Google Developer Console _ Buat Aplikasi dan Upload ke Play Store

Daftar Isi

 

Google Developer Console _ Buat Aplikasi dan Upload ke Play Store

SunjaID - Play Store umumnya digunakan sebagai wadah aplikasi yang dapat diunduh oleh para penggunanya. Padahal Google Developer Console : buat aplikasi dan upload ke Play Store merupakan hal yang juga bisa dilakukan pengguna.

Dengan mendaftarkan sebuah aplikasi milik sendiri ke dalam G-Play Store, maka pemilik aplikasi bisa memperoleh banyak keuntungan. Dimana setiap ada pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut tentu akan menghasilkan keuntungan.

Cara Melakukan Tahap Registrasi

Google Developer Console : buat aplikasi dan upload ke Play Store memerlukan tahap awal umumnya pendaftaran yaitu registrasi. Tahap ini pun harus dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada Developer Consolenya dan juga di Google Wallet.

1. Registrasi di Developer Console

Platform tersebut berfungsi sebagai wadah atau tempat melakukan hampir seluruh urusan mulai dari mengunggah sampai merilis aplikasi. Proses awal yang diperlukan yaitu membuat akun pada Google Play Developer Console terlebih dahulu, langkahnya yaitu.

     Akseslah halaman Publish pada Google Play.

     Setelah itu login dengan akun Google yang sudah dimiliki, jika belum memiliki akun lakukanlah pendaftaran.

     Kemudian, masuklah ke perintah yang berupa “Accept Developer”, lalu ceklist kotak yang bertuliskan persetujuan pada perjanjian setelah sebelumnya membaca setiap detail perjanjiannya.

     Setelah itu pengguna akan diminta untuk mengisi detail kartu kredit, hal tersebut yaitu untuk bayar registrasi senilai 260.000 dan dilakukan hanya satu kali saja.

     Jika detail kartu tersebut telah terverifikasi serta pembayarannya telah dilakukan, maka pengguna tinggal melengkapi detail akun.

2. Registrasi Merchant Google Wallet

Mendaftarkan diri pada G-Play Developer Console saja tidak cukup, para pemula harus melanjutkan registrasi pada Google Wallet. Pendaftaran ini diperlukan agar dapat merilis aplikasi yang berbayar sehingga memungkinkan pembayaran.

Dengan mendaftar merchant, maka memungkinkan penggunaan fitur in-app billing dalam aplikasi. Pembuatan akunnya dilakukan melalui G-Play Developer Console tanpa biaya registrasi dengan langkah berikut.

     Pada halaman Google Play Developer Console tekanlah tautan yang berupa “Set up a merchant account now”, lalu lanjutkan juga ke “Account details”.

     Isilah data dengan detail untuk registrasi akun tersebut, biasanya sebagian data yang dibutuhkan terisi otomatis karena sebelumnya telah terekam.

     Setelah pengisian selesai ketuk perintah daftar dan akhirnya GWallet telah berhasil diaktifkan.

Cara Upload di Google Play Store

Apabila registrasi di atas seluruhnya telah berhasil dilakukan, sekarang adalah tahap rilis aplikasi pada Play Store. Beberapa hal terkait persiapkan gambar mengenai aplikasi juga perlu dipersiapkan dengan kriteria berikut.

     Screenshot tampilan aplikasi dengan jumlah maksimal 8 gambar. Hasil screenshot ini harus menarik agar memperoleh perhatian dari para pengguna untuk kemudian terpancing mengunduh aplikasi tersebut.

     Siapkan gambar sebagai icon untuk aplikasi dengan ukuran 512px x 512px, icon harus menarik dan relevan dengan aplikasi yang ditampilkan.

     Buat juga gambar banner aplikasi berukuran 1024px x 512px bisa dengan memakai platform pembuat gambar.

Setelah gambar yang diperlukan selesai disiapkan lanjutkan dengan merilis aplikasi tadi ke G-Play Store. Tahap ini bisa selesai dengan waktu yang singkat, berikut langkah-langkahnya.

     Akses halaman Developer Consolenya lalu tekan tombol untuk Publish an Android.

     Kemudian tentukan bahasa dasar dari aplikasi yang akan diupload.

     Isi judul dari aplikasi agar bisa dicari kemudian klik perintah Upload APK unggah file APK yang telah disiapkan.

     Selanjutnya siapkan file keystore yang nantinya akan diperlukan untuk membuild file. Simpanlah file tersebut karena nantinya akan dibutuhkan lagi saat ingin memperbarui aplikasi.

     Isilah data store listing yaitu terkait dengan aset dan informasi aplikasi android.

     Pada bagian App Release, tekanlah opsi Content rating yang ada pada bilah menu di sisi kiri lalu isilah data konten rating kemudian tekan perintah Continue.

     Setelah itu, isi juga Data mengenai Pricing dan juga Distribution. Pilihlah apakah jenis aplikasinya gratis atau berbayar, tentukan juga negara mana yang dapat mengunduh aplikasi setelah selesai tab Save Draft.

Cara Melakukan Publish

Meskipun aplikasi telah diupload pada Google namun belum dapat diunduh oleh para calon pengguna jika belum dipublikasi. Hal ini karena aplikasi tadi belum resmi ditampilkan pada tampilan halaman G-Play store.

     Tekanlah perintah App Release yang ada di bilah menu pada bagian kiri lalu tab Edit Release.

     Scroll dan ketuk perintah Start Rollout to Production konfirmasilah kalimat demi kalimat yang isinya persetujuan untuk publish.

     Kemudian tab perintah Create Release.

Itulah hal tentang Google Developer Console : buat aplikasi dan upload ke Play Store yang jarang diketahui pengguna. Produk berbentuk digital seperti halnya aplikasi saat ini memang semakin dibutuhkan.

 


Term Short : unfortunately google play store has stopped,download aplikasi mirip play store,cara membeli aplikasi di play store secara gratis,google play store app install for pc,lucky patcher play store,cara membeli aplikasi di play store menggunakan pulsa,cara membeli aplikasi di play store dengan pulsa xl,cara membeli aplikasi di play store,error rh 01 google play store,cara menghapus akun play store di android



Posting Komentar