Inilah Beberapa Cara Untuk Mengatasi Bateri Tanam Xiaomi yang Kembung

Posting Komentar

 

Cara Untuk Mengatasi Bateri Tanam Xiaomi yang Kembung

SunjaID - Inilah beberapa cara untuk mengatasi bateri tanam Xiaomi yang kembung paling efektif. Sebenarnya, baterai tanam kembung bukanlah masalah baru bagi brand Xiaomi. Karena, memang baterai tanam cukup mudah kembung dengan penggunaan yang tidak tepat.

HP dari brand Xiaomi memang rata-rata sudah menggunakan baterai tanam dan tidak menggunakan baterai lepas pasang lagi. Baterai tanam ini, memudahkan penggunaan dan memberikan banyak keuntungan. Namun, disisi lain bisa kembung karena penggunaan.

Penyebab Baterai Tanam Xiaomi Menjadi Kembung

Sebelum mengetahui inilah beberapa cara untuk mengatasi bateri tanam Xiaomi yang kembung. Para pengguna HP ini, harus mengetahui terlebih dahulu, hal apa yang menjadi penyebab hal ini terjadi.

Sebenarnya kualitas baterai Xiaomi sendiri sudah sangat baik dan kuat. Namun, karena penggunaan yang tidak tepat membuat baterai HP Xiaomi menjadi cepat kembung. Berikut adalah penyebabnya yang paling umum:

1. Penggunaan Smartphone yang Terlalu Berlebihan

Penyebab yang paling umum baterai tanam Xiaomi menjadi kembung adalah penggunaan smartphone yang berlebihan. Smartphone sudah menjadi bagian penting dari aktivitas sehari-hari, kadang seseorang menggunakannya tanpa henti.

Jadi, mesin dan smartphone tidak memiliki jeda untuk beristirahat. Padahal, jeda dan istirahat juga diperlukan oleh smartphone yang digunakan terus menerus. Seiring dengan penggunaannya, baterai menjadi tidak kuat dan akhirnya menjadi kembung.

2. Smartphone Digunakan Ketika di Charge

Banyak orang yang karena kurang sabar, tetap menggunakan smartphone ketika sedang dicharge. Padahal, hal ini bisa berakibat fatal pada kesehatan baterai pada bagian dalam smartphone Xiaomi. Hampir semua pengguna Xiaomi pasti pernah melakukan ini.

Jika para pengguna menggunakan smartphone ketika di charge. Akibatnya, membuat baterai cepat memanas dan lebih panas dari suhu yang bisa ditahannya. Panas itulah yang akhirnya terakumulasi sehingga menyebabkan baterai Xiaomi menjadi kembung.

3. Sering Bergonta-Ganti Charger

Kebiasaan sering bergonta-ganti charger atau menggunakan charger yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan baterai tanam cepat kembung. Setiap charge memiliki spesifikasi yang berbeda, walaupun tipenya sama dan bisa digunakan untuk smartphone.

Jika sering kali bergonta-ganti charger, apalagi menggunakan charger yang kurang sesuai. Hal ini bisa membuat baterai Xiaomi menerima aliran listrik yang tidak konsisten. Menyebabkan baterai menjadi kembung karena kadang overheat saat pengisian daya.

Mengatasi Baterai Tanam Xiaomi yang Kembung

Inilah beberapa cara untuk mengatasi bateri tanam Xiaomi yang kembung yang bisa dilakukan. Mungkin hal yang dilakukan di bawah ini terkesan sederhana, namun ternyata sangat efektif untuk menjaga kondisi baterai tanam Xiaomi.

Jika para pemilik smartphone Xiaomi sudah merasakan tanda-tanda baterai kurang stabil atau mulai menggelembung. Bisa melakukan cara di bawah ini sebagai tindak pencegahan.

1. Memberikan Waktu HP untuk Beristirahat

Cara paling sederhana untuk mengatasi baterai tanam Xiaomi yang kembung adalah memberikan waktu HP untuk beristirahat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, penggunaan berlebihan adalah penyebab terbesar baterai menggelembung.

Cukup dengan jangan menggunakan HP ketika sedang mengisi data atau mematikan HP selama beberapa menit dalam sehari. Hal ini efektif tidak hanya untuk mencegah baterai menggelembung, namun juga untuk meningkatkan performa smartphone.

2. Menusuk Rongga Baterai dengan Jarum

Bagaimana jika baterai smartphone sudah terlanjur menggelembung? Apa ada solusi untuk mengembalikan kondisi baterai seperti semula. Jika baterai tanam belum menggelembung terlalu parah.

Maka, para pengguna bisa mencoba dengan menusuk dengan jarum. Benar, para pengguna tidak salah dengar, para pengguna bisa menusuk rongga pada baterai dengan jarum.

Penyebab baterai menjadi menggelembung adalah adanya udara terperangkap dalam rongga baterai. Menusuk baterai dengan jarum bisa memberikan jalan bagai udara yang terperangkap untuk keluar dari baterai.

3. Mengganti Baterai dengan yang Baru

Bagaimana jika baterai Hp Xiaomi sudah menggelembung cukup besar dan parah?. Tentu saja, menusuk rongga baterai dengan jarum tidak akan cukup. Jika memang kondisi baterai cukup parah, para pengguna tidak punya pilihan lain selain mengganti baterai.

Usahakan untuk mengganti baterai dengan yang original. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada komponen pada smartphone.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi bateri tanam Xiaomi yang kembung. Cara di atas sederhana, namun efektif untuk meningkatkan kondisi baterai smartphone.

 

Related Posts

Posting Komentar