Minggu, 25 Desember 2022

Situs Nyi Subang Larang, Wisata Peninggalan Bersejarah dengan Spot Menarik

 

Situs Nyi Subang Larang

SunjaID - Sedang berlibur ke Subang? Situs Nyi Subang Larang bisa menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Sambil menikmati nuansa kuno yang menghadirkan kesan berbeda daripada liburan biasa, pengunjung bisa mempelajari kehidupan kerajaan Sunda. Termasuk Prabu Siliwangi, Raja Sunda yang sangat terkenal di masa itu.

Nyai Subang Larang dinikahi oleh Raja Sunda, dengan berbagai misteri kehidupan yang menarik. Hingga sekarang, banyak sejarawan yang tertarik untuk mencari tahu kebenaran mengenai fakta Nyai Subang Larang. Selengkapnya mengenai wisata ini, mari simak di sini:

Lokasi dan Harga Tiket

Objek wisata ini berada di Jawa Barat. Alamat tepatnya di jalan Raya Gambarsari, Cikaum Timur, Subang. Untuk mencari lokasinya sekarang semakin mudah, berkat adanya aplikasi seperti Google Maps yang akan mengarahkan pengguna menuju lokasi tersebut.

Untuk masuk ke Situs Nyi Subang Larang, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya. Pengunjung bisa langsung mendatanginya dan menikmati pemandangan yang disuguhkan tempat wisata religi ini.

Fakta Menarik

Kehidupan yang dijalani oleh Nyai Subang Larang menyimpan berbagai rahasia menarik yang membuat para sejarawan tergelitik. Jadi bukan sekedar tempat bersejarah, namun banyak aspek menarik tempat ini yang tidak ada di daerah lainnya. Seperti apa daya tarik yang dimilikinya? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Warga yang Ramah

Subang dikenal dengan objek wisata yang indah, termasuk Situs Nyi Subang Larang ini. Pengunjung yang baru pertama kali datang bisa menikmati pesona keindahan sekaligus keramahan penduduknya.

Penduduk lokal di daerah ini sangat ramah dan terbiasa menyapa wisatawan yang datang, baik lokal maupun asing. Sehingga wisatawan akan merasa diterima dengan tangan terbuka. Banyak diantara warga yang memiliki pemahaman tentang lokasi wisata ini.

2. Penemuan Benda-benda Peninggalan

Pada Mei tahun 2011 lalu, banyak budayawan serta sejarawan yang mendatangi lokasi ini karena penemuan benda-benda milik Nyai Subang Larang. Peninggalan tersebut berupa perkakas bekas, manik-manik, perabotan, serta kalung dan gelang.

Bebatuan, perhiasan, dan benda peninggalan lainnya dari Nyai Subang larang ini sudah melalui proses penelitian dan kajian. Ahli arkeologi yang menelitinya kemudian menyimpulkan jika benda-benda ini memiliki kesamaan seperti yang berada di Bogor, tepatnya Pakuan.

Penetapan lokasi ini sebagai situs peninggalan dari Nyai Subang Larang dilakukan sesuai penelusuran yang dilakukan Abah Dasep Arifin. Beliau merupakan sejarawan asal Bogor, dan telah mencari makam milik Nyai Subang Larang selama puluhan tahun.

3. Penemuan Makam Eyang Gelok

Selain ditemukannya barang-barang milik Nyai Subang Larang, ditemukan juga makam eyang Gelok di Cipunagara. Eyang Gelok diyakini merupakan pengiring dari Nyai Subang Larang pada masa kehidupannya.

4. Spot Foto yang Menarik

Daya tarik selanjutnya dari tempat ini yaitu banyak spot menarik untuk berfoto. Contohnya yang paling disukai pengunjung adalah area pepohonan yang tinggi menjulang namun saling berjarak. Pemandangan unik ini tidak banyak ditemukan di tempat lain, dan menghadirkan kesan sejarah yang kuat.

5. Penemuan Cagar Budaya dan Kerangka Manusia

Di daerah sekitar Situs Nyi Subang Larang ini, banyak penemuan barang berharga. Barang-barang ini kemungkinan besar milik masyarakat yang hidup di masa kerajaan Sunda kala itu. Selain itu juga terdapat Teluk Agung, kini dijadikan cagar budaya sebab memiliki kekayaan luar biasa.

Ada juga penemuan di dekat tempat ini, yakni kerangka manusia. Arkeolog yang menemukan kerangka ini menjelaskan jika usia kerangkanya sudah ribuan tahun. Ditemukan bahwa kerangka tersebut merupakan milik bangsa Austronesia. Sehingga berpotensi dijadikan tempat untuk studi tentang Austronesia.

Fasilitas

Situs Nyi Subang Larang mulai menarik perhatian banyak wisatawan karena kental akan kisah sejarahnya. Selain itu, pemandangan yang disuguhkan juga terkesan mistis sekaligus indah. Sangat cocok untuk yang ingin merasa terhubung dengan kondisi sejarah di masa lampau.

Sejatinya tempat wisata tentu perlu dikembangkan sehingga dapat menarik banyak pengunjung baru. Selain itu, juga meningkatkan kenyamanan untuk pengunjung yang hadir dan mempelajari sejarah situs ini. Sekarang, lokasi ini juga dibekali fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjung, seperti:

     Tempat yang luas untuk memarkir kendaraan.

     Toilet dengan kebersihan terjaga.

     Mushola.

     Tempat penginapan.

Demikian informasi tentang Situs Nyi Subang Larang yang berada di Subang. jangan sampai lupa membawa kamera untuk mengabadikan berbagai momen di spot-spot menariknya. Mulai dari benda-benda peninggalan hingga tempat-tempat dengan unsur sejarah yang kental. Tidak lupa senantiasa menjaga kebersihan.

Related Posts