Senin, 06 Februari 2023

Cara Keluar Dari ColorOS Recovery OPPO Tanpa Menghapus Data 

 

Cara Keluar Dari ColorOS Recovery OPPO Tanpa Menghapus Data

SunjaID - Cara keluar dari ColorOS Recovery OPPO tanpa menghapus data sebenarnya sangat mungkin dilakukan. Namun, banyak para pengguna OPPO yang merasa ragu untuk melakukan hal tersebut. Karena takut ada data penting terhapus tidak sengaja.

Pada dasarnya sistem operasi OS sangatlah fleksibel. Karena itu, sistem ini bisa diimplementasikan pada berbagai jenis UI. Untuk menjaga keamanan perangkat dan sistem disediakan juga mode Recovery.

Mengenal Mode Recovery OPPO

Sebelum mengetahui cara keluar dari ColorOS Recovery OPPO tanpa menghapus data. Para pengguna OPPO harus mengetahui terlebih dahulu. Apa itu mode Recovery itu sendiri, pada smartphone OPPO.

Mode Recovery adalah sebuah mode pada sistem operasi Android yang menunjukan boot terbatas. Fungsi utama dari mode ini untuk memulihkan performa smartphone jadi bisa maksimal, seperti smartphone baru digunakan. Pengaturannya akan kembali ke awal.

Karena dikembalikan pada kondisi yang paling awal. Tidak heran, jika ada kemungkinan smartphone akan kehilangan sebagian bahkan semua data di dalamnya. Padahal, smartphone masih akan digunakan setelah mode recovery selesai.

Cara Keluar Dari ColorOS Recovery OPPO Tanpa Menghapus Data yang Bisa Dilakukan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karena mengembalikan smartphone ke fungsi dan juga pengaturan awal. Ada kemungkinan besar, para pengguna akan kehilangan sebagian bahkan semua data yang ada pada smartphone.

Tentu saja, para pengguna tidak ingin hal itu terjadi. Apalagi, jika belum sempat melakukan back up atau ada data yang penting dalam smartphone.

Terlebih bagi para pengguna ingin meningkatkan performa smartphone dengan memanfaatkan mode ini. Namun, tidak ingin kehilangan data yang sudah disimpan. Maka, para pengguna OPPO bisa mencoba untuk melakukan recovery pada ColorOS dengan alternatif cara-cara ini.

1. Lepas dan Pasang Baterai

Lepas dan pasang baterai kembali adalah cara cepat untuk keluar dari Recovery OPPO. Namun sebagai catatan, cara ini hanya bisa dilakukan jika memang smartphone OPPO masih menggunakan baterai yang lepas pasang.

Caranya sangat mudah, para pengguna OPPO tinggal membuka case OPPO kemudian melepas baterainya. Setelah beberapa menit, baru pasang lagi baterainya dan menyalakan smartphone kembali.

Sayangnya, kebanyakan smartphone OPPO saat ini sudah menggunakan baterai tanam. Karena itu, agak sulit untuk melakukan cara di atas. Jika ingin tetap melakukannya, para pengguna harus melepas backdoor smartphone bahkan melepas beberapa bagian lain.

2. Siapkan Metode Back Up Terlebih Dahulu

Berjaga-jaga sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi adalah pilihan yang baik. Ada baiknya, untuk melakukan back up sebelum melakukan metode recovery yang memang bisa menghapus semua file yang ada di smartphone OPPO.

Para pengguna smartphone OPPO bisa memanfaatkan penyimpanan awan atau mungkin layanan back up sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, begitu smartphone bisa digunakan kembali para pengguna tinggal memulihkannya saja.

3. Gunakan Perintah CMD

Jika para pengguna smartphone OPPO memiliki laptop atau komputer sebagai dukungan. Bisa melakukan recovery dengan metode command prompt atau CMD.

Cara ini agak sulit, karena membutuhkan pengetahuan perintah-perintah tertentu. Langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut ini:

     Hubungkan smartphone dengan komputer maupun laptop.

     Buka Control Panel dan temukan opsi CMD pada opsi pengaturan.

     Setelah itu, para pengguna akan melihat kolom program tempat memasukkan perintah tertentu.

     Masukkan perintah dan kode sesuai dengan yang ingin diterapkan pada OPPO.

Untuk mengetahui perintah yang bisa diterapkan di halaman CMD. Para pengguna bisa mengunjungi halaman support OPPO. Para pengguna bisa menemukan berbagai perintah untuk mengatasi masalah dengan smartphone OPPO.

4. Tekan Kombinasi Tombol

Cara berikutnya untuk keluar dari mode ini adalah menekan beberapa kombinasi tombol. Cara ini bisa jadi solusi yang bagus untuk para pengguna OPPO karena mudah dilakukan dan kemungkinan berhasilnya tinggi. Berikut adalah kombinasi tombolnya:

     Pada saat smartphone masuk pada mode recovery, segera posisikan tangan pada tombol.

     Tekan semua tombol luar smartphone secara bersamaan.

     Tunggu sampai HP bergetar

Jika sudah bergetar maka tandanya, smartphone sedang melakukan pengaturan ulang. Data yang di dalamnya masih bisa terselamatkan.

Itulah cara keluar dari ColorOS Recovery OPPO tanpa menghapus data. Para pengguna bisa mengembalikan performa smartphone tanpa kehilangan apapun.

 



Related Posts