Minggu, 01 Januari 2023

40 Tempat Wisata Pangalengan Viral yang Wajib Dikunjungi

 

Tempat Wisata Pangalengan

SunjaID - Jika sedang berkunjung ke Pangalengan, Jawa Barat, maka jangan lupa untuk datang ke destinasi wisatanya. Kota ini dikenal dengan banyak kawasan wisata yang menarik. Oleh karenanya, pada artikel ini akan diberikan 40 tempat wisata Pangalengan viral yang paling direkomendasikan.

Semua kawasan wisata yang akan diuraikan pada daftar ini memiliki karakteristik dan konsep wisatanya tersendiri. Ada perkebunan, wisata air, camping, peternakan, dan jenis yang lainnya. Karena pilihannya banyak, maka setiap calon pengunjung bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

Agar proses pemilihannya lebih mudah, maka akan diberikan rincian informasi tentang HTM, lokasi, dan informasi lain yang dibutuhkan. Rincian informasi ini tentunya penting untuk proses seleksi tempat yang akan dikunjungi untuk mengisi waktu liburan.

Calon pengunjung yang masih kebingungan memilih kawasan wisata akan sangat terbantu dengan adanya daftar ini. Setiap rinciannya akan diinformasikan sesuai dengan data terbaru. Namun bisa jadi akan ada data yang berbeda, jika ada ketentuan terbaru di masing-masing tempat wisata.

Jika ditotal, maka ada 40 tempat wisata Pangalengan viral yang direkomendasikan. Penasaran tempat mana saja yang disarankan? Untuk mengetahui detailnya, simak daftar yang ada di bawah ini beserta dengan penjelasan lengkapnya:

1. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar

Rekomendasi tempat wisata yang pertama adalah Perkebunan Teh Malabar yang terletak di Banjarsari, Pangalengan. Pengunjung bisa datang ke tempat ini di jam 7 pagi. Sedangkan untuk biaya masuknya adalah 10 ribu rupiah per kepala.

2. Perkebunan Teh Cukul Estate

Perkebunan Teh Cukul Estate

Kemudian untuk rekomendasi perkebunan kedua yang layak untuk dikunjungi di Pangalengan adalah Perkebunan Teh Cukul Estate. Lokasinya sendiri juga ada di Jalan Cukul, Sukaluyu. Jika ingin merasakan keasrian perkebunan ini, maka pengunjung hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja.

3. Curug Panganten Kembar

Tempat wisata bernama Curug penganten menduduki posisi ketiga dari 40 tempat wisata Pangalengan viral yang direkomendasikan. Kawasan wisata ini, berlokasi di wilayah Margamulya, Kecamatan Pangalengan. Pengunjung bisa datang kapan saja ke tempat ini, karena jam operasionalnya 24 jam penuh.

Curug Panganten Kembar

Agar bisa masuk, maka pengunjung tidak harus membayar biaya khusus karena tempat ini belum dikelola oleh pihak pemerintah atau swasta. Dengan demikian, pengunjung bisa merasakan keseruan liburan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya banyak.

4. Curug Ceret

Curug Ceret

Tepatnya di Jalan Wisata Curug, Pulosari juga ada kawasan wisata yang bernama Curug Ceret. Uniknya, curug ini ada di pinggir jalan raya dan mudah dilihat. Posisi strukturalnya yang terletak di tepi jalan raya, membuat kawasan ini gratis untuk pengunjung.

5. Curug Sanghyang

Curug lain di Pangalengan yang wajib dikunjungi adalah Curug Sanghyang. Kawasan wisata ini ada di Margamulya, Pangalengan dan buka selama 24 jam tanpa henti. Karena belum ada yang mengelolanya secara serius, maka belum ada tarif untuk datang ke tempat ini.

6. Curug Dewa

Ada juga Curug Dewa yang sampai sekarang masih populer. Kawasan wisata ini ada di Jalan Wisata Curug, Pulosari. Jika datang ke sini, maka pengunjung harus membayar biaya 3 ribu rupiah untuk tiket dan tambahan nominal 5 ribu rupiah untuk parkir kendaraan pribadi.

7. Curug Cilaki

Destinasi wisata bernama Curug Cilaki yang ada di Margaluyu, Pangalengan juga tidak kalah menarik. Pengunjung bisa mendatangi kawasan ini kapan saja tanpa ada batasan waktu. Tarif HTM juga belum ada sehingga pengunjung bisa masuk dengan gratis.

8. Curug Bangku

Kemudian untuk urutan ke delapan dari 40 tempat wisata Pangalengan viral, ada Curug Bangku yang sangat menarik. Kawasan wisata ini ada di Desa margaluyu, tepatnya di Kecamatan Pangalengan. Pengunjung bisa datang ke kawasan ini dari jam 8 pagi.

Tarif HTM yang diberikan kepada pengunjung adalah 10 ribu per orang. Namun jika membawa kendaraan pribadi, maka pengunjung harus membayar biaya parkir. Nominal parkir untuk motor dan mobil akan berbeda dengan selisih harga 2 ribu rupiah.

9. Gunung Nini

Jika semua pilihan di atas adalah kawasan wisata curug, maka pada pilihan ini ada wisata gunung bernama Gunung Nini. Pengunjung bisa langsung datang ke Margaluyu, Pangalengan untuk merasakan keseruannya. Tidak ada rincian biaya untuk masuk ke kawasan ini sehingga mempermudah pengunjung.

10. Gunung Artapela

Destinasi pegunungan lain yang wajib untuk dikunjungi adalah Gunung Artapela yang berlokasi di Sukapura, pengalengan. Untuk masuk ke kawasan ini, maka pengunjung diwajibkan membayar sebanyak 5 ribu rupiah. Namun untuk jam kunjungan tidak dibatasi atau bebas.

11. Gunung Puntang

Gunung lain yang bisa dikunjungi di sekitar Pangalengan adalah Gunung Puntang. Lokasi tepatnya ada di Cimaung, Banjaran. Sedangkan untuk aturan tarif tiket terbarunya, berkisar antara 25 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah dengan perbedaan fasilitas.

12. Kawah Burung Gunung Wayang Windu

Pada daftar 40 tempat wisata Pangalengan viral ini, Kawah Burung Gunung Wayang Windu masuk dalam poin keduabelas. Pengunjung yang ingin melihat kawah ini, bisa datang kapan saja karena jam operasionalnya penuh dan tidak dibatasi.

Kawah Burung Gunung Wayang Windu

Lokasinya sendiri ada di Sukamanah, Kecamatan Pangalengan. Agar bisa masuk, maka pengunjung harus membayar HTM sebesar 10 ribu rupiah per kepala. Biaya ini berbeda dari karcis parkir untuk kendaraan pribadi yang dibawa.

13. Riung Gunung

Kawasan wisata lain yang masuk jajaran rekomendasi adalah Riung Gunung. Tempat ini buka reguler dari jam tujuh pagi. Jika ingin masuk, maka pengunjung harus membayar 10 ribu rupiah. Sedangkan jika ingin berkemah, maka biayanya dimulai dari harga 25 ribu rupiah.

14. Situ Cileunca

Situ Cileunca menjadi pilihan tempat lain yang bisa dikunjungi. Danau ini berlokasi di Jalan Situ Cileunca, Pangalengan. Untuk memasuki kawasan wisata ini, maka pihak pengunjung harus menyerahkan biaya dengan nominal 5 ribu rupiah diluar harga parkir kendaraan.

15. Situ Cisanti (KM 0 Citarum)

Danau lain yang juga bisa dijadikan pilihan destinasi wisata adalah Situ Cisanti atau yang biasa dinamai dengan KM 0 Citarum. Tempat ini ada di Desa Tarumajaya, Kertasari. Untuk bisa merasakan keasriannya, maka pengunjung harus membayar biaya sebesar 7,5 ribu rupiah.

16. Situ Cihaniwung

Rekomendasi danau lain yang menarik adalah Situ Cihaniwung. Pengunjung bisa datang ke Desa Santosa, Kertasari. Sedangkan untuk biaya tiket masuknya sendiri adalah sekitar 20 ribu per kepala namun di luar biaya parkir kendaraan.

17. Rumah Bosscha

Jika berbicara tentang 40 tempat wisata Pangalengan viral, maka jangan melupakan Rumah Bosscha untuk diulas. Tempat wisata ini ada di lingkup Agrowisata PT Perkebunan Nusantara, Bandung. Jam operasional tempat ini akan dimulai pada jam 8 pagi.

Untuk bisa masuk ke rumah dan makam Bosscha, maka pengunjung harus membayar tiket dengan harga 5,5 ribu rupiah. Namun sebelum melakukan kunjungan, pihak pengelola menyarankan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

18. Rumah Pengabdi Setan

Berkat Film Pengabdi Setan, maka rumah yang dijadikan lokasi syuting juga semakin populer. Pengunjung bisa datang ke Rumah Pengabdi Setan di kawasan PTPN VIII, Kertamanah untuk merasakan keseruannya. Biaya untuk setiap pengunjungnya adalah 10 ribu rupiah.

19. Rumah Putih Cukul (Villa Jerman)

Kemudian untuk destinasi wisata dengan konsep rumah lainnya adalah Rumah Putih Cukul. Tempat ini ada di Sukaluyu, Pangalengan. Untuk bisa melihat kawasan rumah ini, maka pengunjung harus membayar sebesar 5 ribu rupiah per kepala.

20. Shinta Corner Ranch & Resort

Shinta Corner juga masuk dalam daftar 40 tempat wisata Pangalengan viral yang paling direkomendasikan. Penginapan yang satu ini terletak di Raya Sukamenak No. 21. Untuk melakukan pemesanan kamar, maka pengunjung bisa datang di jam berapa saja.

Tempat ini masuk ke jajaran tempat wisata karena konsepnya yang unik. Biaya pemesanan kamar di tempat ini, berkisar antara 200 sampai 400 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah bisa menginap dan merasakan kesejukan udaranya dengan mudah.

21. Glamping Cileunca

Jika sedang mencari tempat kemah di sekitar Pangalengan, maka pilihan yang paling tepat adalah Glamping Cileunca. Lokasi kawasan wisata ini ada di Desa Warnasari, Pangalengan. Biaya yang dipatok untuk pengunjung adalah 215 ribu rupiah dan 275 ribu rupiah.

22. Citere Camping Ground

Selain Glamping Cileunca, Citere Camping Ground juga bisa dijadikan pilihan wisata untuk camping atau berkemah. Tempat ini ada di Warnasari, Pangalengan. Sedangkan untuk tarif masuknya sendiri adalah 15 ribu rupiah per kepala di luar penyewaan peralatan kemah.

23. Pineus Tilu Riverside Camp

Pineus Tilu juga masuk daftar yang harus dikunjungi. Kawasan camping ini ada di Pulosari, Pangalengan. Jika ingin masuk dan memanfaatkan fasilitasnya, maka pengunjung bisa membayar biaya camping antara 500 ribu rupiah sampai dengan 650 ribu rupiah.

24. Datar Pinus Camp

Pilihan tempat camping lainnya adalah Datar Pinus Camp. Kawasan ini juga masuk dalam 40 tempat wisata Pangalengan viral yang bisa dikunjungi. Lokasinya sendiri ada di Pulosari, Pangalengan dengan jam operasional penuh selama 24 jam.

Jika ingin camping di tempat ini, maka ada harga paket khusus yang sudah disediakan. Ada paket reguler, standar, medium, VIP, dan cabin house. Sedangkan untuk biayanya sendiri berkisar antara 10 ribu rupiah sampai dengan 1,7 juta rupiah.

25. Hutan Pinus Rahong

Kawasan wisata ini sangat dekat dengan alam. Lokasinya sendiri ada di Pulosari, Pangalengan. Untuk bisa merasakan keasriannya, maka pengunjung bisa datang di jam setengah 7 pagi secara gratis. Namun jika ingin memakai fasilitasnya, maka akan ada rincian biaya tersendiri.

26. Rafting Sungai Palayangan

Tempat wisata yang satu ini menghadirkan wahana air di sungai yang seru dan menegangkan. Jika ingin merasakannya, maka pengunjung bisa datang ke Warnasari, Pangalengan. Biaya untuk fasilitasnya dibedakan menjadi 3 paket dengan kisaran harga antara 165–210 ribu rupiah.

27. Kertamanah Water Park

Kemudian untuk pilihan wahana air yang lebih aman, maka ada Kertamanah Water Park yang bisa dijadikan pilihan. Tempat wisata ini ada di Margamukti, Pangalengan. Biaya masuk untuk pengunjung di tempat ini dipatok pada harga 20 ribu rupiah per kepala.

28. Cibolang Hot Spring Water

Jika ingin mandi air panas, maka Cibolang Hot Spring Water bisa dijadikan pilihan utama. Karena konsep wisatanya yang unik, maka kawasan ini masuk daftar 40 tempat wisata Pangalengan viral yang bisa dikunjungi saat liburan.

Tempat ini ada di Wanasuka, Pangalengan dan buka selama 24 jam penuh tanpa batasan jam. Pengunjung yang datang harus membayar biaya sebesar 25 sampai dengan 40 ribu rupiah dengan menyesuaikan jenis tiketnya.

29. Wisata Alam Kampung Singkur

Pilihan destinasi wisata lain dari Pangalengan adalah Wisata Alam Kampung Singkur. Untuk merasakan kenyamanan di tempat ini, pengunjung harus datang ke kawasan Warnasari. Sedangkan untuk tarif tiketnya akan dibedakan menjadi banyak paket dengan biaya minimal 50 ribu rupiah.

30. Situs Rumah Adat Cikondang

Destinasi wisata di Pangalengan yang bernama Situs Rumah Adat Cikondang ini juga bisa dijadikan pilihan. Lokasinya sendiri ada di Lamajang, Kecamatan Pangalengan. Kawasan ini dipenuhi rumah adat khas Jawa Barat yang sangat terjaga.

Pengunjung yang ingin datang tidak perlu membayar karena kawasan ini dibuka secara gratis. Namun untuk menjaga kelestarian lingkungan, semua pengunjung harus mengikuti aturan yang sudah diberikan pihak pengelola dan pemangku adat setempat.

31. Wayang Windu Sky Park

Lokasi kawasan wisata lainnya adalah Wayang Windu Sky Park. Tempat ini ada di lingkup Banjarsari, Pangalengan dan dibuka sejak jam setengah 6 setiap harinya. Sedangkan untuk penutupannya di sekitar jam 6 sore.

Untuk bisa merasakan dan menikmati keindahan alam dari atas ini, maka pengunjung harus membayar biaya sebesar 10 ribu rupiah. Namun biaya ini hanya untuk masuk saja, dan tidak termasuk biaya parkir serta biaya fasilitas penunjang lainnya.

32. Nimo Highland

Rekomendasi dari 40 tempat wisata Pangalengan viral yang ke tiga puluh dua adalah Nimo Highland. Kawasan wisata ini ada di Banjarsari, Pangalengan. Jam operasional tempat ini dimulai dari jam 9 pagi, sedangkan untuk hari libur dimulai jam setengah 5 pagi.

Kemudian untuk biaya masuknya sendiri adalah sebesar 25 ribu rupiah sampai dengan nominal 35 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa merasakan kesejukan dan kenyamanan tempat ini secara langsung dari sisi atas gunung.

33. Taman Langit Pangalengan

Ingin merasakan taman di ketinggian? Maka destinasi wisata yang bisa dipilih adalah Taman Langit Pangalengan. Tempat ini bisa dijadikan kawasan kemah atau hanya untuk menikmati keindahan Pangalengan dari sisi atas saja.

Pengunjung bisa langsung datang ke Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu di jam berapapun. Hal ini dikarenakan pengelola tidak mematok jam operasional. Sedangkan untuk biaya masuknya sendiri antara 5 ribu rupiah sampai dengan 35 ribu rupiah tergantung layanan yang dipilih.

34. Taman Wisata Bougenville

Tempat wisata lain yang ada di sekitar Pangalengan adalah Taman Wisata Bougenville. Pengunjung bisa datang langsung ke Jalan Gang Puntang, Campakamulya. Pastikan untuk datang setelah jam 8 karena jam operasionalnya dimulai pada jam tersebut.

Biaya masuk untuk ke tempat ini adalah 35 ribu rupiah. Namun jika pengunjung ingin memainkan wahana, maka akan ada biaya tambahan. Selain itu, juga ada penginapan yang disediakan untuk pengunjung dengan harga khusus.

35. Wayang Windu Bike Park

Pilihan wisata lain bisa didatangi pengunjung yang ingin bersepeda sambil merasakan kesegaran kebun teh. Tempat ini bernama Wayang Windu Bike Park yang berlokasi di Banjarsari, Pangalengan. Lokasinya yang tinggi membuat kawasan ini memiliki udara sejuk.

Pengunjung bisa masuk ke tempat ini dengan menyerahkan nominal biaya 10 ribu rupiah. Sedangkan untuk rincian biaya parkirnya antara 3 ribu sampai 5 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa merasakan semua fasilitasnya secara menyeluruh.

36. Jembatan Cinta

Tujuan wisata lain yang masuk daftar 40 tempat wisata Pangalengan viral adalah Jembatan Cinta. Kawasan wisata ini ada di Danau, Kecamatan Pangalengan. Jam operasionalnya sendiri tidak dibatasi dan bisa dikunjungi 24 jam.

Saat berkunjung ke tempat ini, maka pengunjung bisa mengambil banyak foto yang menarik. Untuk bisa mendapatkan foto terbaik, maka pengunjung harus masuk dulu ke kawasan Situ Cileunca. Sedangkan untuk Jembatan Cinta sendiri tidak dipatok biaya atau gratis.

37. Penangkaran Rusa Kertamanah

Opsi tempat wisata lain yang jangan sampai ketinggalan adalah Penangkaran Rusa Kertamanah. Kawasan wisata ini ada di Margamulya, Pangalengan. Jika ingin datang, pengunjung bisa pergi di jam tujuh pagi sampai jam lima sore.

Biaya masuk ke penangkaran ini termasuk murah, yaitu 10 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah bisa merasakan semua fasilitas yang ada. Jadi tidak akan ada susunan biaya tambahan yang dibebankan kepada pengunjung.

38. Sunrise Point Cukul

Jika ingin melihat sunrise dari ketinggian Pangalengan, maka opsi yang bisa dipilih adalah Sunrise Point Cukul. Kawasan wisata ini ada di Jalan Cukul, Sukaluyu. Sedangkan untuk jam operasionalnya, di mulai di jam lima pagi sampai tiga belas jam ke depan.

Namun khusus untuk hari Jumat dan Sabtu, rincian jam operasionalnya penuh atau 24 jam. Untuk bisa melihat matahari terbit dari tempat ini, pihak pengunjung hanya perlu menyerahkan nominal biaya 10 ribu rupiah saja. Nominal ini termasuk murah dengan segala keindahan yang ada.

39. Peternakan Ultra Milk

Kawasan Peternakan Ultra Milk juga dibuka untuk kawasan wisata keluarga. Lokasinya sendiri ada di Margaluyu, Pangalengan. Jika ingin datang ke tempat ini, maka bisa pergi di jam 7 pagi sampai dengan 9 jam ke depan.

Untuk merasakan keseruan keliling peternakan, maka akan ada biaya khusus yang diberikan. Namun biaya ini tergantung kelompok yang datang ke peternakan. Baik itu keluarga, maupun pelajar akan ada biaya khusus dengan aturan kegiatan yang ketat.

40. Malabar Tea House

Rekomendasi kawasan wisata terakhir yang bisa dipilih adalah Malabar Tea House yang terletak di banjarsari, Pangalengan. Kedai teh ini menjadi sangat populer, karena lokasinya di perkebunan teh yang sejuk dan asri.

Pengunjung yang datang ke lingkup tempat ini tidak akan dikenai tarif masuk. Namun pengunjung bisa memesan menu yang disediakan dengan kisaran harga tidak sampai 50 ribu rupiah. Jadi dari segi harganya, sudah sangat terjangkau untuk dibeli.

Dengan adanya daftar 40 tempat wisata Pangalengan viral di atas, maka calon pengunjung bisa melakukan seleksi. Namun sebenarnya semua kawasan wisata yang sudah direkomendasikan akan memberikan keseruan sesuai dengan konsep wisatanya.

Informasi tentang HTM, lokasi, dan detail lain juga sudah ditambahkan sebagai bahan pertimbangan lainnya. Karena sudah ada informasi lengkap, maka calon pengunjung bisa membuat daftar kunjungan atau tempat pilihan yang sesuai dengan keinginan.

Pastikan untuk mendalami semua informasi di atas dengan baik. Apabila sudah paham berapa HTM dan di mana lokasi pastinya, maka proses kunjungan akan lebih terarah dan bisa dipersiapkan dengan lebih matang.



Term short : liburan,kota wisata,pantai di solo,pekerjaan jurusan pariwisata,pantai sebalang,wana griya,wisata terindah,pantai karang potong,tempat bersejarah,kampung korea,tempat untuk menenangkan diri,wisata dunia,wisata pare,sungai mudal,wisata alam,tempat wisata terkenal di dunia,obyek wisata,le hu garden,nama tempat wisata,pantai legian,objek wisata,bukit campuhan,tempat pariwisata terdekat,tempat wisata di,pantai laguna,sri gethuk,umbul manten,hutan pinus pengger,heritage palace solo,tempat terindah

Related Posts