Senin, 13 Maret 2023

Inilah Wisata Lava Merapi dan Batu Alien yang Wajib Dikunjungi

 

Inilah Wisata Lava Merapi dan Batu Alien yang Wajib Dikunjungi

SunjaID - Berwisata ke tempat yang unik merupakan pilihan yang menarik dalam menghabiskan waktu liburan. Salah satunya adalah Wisata Lava Merapi dan Batu Alien yang berada di Jogja. Selain unik, wisata ini juga bisa memacu adrenalin pengunjung.

Wisata ini akan sangat cocok bagi para pecinta wisata alam dan hal yang menantang. Karena letak destinasi ini yang juga berada pada lereng gunung merapi sehingga membuatnya menjadi wisata yang anti mainstream.

Wisata Lava Merapi dan Batu Alien

Destinasi wisata ini merupakan tempat yang unik dan sedikit berbeda dengan kebanyakan wisata lainnya. Bahkan karena Wisata Lava Merapi dan Batu Alien berada dalam kawasan Gunung Merapi, pengunjung harus menyisiri wisata ini dengan memakai Jeep.

Umumnya, pada setiap jeep akan terdapat tour guide yang akan memandu perjalanan wisatawan. Sehingga para pengunjung akan dapat mengunjungi wilayah Gunung Merapi, yang salah satunya adalah Batu Alien dan Lava Merapi.

Batu Alien adalah sebutan dari sebuah batu yang berasal dari reruntuhan erupsi Gunung Merapi. Karena permukaannya yang mirip seperti alien, maka itulah yang menjadi nama sebutannya hingga sekarang. Untuk sekarang, batu tersebut banyak menarik wisatawan.

Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan

Tentu saja setiap orang yang berkunjung di sana menginginkan sebuah keseruan atau hal yang mengasyikkan yang dapat dilakukan di sana. Para wisatawan tidak perlu khawatir, karena banyak hal asik yang bisa dilakukan di sana, contohnya:

1. Mendatangi Batu Alien

Tentu saja, Batu Alien adalah salah satu tempat unik yang perlu dikunjungi saat berwisata ke gunung merapi. Sekilas memang batu ini seperti menyerupai bentuk wajah manusia, namun hal itu terjadi secara alami.

Batu Alien terbentuk sendiri (alami) saat gunung merapi sedang erupsi. Hasil abu vulkanik yang dikeluarkan tersebut yang membentuk batu unik ini.

2. Melihat Bunker

Dengan mengunjungi dan melihat sekitar daerah bunker, maka pengunjung bisa membayangkan betapa dahsyatnya erupsi Gunung Merapi. Tour Guide juga akan menjelaskan berbagai keunikan yang terdapat pada bunker tersebut.

Selain dapat menyaksikan saksi bisu kedahsyatan erupsi Gunung Merapi, pengunjung juga dapat berfoto-foto di sekitaran daerah bunker. Karena pemandangannya yang unik, menjadikannya menarik saat dijadikan background foto.

3. Melihat Museum Sisa Hartaku

Dinamakan sisa hartaku karena museum ini terdiri dari sebuah rumah yang terdampak oleh erupsi Gunung Merapi. Di dalamnya juga masih terdapat beberapa barang yang terkena dampak awan panas saat erupsi Gunung Merapi.

Rute dan Harga Tiket Wisata

Sebenarnya untuk rute menuju ke Wisata Lava Merapi cukup mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Jika dimulai dari Kota Jogja, maka akan menempuh jarak sekitar 30 Km. Untuk dapat mencapainya, pengunjung dapat memakai mobil ataupun motor.

Wisatawan bisa melewati Ring Road Utara kemudian beloklah ke utara menuju ke arah perempatan Kaliurang. Setelah itu, maka akan menemui pertigaan Pakem lalu ambillah arah ke kanan. Ikutilah jalur tersebut, hingga sampai.

Adapun untuk harganya juga beragam, kebanyakan paket wisata Lava Merapi diberi harga sekitar 5—sampai 700 ribu per Jeep. Untuk setiap Jeepnya bisa diisi sampai 4 orang pengunjung. Harga tadi sudah termasuk berkeliling wisata sekitarnya.

Pengunjung akan diajak untuk melihat daerah lereng Gunung Merapi. Kemudian juga akan mengunjungi Bunker Kaliadem yang merupakan saksi bisu kedahsyatan erupsi Gunung Merapi.

Tak hanya itu, pengunjung akan merasakan sensasi menantang dengan menaiki Jeep pada jalan bebatuan. Kemudian juga akan mengunjungi banyak spot menarik yang cantik untuk diabadikan dengan berfoto-foto bersama.

Selanjutnya jika sudah mencapai titik Batu Alien, pengunjung perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk retribusi, yaitu sebesar 5 ribu saja. Tentu hal ini sangat terjangkau dibandingkan pemandangan yang ada di sana.

Itulah informasi terkait Wisata Lava Merapi dan Batu Alien. Jika pembaca termasuk pecinta wisata alam atau menyukai hal yang memacu adrenalin, maka wisata ini cocok dan wajib dicoba. Tertarik untuk mengunjunginya?

 



Related Posts