Jumat, 13 Januari 2023

Cara Mengubah Keyboard Tanpa Aplikasi dan dengan Aplikasi Mudah

Cara Mengubah Keyboard Tanpa Aplikasi

SunjaID - Tampilan keyboard merupakan bagian penting yang dilihat setiap harinya oleh pengguna Android. Tidak heran, cara mengubah keyboard tanpa aplikasi banyak dibutuhkan karena merasa jenuh dengan tampilannya yang itu-itu saja. Sebab, tidak semua orang ingin menggunakan aplikasi tambahan.

Dengan mengubah tampilan keyboard, perbedaannya tentu akan terasa. Sebab, banyak aktivitas di smartphone yang mengandalkan keberadaan keyboard. Penasaran ingin tahu cara mengubah keyboardnya? Mari simak pembahasannya di sini:

Cara Mengubah Keyboard Tanpa Aplikasi Memakai Tema

Mengunduh aplikasi tentu akan memerlukan memori tersendiri. Oleh sebab itulah banyak orang mencoba mengganti keyboardnya secara manual. Pengguna bisa mengubahnya langsung melalui pengaturan di perangkat masing-masing.

Perlu diingat bahwa cara ini dapat dilakukan untuk mengubah keyboard berbagai merk Android. Contohnya Xiaomi, Oppo, Samsung, dan sebagainya. Inilah tahap-tahap yang perlu dilakukan:

     Masuk ke aplikasi pesan yang terdapat di perangkat. Misalnya SMS, Telegram, atau WhatsApp.

     Buatlah pesan baru, bisa juga dengan membalas pesan yang belum sempat dijawab sebelumnya. Dengan begitu, otomatis keyboard akan muncul ke layar karena akan dipakai untuk mengetikkan pesan.

     Pengguna akan melihat tampilan Gboard. Cara mengubah keyboard tanpa aplikasi berikutnya adalah mengganti pengaturannya. Carilah tombol yang berbentuk roda gigi. Tombol tersebut merupakan bagian pengaturan.

     Setelah masuk ke menu tersebut, carilah opsi “Tema”. Di sini pengguna akan menemukan berbagai tema yang terbagi sesuai kategorinya.

     Silahkan memilih salah satu tema yang tersedia.

     Ketuk “Terapkan” untuk mengaplikasikan tema tersebut di keyboard. Jika sudah, bisa langsung coba menggunakannya untuk mengetik.

     Apabila temanya masih dirasa kurang sesuai, bisa menggantinya dengan tema lain yang tersedia. Langkah-langkahnya sama persis seperti yang dijelaskan tersebut.

Cara Mengubah Keyboard Tanpa Aplikasi Memakai Foto

Selain mengganti tema di pengaturan, ada cara lain yang cukup sering dilakukan yakni menggunakan foto sendiri menjadi background keyboard. Jadi foto tersebut akan terlihat di latar belakang keyboard saat sedang digunakan untuk mengetik. Seperti apa caranya?

     Buka aplikasi perpesanan apa saja, contohnya adalah yang paling sering digunakan masyarakat yakni WhatsApp.

     Mulailah untuk mengetik sesuatu dengan membuka salah satu chat.

     Masuk menuju pengaturan dengan memilih logo yang berbentuk seperti roda gigi.

     Berikutnya cari tulisan “Tema”, kemudian tekan tanda plus (+).

     Carilah foto yang hendak dipakai untuk tema keyboard di perangkat.

     Berhubung ini merupakan foto, maka pengguna perlu melakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu. Caranya cukup dengan menggeser layar, membesarkan ataupun mengecilkan fotonya. Dengan begitu, semua bagian foto dapat terlihat.

     Bila sudah selesai memposisikan dengan tepat, tekan “Berikutnya”.

     Sesuaikan juga kecerahan tema yang digunakan. Usahakan tidak terlalu gelap atau terang sehingga mengganggu kenyamanan saat mengetik.

     Lanjutkan dengan memilih “Selesai”, kemudian “Terapkan”. Selesai, sekarang keyboard sudah berhasil diganti latar belakangnya menjadi foto yang dipilih tadi.

Cara Mengubah Keyboard dengan Bantuan Aplikasi

Di bagian sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara mengubah keyboard tanpa aplikasi. Pengguna dapat mengubahnya menjadi tema atau foto yang diinginkan. Namun ada kalanya cara tersebut belum cukup. Misalnya ingin mencoba tema yang lebih beragam.

Jika demikian, maka solusinya adalah memakai aplikasi tambahan. Sekarang cukup banyak aplikasi yang menyediakan berbagai pilihan tema untuk digunakan pada keyboard. Ukuran aplikasinya pun tidak begitu besar. Mari simak caranya di sini:

     Bukalah toko aplikasi pada perangkat masing-masing, misalnya Play Store.

     Ketikkan nama Swiftkey pada kolom pencariannya. Ini merupakan aplikasi berukuran 9.1 MB yang sudah digunakan hingga 1 milyar lebih pengguna. Apps ini sangat efektif untuk mengganti keyboard sesuai kebutuhan.

     Install aplikasinya sampai selesai dengan sempurna.

     Buka aplikasinya, kemudian masuk menuju menu “Pengaturan”. Di sini pengguna dapat memilih opsi “Tema” untuk mengganti tampilan keyboardnya.

     Lihat berbagai tema gratis yang sudah disediakan. Pengguna bebas mencoba dan mengubah temanya sesuai keinginan, kapan saja.

     Jika ingin menggantinya dengan foto, dapat memilih opsi “Custom”, lalu “Mulai”. Berikutnya tekan “Tambahkan gambar”.

     Pilihlah foto yang akan dipakai menjadi tema keyboard. Bila sudah yakin, simpan dengan klik “Selesai”.

Itu tadi cara mengubah keyboard tanpa aplikasi yang dapat dilakukan dengan mudah. Sehingga pengguna tidak bosan dengan model keyboardnya dan bisa mengganti kapan pun menginginkannya. Hal ini akan membuat pengalaman memakai smartphone menjadi lebih menyenangkan.



Term Short : teknologi baru,program komputer atau perangkat lunak,aplikasi google meet for pc,teknologi big data,aplikasi google meet di laptop,keyboard joystick,teknologi machine learning tidak dapat digunakan untuk,software pembuat aplikasi pc,contoh kecerdasan buatan,sewa laptop,aplikasi pembuat game di laptop,teknologi terbaru,aplikasi monitoring pc,keyboard mod,teknik robotika dan kecerdasan buatan,sewa komputer,institut teknologi dirgantara adisutjipto,aplikasi pembuat aplikasi di pc,aplikasi untuk desain grafis pc,aplikasi malware pc,aplikasi komputer untuk administrasi keuangan,aplikasi buat game di pc,software pemrograman,kredit komputer,aplikasi komputer bisnis,teknologi ai,aplikasi service komputer,sap aplikasi komputer akuntansi,aplikasi coding pc,perkembangan industri 4.0

Related Posts