Senin, 10 April 2023

5 Tempat Ngabuburit di Jakarta, Cocok untuk Nunggu Bedug Maghrib!

 

Tempat Ngabuburit di Jakarta

SunjaID - Sebagai kota wisata, Jakarta dipenuhi oleh tempat-tempat ikonik yang efektif untuk menyegarkan pikiran setelah kegiatan rutinan (bekerja). Pada bulan Ramadhan, beberapa tempat ngabuburit di Jakarta pun menjadi hal menarik untuk dicoba.

Untuk mengisi kekosongan waktu, biasanya diisi dengan kegiatan yang bersifat hiburan. Ada banyak waktu untuk dimanfaatkan untuk hal-hal kebaikan. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat untuk ngabuburit yang dapat menjadikan Ramadhan akan lebih seru:

1. Masjid Istiqlal

Ya, dari judul tulisan ini sudah dapat dipastikan bahwa tempat ngabuburit di Jakarta yang terbaik adalah Istiqlal. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan spiritual namun juga suasana tempat juga dapat memperbaiki kondisi emosional.

Masjid Istiqlal merupakan masjid kenegaraan karena kegiatan kenegaraan bidang agama dipusatkan disini. Mulai dari acara nasional/internasional dan lawatan negara-negara sahabat tidak terlewat dari lokasi bersejarah ini.

2. Monumen Nasional

Opsi berikutnya yang dapat digunakan sebagai tempat menunggu berbuka puasa adalah Monumen Nasional atau disebut Monas. Tempat ini tidak hanya eksklusif untuk orang Islam saja, namun semua orang dari beragam identitas dapat bersantai ria disini.

Monumen Nasional yang terletak di Gambir ini ketika datang bulan Ramadhan selalu dipenuhi dengan pedagang takjil yang beranekaragam. Selain dipenuhi dengan makanan/minuman berbuka, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas gedung.

3. Museum Fatahillah

Bekas kantor pemerintahan ini terletak di Kota Tua Jakarta. Dikelilingi oleh corak estetik dan bersejarah menjadikannya sebagai wahana cuci mata wisatawan dari hiruk-pikuk kepadatan kota. Pada saat menjelang berbuka puasa, tempat ini juga ramai dikunjungi.

Salah satu spot favorit untuk berswafoto menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa. Di lokasi tersebut layaknya tempat wisata pada umumnya juga dipenuhi pedagang makanan/minuman sebagai hidangan berbuka nantinya.

4. Pantai Ancol

Jakarta yang terletak di pesisir utara Jawa secara otomatis memiliki garis pantai, salah satu pantai populenya adalah Ancol. Pantai ini merupakan pantai dengan fasilitas sangat lengkap karena selain sebagai tempat wisata, juga difungsikan sebagai dermaga kapal.

Tujuan pembangunan Pantai Ancol salah satunya adalah sebagai tempat melepas penat dan rekreasi dari hiruk-pikuknya perkotaan. Untuk menunggu waktu berbuka puasa, kawasan Ancol menyuguhkan pemandangan tebenamnya matahari di sore hari dan hidangan khas daerah pesisir.

5. Taman Menteng

Taman Menteng dapat menjadi alternatif mengisi waktu ngabuburit di sore hari bulan Ramadhan. Rerumputan hijau dan pemandangan yang asri menjadi nilai tawar kawasan ini yang tidak bisa dilewatkan begitu saja

Kawasan ini juga terdapat beberapa spot menarik dan instagrammable yang bisa menjadi sasaran untuk berswafoto. Selain itu, udara sejuk yang menenangkan juga membuat wisatawan bisa betah berlama-lama untuk sekadar santai di sore hari.

Demikian tadi adalah sedikit rekomendasi kawasan yang cocok dijadikan tempat ngabuburit di Jakarta. Tempat-tempat di atas tentu saja sangat menarik untuk dikunjungi dan dapat memberikan pengalaman emosional yang menyenangkan bagi pengunjungnya.

 



Related Posts