Sabtu, 18 Maret 2023

Keseruan Arung Jeram Sungai Elo, Wajib Dikunjungi Wisatawan!

 

Keseruan Arung Jeram Sungai Elo, Wajib Dikunjungi Wisatawan!

SunjaID - Ada sebagian orang yang menyukai wisata dengan tema olahraga, apalagi yang bisa dilakukan beramai-ramai agar semakin menyenangkan. Mungkin arung jeram Sungai Elo termasuk salah satu yang dapat membuat seseorang merasakan lonjakan adrenalin.

Kira-kira apa yang membuat arung jeram di Sungai Elo lebih menyenangkan? Pastinya ada hal menarik yang membuat wisata ini layak dikunjungi. Jadi, cari tahu selengkapnya dengan menyimak penjelasan berikut ini sampai tuntas:

Sekilas Rafting Sungai Elo

Sungai arung jeram yang terletak di Kabupaten Magelang ini bisa menjadi destinasi wisata bagi yang sudah ke Borobudur. Dengan rute arung jeram yang sejauh 10 kilometer lebih dan memiliki tingkatan kesulitan yang berbeda (jeram II-III).

Pengunjung bisa melakukan arung jeram secara berkelompok dengan biaya yang dikenakan adalah per perahu karet. Mulai dari harga 650rb sampai dengan 1 juta rupiah untuk satu perahu yang bisa digunakan untuk kapasitas tertentu termasuk crew.

Harga yang dikenakan sudah termasuk untuk fasilitas berupa asuransi dan P3K (bila dibutuhkan), ruang ganti, transportasi lokal, pemandu, dan perlengkapan rafting. Selain itu, pengunjung juga sudah mendapatkan fasilitas makan dan snack untuk membantu memulihkan tenaga.

Keseruan Rafting di Sungai Elo

Melakukan arung jeram Sungai Elo mungkin menjadi bagian dari olahraga ekstrem bagi sebagian orang karena berkaitan dengan resiko keselamatan. Namun, tidak sedikit orang tetap memilih Sungai Elo sebagai salah satu tujuan wisata, dengan keseruan berikut:

1. Aliran Sungai Deras

Seperti selayaknya sungai yang digunakan untuk jalur arung jeram memang harusnya memiliki aliran air yang deras. Hal ini bisa mendukung agar perahu karet bisa meluncur dengan mulus di aliran Sungai Elo dengan kecepatan tertentu.

Tidak jarang bagi penikmat olahraga rafting justru lebih suka berkunjung ketika cuaca sedang hujan deras. Sebab, aliran sungai akan cenderung lebih deras dibanding cuaca cerah dan bisa mendapat pengalaman rafting yang semakin seru.

2. Pemandangan Sekitar

Ketika mengikuti program rafting di Sungai Elo, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam di sisi sungai yang masih berupa hutan. Jadi, secara garis besar sepanjang perjalanan akan mendapat pemandangan alam yang asri dan sejuk.

Di sepanjang aliran sungai juga akan ada batuan sungai mulai dari ukuran kecil hingga besar yang bisa membuat suasana menegangkan. Namun, jangan khawatir karena dengan perlengkapan keselamatan yang memadai dan crew pemandu profesional dipastikan aman.

3. Durasi dan Rute yang Panjang

Tidak semua area arung jeram memiliki rute pengarungan yang panjang, seperti halnya di Sungai Elo yang memakan waktu 2-3 jam. Dengan jarak rute sepanjang 10 km yang tentunya memiliki titik jeram dengan keunikan yang berbeda.

Mulai dari titik start sampai dengan titik akhir, pengunjung akan melalui sebanyak 30 titik jeram dengan masing-masing nama. Jadi, pastikan untuk mempersiapkan stamina yang prima supaya bisa menikmati keseruan berarung jeram di Sungai Elo.

Tips Rafting di Sungai Elo

Pengunjung yang berencana melakukan penelusuran di aliran Sungai Elo bersama kerabat atau keluarga perlu memperhatikan beberapa hal. Tujuannya adalah agar kelak wisatawan bisa menikmati wisata dengan nyaman, jadi sebaiknya simak tips berikut ini:

     Tentukan waktu terbaik. Untuk bisa menikmati arung jeram di Sungai Elo sebaiknya dimulai pada jam tertentu, khususnya pukul 8-10 pagi. Atau bisa juga mengikuti jadwal rafting yang tersedia di pukul 1 siang dengan estimasi 4 jam termasuk briefing.

     Persiapan pribadi. Pengunjung yang ingin mengikuti aktivitas ini tidak diwajibkan mahir berenang, asalkan kondisi sehat. Persiapkan pakaian casual yang nyaman untuk arung jeram, lalu tidak lupa pakaian ganti dan perlengkapan mandi selepas selesai beraktivitas di sungai.

     Perhatikan arahan pemandu. Setiap kelompok wisatawan dalam satu perahu karet akan didampingi oleh pemandu dan pengemudi. Sebelumnya, setiap kelompok akan diberi arahan terkait keselamatan dan cara arung jeram yang benar supaya kelak berjalan lancar, jadi pastikan perhatikan baik-baik.

Itulah penjelasan sekilas arung jeram Sungai Elo yang mungkin bisa menjadi salah satu tujuan ketika ingin berwisata di sekitar Magelang. Wisata tidak melulu hanya melihat pemandangan, tetapi juga menguji keberanian dan adrenalin di Sungai Elo.

 



Related Posts