Rabu, 22 Maret 2023

Mengetahui Rute Wisata Offroad Area Cikole, Harga Tiket dan Fasilitasnya

 

Mengetahui Rute Wisata Offroad Area Cikole, Harga Tiket dan Fasilitasnya

SunjaID - Berlibur ke daerah Cikole Lembang tidak melulu harus ke tempat yang menyuguhkan pemandangan indah, memiliki hawa sejuk, ataupun agrowisata saja. Untuk orang-orang yang hobi memacu adrenalin, wisata offroad area Cikole bisa dijadikan opsi kegiatan liburan.

Cikole sendiri memang daerah yang memiliki kontur tanah yang naik turun dan masih memiliki area hutan lindung dan pinus. Dengan adanya penyedia jasa paket wisata offroad, wisatawan bisa mengeksplor sisi lain dari daerah Cikole Lembang.

Rute Wisata Offroad di Daerah Cikole

Biasanya, rute perjalanan yang ditawarkan oleh para penyedia paket offroad memiliki jarak sekitar 18-25 km. Jarak sejauh itu akan ditempuh oleh peserta offroad sekitar 2-3 jam atau 4-5 jam. Nantinya, offroad akan dipandu driver berpengalaman.

Mobil offroad tidak hanya berkeliling di Cikole saja. Pada rute terjauh, mobil offroad bahkan bisa mencapai Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, yang notabene-nya berada di wilayah kabupaten yang berbeda. Lantas, ke mana sajakah rute yang tersedia?

     Rute menuju Cikahuripan Rest Area. Panjang trek rute ini sekitar 18 km, waktu tempuhnya sekitar 2 sampai 3 jam. Daerah yang dilewati adalah hutan pinus Cikole, kebun teh Sukawana, dan terakhir kawasan Cikahuripan Rest Area.

     Rute kawah Gunung Tangkuban Parahu. Panjang treknya sekitar 25 km dan waktu tempuhnya sekitar 4-5 jam. Peserta offroad akan melewati Desa Sukawana, perkebunan tehnya, hutan lindung lereng Tangkuban Parahu, terakhir ada kawah Gunung Tangkuban Parahu.

     Rute kaldera Gunung Tangkuban Parahu. Panjang trek serta waktu tempuhnya sama dengan rute kawah Tangkuban Parahu. Rutenya adalah desa dan perkebunan teh Sukawana, hutan lindung lereng Tangkuban Parahu, Upas Hill, dan terakhir kaldera Tangkuban Parahu.

Harga dan Fasilitasnya

Ada cukup banyak penyedia jasa wisata offroad area Cikole. Tentunya harga yang ditawarkan kepada wisatawan juga beragam, ada sistem pembayaran per individu atau rombongan (atas nama institusi misalnya). Harga itu belum ditambah dengan fasilitas pelengkapnya.

Namun, harga yang ditawarkan akan sebanding dengan pengalaman berharga yang akan didapatkan oleh wisatawan selama menempuh perjalanan offroad. Biasanya disediakan fasilitas penjemputan peserta. Jika ingin berkelompok, rata-rata satu kelompok membutuhkan 7 orang. Berikut kisaran harganya:

     Harga/pax biasanya rata-rata sekitar Rp 250.000. Namun, harga/pax ini juga biasanya tergantung dengan paket apa yang wisatawan pilih. Biasanya harga akan semakin murah apabila semakin banyak orang yang ikut dalam rombongan.

     Harga/kelompok untuk trek 18 km sekitar Rp 1.750.000. Biasanya ini belum termasuk makan selama offroad ataupun dokumentasinya. Biayanya hanya mencakup mobil dan driver sewaan, BBM, tiket masuk kawasan hutan, dan air mineral.

     Untuk trek 25 km, harga/kelompok biasanya Rp 2.300.000 hingga Rp 2.600.000. Ini sudah termasuk driver, mobil offroad, BBM, retribusi instansi terkait, makan, minum, dan coffee break 1x. Namun terkadang biayanya belum termasuk dokumentasi saat offroad.

Spot-spot Menarik yang Bisa Dinikmati Selama Perjalanan Offroad

Dengan rute perjalanan yang cukup jauh, sudah pasti banyak tempat-tempat menarik yang akan dilewati peserta selama wisata offroad di Cikole. Wisatawan bisa melihat sekaligus menambah pengetahuan mengenai tempat-tempat menarik tersebut. Apa sajakah tempatnya? Berikut rinciannya:

     Hutan Pinus Cikole Lembang. Kawasan hutan ini resmi dibuka untuk umum tahun 2016, dan terletak di wilayah yang strategis. Yakni di jalur wisata Ciater-Maribaya, dan dekat dengan Gunung Tangkuban Parahu.

     View dari Gunung Putri. Konon katanya, gunung ini merupakan gunung yang menjadi saksi dari cerita Dayang Sumbi dan Sangkuriang. Gunung ini ada di Bandung Barat, lebih tepatnya daerah Lembang. Gunung ini ramah untuk pendaki pemula.

     Bunker Belanda. Bangunan ini terletak di tengah-tengah hutan pinus di kawasan Gunung Putri yang jauh dari pemukiman warga. Tempat ini dibangun sebagai benteng yang berfungsi juga sebagai bunker oleh Belanda pada tahun 1913-1914.

     Perkebunan Teh Sukawana. Kawasan ini terletak di daerah Parongpong, Lembang. Kawasan ini berada di bawah pengelolaan PTPN VIII, yang pemandangannya sangat indah. Teh-teh yang berasal dari sini diprioritaskan untuk keperluan ekspor lho!

     Upas Hills. Sering dikira bagian dari Bandung, Upas Hill berada di Kabupaten Subang. Upas Hills merupakan salah satu spot yang menyajikan panorama kawah Tangkuban Parahu yang tertinggi, yakni 2.000 mdpl.

Demikianlah pembahasan mengenai rute wisata offroad area Cikole, harga, fasilitas yang bisa didapatkan, serta spot-spot menarik selama perjalanannya. Wisata offroad ini bisa menjadi salah satu solusi healing yang anti-mainstream bagi orang-orang pecinta tantangan.

 




Related Posts