Selasa, 17 Januari 2023

7 Penyebab Kartu Memori Tidak Terbaca di HP Oppo yang Perlu Diketahui

 

HP Oppo

SunjaID - Penyebab kartu memori tidak terbaca di hp Oppo mungkin belum diketahui oleh sebagian orang. Tak sedikit pula yang kebingungan, alhasil kartu memori dianggap tidak bisa digunakan lagi.

Kartu memori atau Micro SD memiliki peran yang begitu penting. Benda kecil ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan eksternal file yang dipasang ke dalam HP. Fungsi lainnya adalah mencegah terjadinya ruang penyimpanan HP yang mengalami kelebihan muatan.

Meskipun saat ini kebanyakan HP Oppo memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, namun penggunaan kartu memori akan tetap menjadi kebutuhan. Sebab kemungkinan banyaknya file penting yang harus disimpan.

Penyebab kartu memori tidak terbaca pada HP Oppo sebenarnya mudah untuk dikenali, jika mau diteliti lebih jeli lagi. Dan agar kartu memori tetap bisa dipakai tanpa harus mengganti yang baru, maka alangkah baiknya jika memperhatikan informasi sebagai berikut.

1.Terlalu Sering Memindahkan kartu memori dari HP Satu ke HP lain

Kesalahan ini sering tidak disadari oleh kebanyakan pengguna, apalagi yang memiliki HP lebih dari satu. Terlalu sering memindahkan kartu memori merupakan tindakan yang tidak disarankan, sebab dapat menghambat kinerjanya.

Selain itu, kesalahan tersebut juga dapat merusak tampilan kartu memori seperti tergores, retak, atau patah. Jika sekedar mengirim atau memindahkan file , maka sebaiknya memanfaatkan beberapa software yang ada di HP seperti Bluetooth dan Shareit.

2. Sudah Ditambang Bertahun-Tahun

Setiap merek kartu memori memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Rata-rata usianya berkisar antara 4-6 tahun, jika sudah lebih dari itu maka lebih baik segera diganti.

Namun, durasi penggunaan terkadang bukanlah satu-satunya faktor yang menghambat kinerja memori kartu. Kurangnya kehati-hatian dalam penggunaan bisa jadi penyebab utama.

3. Terdapat File yang Rusak

Penyebab kartu memori tidak terbaca di HP Oppo selanjutnya adalah terdapat file yang rusak baik berupa foto, video, maupun file jenis lainnya. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu dan menghambat fungsi dari kartu memori itu sendiri.

Ada kalanya sebuah file tidak bisa ditampilkan di HP, tapi di PC bisa. Maka langkah yang bisa dicoba agar tidak perlu menghapus file adalah dengan memindahkannya ke dalam PC.

4. Ruang Penyimpanan pada HP Rusak

Jika file yang rusak bisa menjadi penghambat terbacanya kartu memori, maka ruang penyimpanan pada HP yang rusak juga bisa menimbulkan faktor demikian.

Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh usia HP yang sudah tua, atau gara-gara ulah pengguna yang terlalu menganggap remeh dalam menjaga keamanan HP.

Untuk memeriksa masih berfungsi atau tidaknya kartu memori, cobalah mentransfer kartu memori ke HP yang masih baru atau belum pernah mengalami kerusakan. Jika masih belum berhasil, bawalah ke tempat servis HP, mungkin ada kerusakan yang tidak diketahui.

5. Adanya Kerusakan Fisik

Terkadang penampilan fisik pada kartu memori tidak terlalu dihiraukan. Padahal penting sekali memperhatikan tidak ada kerusakan yang dapat mempengaruhi kinerja benda tersebut.

Sebenarnya masalah ini sangat fatal, apalagi saat terjadi kerusakan pada bagian kuningan kartu memori yang bisa menyebabkan kerusakan permanen. Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan datang langsung ke tempat servis HP.

6. Adanya Virus di Dalam Memori

Berbeda dengan di atas, permasalahan ini sangat mudah untuk diatasi. Namun karena pusat permasalahannya adalah memori tidak terbaca, maka cobalah untuk memasangnya di HP merek lain.

Jika benar terdeteksi adanya virus, maka instalasi antivirus dan lakukan penghapusan. Setelah bersih dari virus, coba pasang lagi di HP Oppo untuk memeriksa kembali fungsi kartu memori.

7. Kartu Memori Tidak Mendukung

Tidak adanya kecocokan kartu memori dapat terjadi pada HP merek apapun, termasuk Oppo. Agar tidak rugi, maka periksalah terlebih dahulu kecocokannya sebelum membeli.

Inilah 7 penyebab kartu memori tidak terbaca di HP Oppo yang bisa dijadikan antisipasi. Sangat wajib dilakukan penjagaan yang ketat, apalagi kartu memori adalah benda kecil yang sangat sensitif.

Tidak jarang kerusakan suatu benda disebabkan oleh tindakan penggunanya sendiri. Tanpa dilakukan kehati-hatian, maka benda tersebut tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat benda apapun supaya bertahan lama untuk digunakan.

 





Term Short : download layanan google play,download google play store terbaru 2018 pc,layanan google play terhenti,download google play store terbaru,layanan google play,ok google aplikasi,a33s,handphone samsung 5g,apache linux,hp samsung dibawah 2 5 juta,aplikasi neo+,aplikasi stok barang,hp samsung 3 kamera,aplikasi transfer uang,arduino ide,aplikasi google,aplikasi google classroom,aplikasi dating,aplikasi kasir android,aplikasi jualan online,aplikasi classroom,aplikasi kencan,handphone gamers,aplikasi kasir gratis,download ruang guru,aplikasi dating gratis,aplikasi akulaku,aplikasi belanja online terbaik,aplikasi toko,aplikasi cari teman sekitar

Related Posts