SunjaID - Kenapa tidak bisa beli paket Telkomsel padahal pulsa
cukup? Mungkin pertanyaan seperti itu pernah muncul di hampir semua pengguna
operator seluler terkait yang memiliki pulsa lebih pada kartu SIM.
Jawaban dari pertanyaan umumnya bersifat multifaktorial
atau banyak faktor yang kemudian memunculkan kegagalan pengisian. Untuk
mengetahuinya, silahkan simak sejumlah penjelasan berikut dengan baik.
1. Kendala pada
Jaringan
Jawaban pertama yang paling sering menjadi penyebab
mengapa tidak bisa membeli paket Telkomsel yaitu masalah jaringan. Dimana ini
berlaku baik secara manual (kode dial up) maupun melalui aplikasi MyTelkomsel.
Jaringan yang tidak stabil dapat membuat panggilan kode
untuk membeli paket gagal walaupun pulsa dalam kartu SIM mencukupi. Apalagi
saat sedang berada di luar zona dengan ketersediaan jaringan kurang memadai
penggunaan.
Untuk menyiasatinya, tunggu sampai jaringan operator
benar-benar stabil baru memulai membeli paket kembali. Begitu pun dengan
MyTelkomsel pastikan ketersediaan jaringan internet stabil agar dapat
menggunakan akses pembelian.
2. Kendala pada Server
Jawaban kedua cukup sering menyebabkan kegagalan, yang
mana kendala server dapat mempengaruhi pembelian paket. Kendala server biasanya
karena adanya perbaikan atau peningkatan yang dilakukan oleh pihak operator
Telkomsel sendiri.
Informasi perihal perbaikan umumnya dapat ditemukan di
media resmi dari pihak Telkomsel. Artinya pengguna bisa mengecek terlebih
dahulu ke laman resmi untuk mengetahui apakah benar server lagi di
perbaiki.
Apabila memang benar diperbaiki maka tunggu beberapa
menit atau jam ke depan. Nantinya coba tes kembali membeli paket sesuai
keinginan, namun kalau belum bisa ada faktor lainnya.
3. Masa Kategori pada
Paket Habis
Umumnya faktor yang berikut sering membuat pengguna tidak
sadar akan waktu atau masa paketan. Salah satunya terburu-buru membeli paket
Telkomsel sehingga tidak sempat mengecek terlebih dahulu.
Kategori paket Telkomsel harga murah dan promo yang
menjadi favorit memiliki limit masa. Apabila waktu promo pada paket telah
mencapai limit ketentuan maka secara otomatis paket tidak dapat dibeli apalagi
digunakan.
Oleh sebab itu, agar tidak menyebabkan kebingungan kenapa
tidak bisa beli paket Telkomsel padahal pulsa cukup sebaiknya coba lihat
waktunya. Jangan sampai gara-gara paket habis masa berlaku pembelian malah
memperlambat.
4. Kendala pada Sistem
Operasi Perangkat
Faktor selanjutnya yang menyebabkan kegagalan pembelian
paket adalah kendala sistem operasi perangkat ponsel. Meskipun terbilang tidak
terlalu sering terjadi, namun kendala memungkinkan menghambat proses pembelian
paket termasuk operator Telkomsel.
Untuk menyiasatinya lakukan restarting sistem perangkat
dengan bantuan opsi Restart lalu tunggu beberapa saat. Di samping restarting
dapat pula mengaktifkan mode pesawat alih-alih perangkat berada di luar area.
Aktifkan mode pesawat setidaknya 20 menitan kemudian
tunggu sampai sistem operasi perangkat normal. Nantinya kalau tidak ada masalah
yang mempengaruhi, coba membeli paket Telkomsel dan lihat apakah berhasil atau
tidak.
5. Kendala pada
Aplikasi MyTelkomsel
Layaknya aplikasi atau piranti lunak yang terinstall di
perangkat ponsel, MyTelkomsel pun perlu diperbarui. Dimana waktu pembaruan aplikasi
biasanya dapat diketahui melalui platform bawaan yang tersedia.
Untuk itu, disarankan kepada pengguna agar rutin mengecek
pembaruan aplikasi walaupun terkadang pesan notifikasi terlihat di layar.
Silahkan buka platform bawaan lalu klik opsi yang mengarahkan pada pembaruan
aplikasi MyTelkomsel.
Memperbarui MyTelkomsel dapat membuat aplikasi semakin
mudah digunakan dengan lancar termasuk fitur-fitur pendukung di dalamnya. Ini
artinya pengguna bisa membeli paket sesuai pulsa yang tersedia dengan efisien
waktu.
6. Kendala Tertentu
yang Sulit Diketahui
Pada jawaban terakhir dari faktor yang mengganggu
keberhasilan pembelian paket adalah kendala tertentu tapi sulit untuk diketahui
oleh pengguna. Disini dibutuhkan akses lanjutan ke pihak operator Telkomsel sendiri
selaku penyedia layanan paket.
Dalam mengatasi faktor yang tidak diketahui disarankan
untuk menghubungi Customer Service dari Telkomsel. Baik itu melalui media
sosial resmi, telepon (kode dial up: 188), atau mengunjungi website resmi.
Sampaikan keluhan terkait kegagalan pembelian paket
Telkomsel padahal pulsa yang tersedia dalam kartu SIM memadai. Perhatikan
setiap arahan Customer Service yang menanggapi agar tidak bingung kalau-kalau
diarahkan ke tahapan mengatasi yang benar.
Itulah jawaban kenapa tidak bisa beli paket Telkomsel
padahal pulsa cukup dengan banyak faktor. Dimulai dengan kendala jaringan,
server, masa aktif paket, hingga yang dapat diketahui melalui layanan Customer
Service.