4 Cara Menonaktifkan Batasi Data Latar Belakang Samsung, Mudah!

Daftar Isi

 

Samsung

SunjaID - Cara menonaktifkan batasi data latar belakang Samsung dapat dilakukan jika tidak ingin boros. Pasalnya jika terus diaktifkan maka akan membuat data tersedot terus menerus. Apalagi disaat paket data menjelang mau habis, pasti pulsa tersedot tiba-tiba.

Tidak mau kan sampai hal itu terjadi? Maka dari itu perlu untuk menonaktifkan batas data latar belakang pada handphone. Namun, Tidak perlu bingung mengenai caranya, pengguna cukup simak artikel ini sampai habis.

Alasan Menonaktifkan Batasi Data Latar Belakang Samsung Dilakukan

Pada saat menggunakan aplikasi di handphone, pasti akan memakan data internet. Namun, tidak semua pengguna memiliki jumlah kuota internet yang sama, terutama bagi saat kuota sedikit. Hal itulah yang menjadi alasan penting menonaktifkan batas data.

Ketika data latar belakang handphone dimatikan, ada beberapa dampak yang bisa terjadi. Aplikasi yang dibatasi datanya di latar belakang kemungkinan besar tidak bisa berjalan kalau tidak dibuka.

Bahkan notifikasi dari aplikasinya juga tidak akan muncul kecuali pengguna membukanya. Meskipun dengan mematikan batas latar belakang, RAM dan CPU handphone tidak akan terlalu banyak digunakan.

Selain itu, penggunaan kuota internet menjadi lebih hemat dan tidak terbuang percuma saat tidak menggunakannya.

Cara Menonaktifkan Batasi Data Latar Belakang Samsung

Tidak semua aplikasi sering digunakan oleh pengguna, apalagi jika harus melakukan update setiap harinya.  Aplikasi yang jarang dipakai tidak perlu untuk dinyalakan di latar belakang. Berikut cara menonaktifkan batas data latar belakang di Samsung, yaitu:

1. Menggunakan Fitur Penghemat Data untuk Android 12 ke Bawah

Cara menonaktifkan yang pertama bisa menggunakan fitur penghemat data yang ada di handphone. Fitur ini merupakan bawaan dari sistem handphonenya. Inilah langkah-langkah untuk pengguna Android 12 ke bawah sebagai berikut:

     Buka pengaturan handphone Samsung.

     Buka menu “Penggunaan Data”.

     Klik menu “Penghemat Data”.

     Tekan menu “Aktif”.

     Pilih aplikasi yang ingin dibatasi penggunaan latar belakangnya.

     Aktifkan fitur penghemat data di menu “Quick Setting” setelah memilih aplikasi yang dibatasi.

2. Mengaktifkan Fitur Data Saver di Android 13

Sama seperti cara pertama, fitur yang dipakai merupakan fitur bawaan di handphone yang sudah update ke Android 13. Fitur data saver digunakan untuk membatasi penggunaan data di latar belakang handphone.

Jadi, bagi pengguna Android 13 tidak perlu pusing lagi untuk menonaktifkan data latar belakang. Inilah langkah-langkah untuk mengaktifkan fiturnya, diantaranya sebagai berikut:

     Buka pengaturan handphone yang ada ikon gearnya.

     Klik menu “Koneksi” atau “Network & Internet” untuk membukanya.

     Klik “Data Saver” untuk membuka menunya.

     Klik “Aktifkan sekarang” untuk menyalakan fitur data saver.

     Klik “Unrestricted Data” untuk memilih aplikasi yang ingin dibatasi penggunaan latar belakangnya. Jika sudah aktif, pengguna tidak perlu khawatir data tersedot karena latar belakang.

3. Membatasi Data Latar Belakang dari Aplikasinya pada Android 12 ke Bawah

Selain melalui fitur penggunaan data, pengguna juga bisa melakukannya langsung di aplikasinya. Sebenarnya cara ini juga tidak perlu dengan aplikasi tambahan, cukup menonaktifkannya melalui aplikasi yang digunakan. Adapun langkah-langkah untuk membatasi data adalah sebagai berikut:

     Buka pengaturan yang ada ikon gearnya di handphone.

     Scroll ke bawah sampai menemukan menu “Aplikasi”. Setelah itu, klik untuk membukanya.

     Pilih aplikasi yang ingin di batasi data latar belakangnya. Bisa juga dengan mengetik nama aplikasinya di pencarian yang ada di kanan atas.

     Klik “Penggunaan Data Aplikasi” di handphone.

     Klik matikan opsi “Izinkan penggunaan data latar belakang” untuk menonaktifkan background data handphone.

4. Membatasi Background Data dari Aplikasi pada Android 13

Seperti cara yang ketiga, pengguna bisa menerapkan pembatasan data background di handphone melalui aplikasinya. Namun, bedanya cara ini dilakukan bagi yang sudah update ke versi Android 13. Lebih lengkapnya bisa simak langkah-langkah seperti berikut:

     Klik ikon gear untuk membuka pengaturan handphone.

     Klik menu “Apps & Notification”.

     Pilih “See All Apps” untuk melihat semua aplikasi yang terpasang di handphone.

     Tentukan aplikasi yang ingin dibatasi background datanya.

     Buka menu “Mobile Data & Wifi”.

     Klik menu “Background Data” untuk mematikannya. Jika sudah selesai maka background data di handphone mu sudah dibatasi.

Itulah 4 cara menonaktifkan batasi data latar belakang Samsung sesuai dengan tipe Androidnya. Mulai dari di bawah Android 12 hingga 13. Demi menghemat kuota, tidak ada salahnya mencoba bukan?

 

 

Term Short : samsung t,s8+,samsung a 7,samsung q,samsung galaxy a7 2018,galaxy a 7,galaxy a7,samsung account,samsung tab a 8.0 2019,samsung a55,s8,samsung g,samsung a56,samsung a03s,samsung 03s,samsung galaxy a5,hp samsung 5g,samsung a 5,galaxy a5,a03s samsung,samsung knox,samsung galaxy 128gb,samsung a 3,samsung galaxy s21 256gb,samsung galaxy tab 4 10.1,galaxy a3,galaxy wear,samsung galaxy tab a 9.7,hp samsung dibawah 2 5 juta,samsung e

Posting Komentar