Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP OPPO 

Daftar Isi

 

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP OPPO

SunjaID - Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP OPPO sangat bisa untuk dilakukan. Jadi, bagi para pengguna HP OPPO yang mungkin tidak sengaja menghapus fotonya secara permanen, tidak akan kehilangan harapan.

Hal ini karena HP OPPO sudah menerapkan sistem penyimpanan awan yang sudah tersinkronisasi dengan galeri smartphone OPPO. Jadi, para pengguna bisa memulihkannya dari pencadangan yang dilakukan secara berkala.

Artinya, foto memang sudah terhapus dari perangkat OPPO namun datanya sendiri masih ada di memori penyimpanan awan. Berikut adalah pilihan cara yang bisa dilakukan untuk memulihkannya.

Memulihkan Foto dengan Aplikasi Bawaan

Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP OPPO sebenarnya bisa memanfaatkan fitur yang memang sudah ada. Misalnya, memulihkan dari galeri OPPO atau fitur Google Foto yang sudah ada di smartphone dari awal. Berikut caranya:

1. Memulihkan Melalui Galeri OPPO

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pengguna HP OPPO bisa menggunakan fitur yang memang sudah ada di smartphone OPPO. Misalnya, dengan fitur yang ada di Galeri OPPO. Sebenarnya, setelah foto terhapus permanen datanya tidak benar-benar hilang.

Data foto masih tersimpan di galeri untuk beberapa waktu, sampai akhirnya terhapus sepenuhnya dari smartphone. Karena itu, bagi para pengguna OPPO yang ingin memulihkan foto dengan cara ini harus melakukannya dengan cepat.

Bahkan, jika bisa melakukan pemulihannya, segera setelah foto sudah terhapus. Langkah pemulihannya adalah sebagai berikut ini:

     Buka ‘Galeri Foto’ yang ada pada smartphone OPPO.

     Kemudian, buka menu ‘Album’ pada tampilan galeri.

     Scroll sampai ke bagian bawah hingga menemukan opsi ‘Baru Saja Dihapus’.

     Para pengguna akan melihat daftar foto dan video yang baru saja dihapus pada opsi tersebut.

     Kemudian, pilih foto dalam daftar dan tekan tombol ‘Pulihkan’.

     Tunggu beberapa saat sampai foto yang dipilih kembali ke penyimpanan smartphone.

Cara ini dikhususkan untuk pengguna sistem ColorOS 3.2 dan di atasnya. Untuk versi yang di bawah ini mungkin akan sulit, bahkan tidak bisa menggunakan cara di atas.

2. Memulihkan Melalui Google Photo

Google Photo terbilang aplikasi bawaan di smartphone OPPO, karena sebagai smartphone yang menggunakan sistem Android. HP OPPO akan secara otomatis mendapatkan Google Photo sebagai aplikasi bawaan.

Berikut ini adalah cara untuk memulihkan foto yang terhapus permanen. Jika ingin memanfaatkan layanan dari Google Photo ini.

     Buka aplikasi Google Photo yang ada di smartphone.

     Pastikan Google Photo sudah sinkronisasi dengan akun Google.

     Buka bagian ‘Galeri’ pada tampilan utama.

     Cari ikon berbentuk tempat sampah atau tulisan ‘Trash’ pada tampilan selanjutnya.

     Pada folder tersebut, pilihlah foto yang ingin dipulihkan.

     Jika sudah, tinggal tekan ‘Pulihkan’.

Para pengguna pun bisa mendapatkan foto yang dipilih itu kembali ke galeri Google Photo. Untuk menyimpannya sendiri, para pengguna tinggal mendownloadnya saja.

Memulihkan Foto Memanfaatkan Aplikasi Tambahan

Sebenarnya, cukup banyak pilihan aplikasi yang memberikan layanan pemulihan data. Karena itu cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP OPPO satu ini juga bisa menjadi pilihan.

Hal yang paling penting adalah para pengguna harus hati-hati dalam memilihnya. Walaupun, banyak pilihannya kadang cara penggunaan aplikasi-aplikasi ini tidak jauh berbeda. Contohnya aplikasi Data Recovery yang merupakan aplikasi andalan.

Aplikasi ini mudah digunakan dan pelayanannya pun gratis. Berikut adalah langkah untuk menggunakan aplikasi satu ini, antara lain:

     Download Aplikasi Data Recovery dari toko aplikasi resmi.

     Pasang aplikasi tersebut pada smartphone.

     Berikan izin untuk mengakses data pada smartphone.

     Pada tampilan utama, para pengguna bisa mengklik ‘Restore Foto atau Video’.

     Kemudian, tunggu sampai data foto dan video yang terhapus muncul di layar.

     Pilih foto yang ingin dipulihkan dan tekan tombol ‘Restore’.

Tinggal tunggu selama beberapa saat, maka foto akan kembali ke penyimpanan. Para pengguna juga bisa mendownloadnya agar tersimpan di memori internal.

Itulah cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP OPPO yang dapat dilakukan. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah, baik dengan memanfaatkan aplikasi bawaan atau aplikasi baru untuk mengurus pemulihan ini.

 



Posting Komentar