Minggu, 09 April 2023

5 Wisata Indoor Jogja Sebagai Alternatif Liburan Saat Musim Hujan

 

Wisata Indoor Jogja

SunjaID - Ketika musim hujan tiba, pastinya sejumlah orang merasa sedih lantaran tidak dapat menikmati liburan bersama orang terdekat. Namun tak perlu khawatir, kini sudah terdapat beberapa wisata indoor Jogja yang dapat menjadi alternatif liburan musim hujan.

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi meskipun musim hujan tiba, diantaranya museum, cafe, taman dan sebagainya. Hadirnya sederet wisata ini tentu dapat menjadi alternatif bagi para wisatawan yang ingin berlibur tanpa kehujanan, berikut daftar tempatnya.

1. De Mata Trick Eye Museum

Daftar tempat wisata indoor yang pertama adalah De Mata Trick Eye Museum, disini pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi gambar 3D. Museum ini sangat cocok bagi para pengunjung yang hobi berfoto karena banyak spot foto menarik.

Pada wisata ini, pengunjung dapat berfoto layaknya berada di Paris, berfoto dengan gambar para pemain bola dan sebagainya. Jika pengunjung dapat mengambil gambar dengan angle yang tepat, maka ilusi optik yang dihasilkan tampak nyata.

2. Wisata Taman Pintar

Salah satu wisata luar ruangan yang tidak boleh terlewatkan adalah Taman Pintar, wisata ini  sekaligus menjadi tempat edukatif bagi keluarga. Di sini, anak-anak akan belajar dan bermain mengenai berbagai hal menarik yang belum diketahui sebelumnya.

Wisata yang berlokasi di Kecamatan Gondomanan ini menyediakan sejumlah alat peraga untuk belajar, wahana dan diorama ilmu pengetahuan. Pengunjung juga dapat mencoba beberapa sarana dan prasarana lain yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola wisata.

3. Benteng Vredeburg

Tempat wisata indoor Jogja berikutnya yakni Benteng Vredeburg yang merupakan bangunan belanda sejak tahun 1760. Umur bangunan ini sudah mencapai ratusan tahun dan sudah ada sebelum Indonesia merdeka, namun hingga kini bangunan tersebut masih terjaga.

Jika berkunjung pada Benteng Vredeburg yang berlokasi di Kecamatan Gondomanan ini pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai benda peninggalan jaman perang. Mulai dari penjara, meriam, senjata dan beberapa peralatan lainnya yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia.

4. Museum Gunung Merapi

Salah satu gunung besar yang pernah erupsi pada tahun 2010 dan memakan banyak korban adalah Gunung Merapi. Dahsyatnya peristiwa tersebut tentu tidak dapat terlupakan begitu saja pada benak semua orang yang mengalaminya.

Maka dari itu dibangunlah sebuah Museum Gunung Merapi yang terletak di Kota Jogja tepatnya Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Disini para pengunjung dapat melihat sisa-sisa barang dan berbagai ilustrasi foto saat Gunung Merapi tengah meletus.

5. Ulen Senatalu

Tempat wisata indoor yang terletak di kota Jogja berikutnya adalah Ulen Sentalu, pada wisata ini pengunjung dapat melihat berbagai kesenian. Wisata yang terletak di Kecamatan Hargobinangun, Sleman ini menampilkan beragam seni dan budaya dari Jawa.

Demikianlah informasi menarik mengenai 5 wisata indoor Jogja sebagai alternatif liburan saat musim hujan tiba. Meskipun hujan tengah menguyur kota istimewa ini tentu para traveller masih dapat berlibur dan menikmati akhir pekan bersama orang tercinta.

 




Related Posts