Selasa, 14 Maret 2023

Inilah Pantai Saba Gianyar, Wisata Cocok Dikunjungi Saat Liburan

 

Inilah Pantai Saba Gianyar, Wisata Cocok Dikunjungi Saat Liburan

SunjaID - Menghabiskan waktu liburan dengan berlibur ke pantai merupakan suatu keputusan yang tepat. Termasuk Pantai Saba Gianyar, salah satu keindahan alam Bali yang wajib dicoba ketika libur akhir pekan. Tempat tersebut cocok untuk refreshing dan bertamasya.

Negara Indonesia memang terkenal akan keindahan pantai yang dimilikinya. Lalu bagaimana keindahan Pantai Saba? Dimanakah lokasinya? Perhatikan berikut.

Wisata Pantai Saba Gianyar

Pulau Bali memang memiliki banyak wisata alam yang begitu indah dan mempesona. Oleh karenanya, pulau Bali sangatlah terkenal hingga ke wisatawan mancanegara. Bahkan pulau tersebut dijuluki The Island of Paradise karena berbagai keindahan alamnya.

Pantai Saba Gianyar ialah salah satu wisata alam yang harus dikunjungi saat sedang berlibur di Pulau Dewata. Pantai ini memiliki keindahan yang unik, yaitu mempunyai pasir pantai berwarna hitam legam dengan keindahan laut yang cantik.

Wisata ini memiliki suasana yang cenderung tenang, karena biasanya tidak terlalu banyak pengunjung yang berdatangan. Hal itu membuatnya cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga atau orang terdekat sambil menikmati ketenangan alam yang membuat suasana syahdu.

Seperti umumnya pantai, wisata ini juga mempunyai view sunrise yang indah. Pengunjung dapat menikmatinya saat matahari terbit di pagi hari. Pancaran sinar matahari yang berwarna orange berpadu dengan biru membuat pemandangan tampak damai dan tenang.

Terdapat hal yang menarik di sana, yaitu penangkaran penyu yang jarang terdapat pada pantai lainnya. Bahkan, pengunjung juga dapat melihat pemandangan penyu yang sedang bertelur di Pantai Saba Gianyar. Bagaimana, sangatlah menarik, bukan?.

Lokasi Wisata Pantai Saba Gianyar

Untuk lokasi tempat wisata pantai ini, cukuplah mudah dicari. Pantai ini terletak pada Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Namun, daerah ini masih minim tersedia angkutan umum, karena Desa Saba masih jauh akan keramaian.

Jika pengunjung berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, maka dapat melalui tol Bali Mandara. Setelah itu, ambil jalan ke kanan pada perempatan Pesanggaran, dari sana silahkan lurus hingga sampai ke Jl. Bypass Ngurah Rai.

Lalu setelah itu, pengunjung akan menemukan wisata Patung Titi Banda, kemudian dari Jl. Bypass Ida Bagus ambillah arah timur. Selanjutnya akan terdapat papan arah yang menunjukkan jalan menuju Pantai Saba. Terus ikutilah hingga sampai tujuan.

Kegiatan Menarik di Pantai Saba

Walaupun termasuk pantai yang kurang populer, namun wisata ini tetap memiliki berbagai fasilitas untuk pelayanan kepada pengunjungnya. Fasilitasnya juga termasuk lengkap, antara lain adalah:

     Hotel dan resort terbaik.

     Restoran makan

     Pusat souvenir dan oleh-oleh.

     Toilet umum.

     Warung.

     Dan area parkir yang luas.

Selain fasilitasnya yang lengkap, pengunjung juga bisa melakukan berbagai hal menarik dan seru di sana. Perhatikan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di pantai satu ini, yaitu sebagai berikut:

1. Bermain Pasir

Kegiatan ini banyak dilakukan orang pada umumnya ketika berkunjung di pantai. Yaitu bermain pasir yang ada di sana seperti mengubur diri, membangun istana pasir, membuat tulisan, Dll. Kegiatan tersebut cocok dilakukan bersama-sama sanak keluarga.

Terlebih lagi pasir di Pantai Saba juga tergolong bersih, sehingga tetap aman untuk bersenang-senang memainkannya. Namun perlu diketahui bahwa warna pasirnya tidak seperti pantai pada umumnya, karena pasir Pantai Saba berwarna hitam legam.

2. Berjemur

Kegiatan berjemur memang cocok untuk dilakukan di pantai, karena panas mataharinya yang bagus untuk berjemur. Biasanya wisatawan mancanegara yang menyukai kegiatan seperti ini, karena kebanyakan negara mereka memiliki cuaca yang cenderung dingin.

3. Berselancar

Karena ombak Pantai Saba termasuk besar, maka akan cocok jika digunakan untuk olahraga selancar. Namun tetap saja, pengunjung harus memperhatikan kondisi ombak pantai dan kemampuan diri. Jika tidak begitu mahir berselancar, disarankan untuk belajar dahulu.

4. Berkuda

Kegiatan menarik selanjutnya adalah berkuda. Jika pengunjung mahir berkuda, maka Pantai Saba merupakan tempat yang cocok untuk menyalurkan bakat tersebut. Karena pasir pantai yang hitam dan deburan ombaknya membuat suasana berkuda makin seru mengasikkan.

Tempat Menarik di Sekitar Pantai Saba

Setelah pengunjung puas menyisiri semua sudut Pantai Saba, maka dapat mencoba beberapa tempat menarik di sekitarnya. Beberapa diantaranya yaitu seperti:

     Pasar Sukowati. Tempat yang cocok untuk berbelanja souvenir dan buah tangan khas Bali.

     Bali Safari and Marine Park. Wisata ini menyajikan konsep yang unik, menggabungkan satwa liar dalam habitatnya dengan ekosistem yang bertemakan budaya Bali.

     Stadion Kapten I Wayan Dipta. Jika pengunjung mendatangi stadion tersebut pada waktu yang tepat, maka akan dapat melihat atmosfer pertandingan yang seru di dalamnya.

Itulah berbagai informasi menarik dari wisata Pantai Saba Gianyar. Kesimpulannya wisata ini merupakan tempat yang tempat untuk berekreasi atau sekedar bersantai bersama orang terdekat. Segera nikmati keindahan alamnya sekarang juga!

 




Related Posts