Minggu, 18 Desember 2022

Wisata Tangkuban Perahu Bandung - Rute Umum dan Pribadi Beserta Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

 

Wisata Tangkuban Perahu Bandung

SunjaID - Tangkuban Perahu Bandung menjadi destinasi wisata legenda yang sudah sangat populer di Indonesia. Pelancongnya tidak hanya berasal dari lokal melainkan dari berbagai penjuru Indonesia dan dunia.

Tempat wisata yang mempunyai kisah legenda terkenal yakni Sangkuriang ini menyuguhkan pemandangan yang menawan. Jika berkunjung ke Bandung, maka wisata Tangkuban Perahu wajib dikunjungi. Pun bagi yang ingin menghilangkan kepenatan hiruk-pikuk aktivitas kota yang penuh polusi dan keramaian.

Berencana untuk mengunjunginya? Silahkan simak ulasan artikel ini terlebih dahulu mengenai lokasi, harga, tips, dan lainnya yang berguna ketika disana.

Lokasi dan HTM Tangkuban Perahu Bandung

Destinasi wisata Tangkuban Perahu Bandung berada di daerah Cikole, Cikahuripan, Lembang, Bandung Barat. Untuk jam operasionalnya dibuka mulai 7 pagi hingga 5 sore.

Sementara untuk HTM hanya perlu membayar 13 ribu ditambah biaya parkir sebesar 5 ribu untuk motor, 10 ribu mobil dan 20 ribu bus. Cukup terjangkau untuk sebuah tempat wisata alam.

Rute Menuju Tangkuban Perahu Bandung Menggunakan Kendaraan Pribadi

Transportasi menuju destinasi Tangkuban Perahu terbilang cukup banyak. Mungkin karena sudah menjadi wisata yang sering dikunjungi pelancong yang akhirnya mendukung adanya layanan kendaraan umum.

Pelancong bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk berkunjung kesana. Jika memakai kendaraan sendiri, maka rute yang dapat dipilih yakni sebagai berikut:

1. Rute dari Kota Bandung

Apabila datang dari arah kota Bandung, maka silahkan arahkan kendaraan ke jalan Bangka, lalu Jalan Banda, Jalan Diponegoro, jalan Ir. H. Juanda. Teruskan ke Jalan Dago Giri, Jalan Buniwangi, kemudian ke Jalan Nyampay.

Selanjutnya ambil Jalan Raya Tangkuban Parahu dan jaraknya sudah semakin dekat. Karena setelah melewati Jalan Gunung Tangkuban Perahu, pengunjung akan sampai di Wisata Tangkuban Perahu.

2. Rute dari Pintu Tol Pasteur

Setelah keluar dari tol, maka ambil jalan Dr. Djunjunan, Pasirkaliki, Sukajadi. Teruskan ke jalan Setiabudi, Lembang, dan sampai tujuan.

3. Rute dari Lembang

Adapun jika datang dari arah Lembang, maka jalan yang dipilih adalah jalan mengarah Cimahi setelah keluar dari to Padalarang. Belokkan kendaraan ke kiri di jalan Kolonel Masturi, dan kiri lagi ke Jalan Raya Lembang. Sampai tujuan setelahnya.

Rute Menuju Tangkuban Perahu Bandung Menggunakan Kendaraan Umum

Berbeda lagi apabila menggunakan transportasi umum. Ini dia rute yang dapat ditempuh untuk sampai ke Tangkuban Perahu Bandung:

     Silahkan turun di Terminal Leuwi Panjang, Bandung.

     Kemudian naik bus lokal Bandung-Indramayu.

     Turun di pintu gerbang wisata, lalu berjalan kaki.

Atau bisa pula menggunakan kereta. Turun di Stasiun Hall Bandung, kemudian naik angkutan arah Lembang. Nanti turun di perempatan yang mengarahkan ke ketiga destinasi populer Bandung.

Selanjutnya naik angkutan lagi arah Cikole sampai ke wisata. Jika bingung, tanya supir saat naik angkutan pertama.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Tangkuban Perahu Bandung

Keunikan dari Gunung Tangkuban Perahu yakni pelancong yang menggunakan transportasi pribadi dapat naik sampai ke kawah atas. Disana tersedia lapangan luas sebagai tempat parkir. Jadi tidak perlu khawatir.

Sebenarnya tidak banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti menikmati alam yang luar biasa indah dan menyejukkan di Kawasan Tangkuban Perahu. Atau mengambil gambar sebagus mungkin untuk kenangan bersama orang tersayang. Kegiatan lainnya yakni menaiki kuda dengan biaya 50 ribu saja.

Jika berkunjung disini, jangan lupa untuk mengunjungi 3 kawah yang ada yakni Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Jaraknya tidak begitu jauh antara kawah satu dengan lainnya. bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Soal makanan, pelancong bisa memilih sesuai keinginan karena cukup banyak penjual disana. Harga yang ditawarkan masih terjangkau dan rasanya enak.

Siapa yang belum pernah berkunjung ke Tangkuban Perahu Bandung? Jika berkunjung kesana pastikan untuk menggunakan pakaian hangat karena udaranya sangat dingin. Mengingat Tangkuban Perahu termasuk gunung.

Perlu diingat juga untuk memakai alas kaki yang aman seperti sepatu jika datang. Gunanya untuk mempermudah tour dan menjaga kaki agar tidak lecet. Tidak disarankan untuk memakai sandal tinggi serta dianjurkan untuk datang di musim panas. Sebab anginnya sangat kencang di musim penghujan.

Related Posts