Rabu, 22 Februari 2023

Mengetahui Arti TC di WA dan Balasannya , Simak Di Sini!

 

Mengetahui Arti TC di WA dan Balasannya , Simak Di Sini!

SunjaID - Seiring kemajuan zaman, bahasa-bahasa dalam berkomunikasi baik secara langsung maupun bermedia juga semakin berkembang. Contohnya seperti istilah-istilah di WA, TC salah satunya. Belum banyak yang tahu arti TC di WA dan balasannya harus seperti apa.

TC hanya salah satu singkatan dari sekian banyak singkatan lainnya di WA. Selain TC, terdapat singkatan lainnya yang umum digunakan untuk berkomunikasi di WA. Lantas apakah maksud dari TC dan apakah respon yang harus diberikan?

Arti TC dan Bagaimana Cara Mengirimkannya

TC sendiri merupakan singkatan dari Test Contact atau bisa disebut juga dengan istilah Test Chat. TC biasanya digunakan untuk memastikan apakah nomor yang ada di daftar kontaknya aktif atau tidak setelah sekian lama tidak berkomunikasi.

Umumnya, seseorang menyebarkan pesan TC secara massal dan serentak dengan memanfaatkan fitur broadcast yang ada di WA. Selain memastikan nomor yang ada di kontaknya aktif, TC juga bisa dijadikan pembuka komunikasi. Lantas bagaimanakah cara mengirimkannya?

     Setelah membuka aplikasi WA, pergilah menuju ikon tiga titik yang biasanya ada di bagian pojok kanan atas layar.

     Pilihlah opsi menu ‘New Broadcast’ atau ‘Siaran Baru’. Kemudian pilihlah semua kontak yang ada atau beberapa orang yang diinginkan saja.

     Jika sudah, kliklah ikon yang berbentuk centang hijau yang biasanya ada di pojok kanan atas dari layar.

     Ketiklah pesan yang ingin pengguna sampaikan pada orang-orang yang ingin dikirimi pesan TC ini.

     Apabila penyusunan pesan sudah selesai, kliklah tombol ‘Kirim’. Pesan yang sudah disusun tadi akan diterima oleh semua orang yang kontaknya dipilih di langkah-langkah awal.

     Setelah ini pengguna tinggal menunggu feedback dari daftar kontak yang sudah dikirimi pesan.

Pesan Balasan untuk Seseorang yang Mengirimkan Pesan TC di WA

Seseorang dapat mengirimkan pesan TC di WA kepada siapapun selama orang tersebut menyimpan nomor dari targetnya di daftar kontak miliknya. Sedangkan untuk yang menjadi target, tetap bisa menerima pesan tersebut sekalipun dirinya tidak menyimpan nomornya.

Melihat kondisi tersebut, ada sejumlah kata-kata yang bisa digunakan untuk membalas pesan-pesan yang biasanya memiliki sifat broadcast tersebut. Sebenarnya penerima pesan bisa menjawab apa saja sesuai dengan kebutuhan, namun jika bingung, gunakanlah rekomendasi kata-kata berikut:

1. Balasan untuk Orang yang Dikenal

Apabila pesan TC berasal dari orang yang dikenal, sebisa mungkin balaslah pesan tersebut. Apalagi terdapat keterangan ‘TC Ulang’, karena pengirim pesan sangat mengharapkan balasan dari penerima pesan. Berikut kata-kata yang bisa digunakan untuk membalas pesannya:

     Apakah ada yang dapat saya/aku bantu?.

     Saya/Aku masih aktif.

     On.

     Ada.

     TC on.

     Hai! Apa kabar?.

     Hadir.

     TC on + Menyebutkan nama.

2. Balasan untuk Orang Asing/Tidak Dikenal

Setelah membahas arti TC di WA dan balasannya untuk orang yang dikenal, sekarang giliran balasan untuk orang yang tidak dikenal. Blokirlah nomor jika pengirim pesan ternyata hanyalah orang iseng semata. Sebab, WA adalah privasi pemiliknya.

Sayangnya, tidak semua orang memahami tentang hal tersebut. Jadi, masih ada orang yang membagikan nomor orang lain tanpa izin. Hal ini tentu membuat pemiliknya tidak nyaman, apalagi jika sampai dikirimi pesan TC. Berikut pilihan jawabannya:

     Mohon maaf, ini dengan siapa?.

     Siapa?.

     Ini nomor siapa ya?.

     Maaf, saya tidak menyimpan nomor ini.

     Ada perlu apa, Kak?.

     Halo, ini dengan siapa?.

Singkatan Lain yang Populer di WA Selain TC

Masih ada lagi singkatan kata populer selain TC yang biasa digunakan dalam berkirim pesan WA. Mengetahui apa kepanjangan dari singkatan ini cukup penting, sebab singkatan ini cukup umum digunakan. Berikut singkatan, kepanjangannya, serta waktu penggunaannya:

     Personal Chat (PC), biasanya istilah ini digunakan jika seseorang ingin berkirim pesan secara pribadi dengan orang lain.

     Personal Message (PM), istilah ini biasanya digunakan untuk menindaklanjuti interaksi terbuka yang ada di kolom komentar media sosial.

     Voice Note (VN) ini merupakan salah satu fitur pesan di dalam bahasa Indonesia. VN bisa diartikan sebagai pesan suara.

     Video Call (VC) merupakan salah satu fitur WA untuk melakukan panggilan video.

     Ping (P) merupakan singkatan yang populer sejak masih ada BlackBerry Messenger. Biasanya ini digunakan dalam situasi yang terdesak/urgent.

Demikianlah pembahasan mengenai arti TC di WA dan balasannya, bagaimana cara mengirimnya, serta singkatan-singkatan lainnya. Gunakanlah pesan TC dan pesan lainnya dengan bijak. Pastikan pesan-pesan tersebut memang penting dan tidak mengganggu kenyamanan dari penerima pesannya.

 




Related Posts