Jumat, 17 Maret 2023

Awal Mula Gua Pindul Jogjakarta dan Daya Tarik Wisata

 

Awal Mula Gua Pindul Jogjakarta dan Daya Tarik Wisata

SunjaID - Menjelajahi gua mungkin menarik bagi sebagian orang yang suka berwisata di suasana alam yang masih alami. Namun, ada yang berbeda dari Gua Pindul Jogjakarta bila dibandingkan dengan gua lainnya dan mungkin belum diketahui sebagian orang.

Bila hanya melihat pada kebanyakan bentuk gua, mungkin kurang lebih sudah bisa membayangkan sekilas suasananya. Akan tetapi, sebenarnya apa yang membuat Gua Pindul dianggap menarik dari pada gua lainnya, simak saja dalam penjelasan berikut ini: 

Awal Mula Wisata Gua Pindul

Bermula dari kegiatan KKN yang dilakukan sekelompok mahasiswa UGM yang berencana melakukan penelitian bebatuan dan kedalaman sungai. Kemudian timbul ide untuk menjadikan gua ini sebagai obyek wisata potensial yang kelak dapat dikelola oleh penduduk sekitar.

Akhirnya, gua yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini pertama kali diresmikan sebagai tempat wisata sekitar bulan Oktober 2010. Bahkan sampai saat ini, Gua Pindul masih tetap ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk cave tubing.

Sejarah terbentuknya gua alami ini sering dikaitkan dengan beberapa versi legenda yang dipercaya oleh penduduk secara turun temurun. Salah satunya, tentang sosok Joko Singlulung yang berjelajah dan pipinya gebendul (dalam bahasa Jawa terbentur) dinding gua.

Daya Tarik Wisata Gua Pindul

Setiap tempat wisata memiliki daya tarik khusus yang mungkin bisa menjadi nilai lebih yang membuat orang penasaran. Kalau penasaran dengan daya tarik Gua Pindul Jogjakarta maka ketahui dulu daya tarik wisatanya, di antaranya:

1. Aliran Sungai di Gua

Inilah yang menjadi keunikan utama dari Gua Pindul dan mungkin tidak ditemukan di kebanyakan gua karena ada di daratan. Sungai ini ada di sepanjang lorong gua sehingga untuk menyusuri gua harus menggunakan perahu atau ban.

Aliran sungai di gua ini terbilang tenang sehingga aman untuk setiap pengunjung yang ingin mencoba pengalaman cave tubing. Cave tubing sendiri merupakan istilah penjelajahan gua dengan menggunakan ban (tube) yang berukuran besar untuk dipakai pengunjung.

2. Batuan Gua

Di dalam gua, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan batuan alam di seluruh dinding gua yang terbentuk secara alami. Pengunjung juga akan diberi kesempatan untuk menyentuh dinding gua dan batuan stalagmit yang ada di sekitarnya.

Namun jangan kaget juga karena seperti umumnya gua yang akan menjadi tempat bagi sekelompok kelelawar yang untuk bersarang. Kelelawar ini menggantung di stalagtit atau langit gua, justru akan membuat suasana gua tampak semakin menarik. 

3. Pengelolaan dan Standar Keamanan Layak

Sudah ada banyak orang yang merasakan sendiri bagaimana pengalaman wisata di Gua Pindul dengan segala fasilitas yang ada. Kebanyakan telah mengakui bahwa pengelolaan di tempat tersebut sudah cukup memadai, terlebih dengan adanya standar keamanan pengunjung.

Setiap pengunjung tidak perlu khawatir lagi karena berwisata di Gua Pindul dan aliran sungainya ini termasuk aman. Setiap pengunjung diberikan fasilitas pendampingan guide, asuransi, pelampung, dan alat pelindung lainnya untuk memastikan keselamatan masing-masing pengunjung.

Tips Berwisata di Gua Pindul

Bagi yang belum pernah datang ke Gua Pindul wajar bila belum mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. Untuk itu, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan demi mendapatkan kenyamanan ketika berwisata di Gua Pindul, di antaranya:

     Persiapan pakaian. Menggunakan pakaian siap basah yang nyaman untuk digunakan menjelajah Gua Pindul dengan menggunakan ban air. Tentunya dengan tidak lupa menyiapkan pakaian ganti untuk dikenakan seusai menyusuri gua supaya lebih nyaman dan tidak kedinginan.

     Pahami kondisi medan. Seperti kebanyakan wisata alam, tentu pengunjung sebaiknya memahami kondisi  keadaan sekitar dengan menggunakan peralatan yang tepat. Seperti harus memakai pelampung untuk keamanan dan memakai alas kaki yang menunjang medan yang basah dan licin.

     Pilih waktu yang tepat. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk berwisata di Gua Pindul pada waktu tertentu bisa mengalami ketidaknyamanan karena antre panjang. Bila tidak ingin mengalami hal ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak pengelola terkait waktu yang tepat.

Sekian penjelasan tentang Gua Pindul Jogjakarta yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi tujuan wisata bersama keluarga. Tidak hanya menikmati suasana alam yang asri, tetapi juga bisa mendapat pengalaman seru dengan cave tubing di Gua Pindul.

 



Related Posts