang terjadi Perang Dunia 1.

Goa peninggalan zaman kolonial tersebut merupakan pintu masuk utama dari kawasan Taman Hutan Raya Gunung Kunci untuk memasuki komplek bangunan lainnya.

Bangunan tersebut terdiri dari tiga lantai, untuk lantai pertama dan lantai 3 digunakan untuk penjara tahanan. Dan untuk goa sendiri memiliki beberapa ruangan seperti ruang administrasi, ruang interogasi, ruang penyiksaan, dll.

2. Pesona Alam

Terlepas dari adanya bangunan peninggalan kolonial Belanda berupa goa dan benteng, Taman Hutan Raya Gunung Kunci ini tetap merupakan kawasan objek wisata alam berupa bukit yang menyajikan lingkungan alam yang sejuk nan asri serta keramahan dari penduduk lokal.

Kawasan wisata ini dihiasi oleh rindangnya pepohonan dari yang berukuran kecil hingga pohon besar yang menjulang tinggi ke atas. Didukung pula dengan beberapa fasilitas yang tersedia untuk menikmati keindahan alam maupun sebagai spot foto yang instagramable.

Itulah informasi seputar Tahura Gunung Kunci, sebuah objek wisata ikonik Kota Sumedang dengan keindahan alam dan cerita bersejarah dari bangunan peninggalan. Wisata rekomendasi untuk rekreasi keluarga yang membawa unsur edukasi saat berkunjung pada beberapa spot yang ada di wisata tersebut.

Related Posts