Air Terjun Curug Ciharus, Tempat Wisata Asri yang Tersembunyi

Daftar Isi

 

Air Terjun Curug Ciharus

SunjaID - Para pecinta alam pasti butuh destinasi wisata baru untuk ditelusuri untuk menikmati keindahan alam. Kali ini, air terjun Curug Ciharus bisa menjadi destinasi yang cocok karena menampilkan pemandangan yang sangat indah dan suasana yang asri.

Air terjun ini letaknya agak tersembunyi dalam hutan, sehingga belum banyak pengunjung yang mengetahui keberadaan dari indahnya air terjun ini. Untuk itu, simaklah penjelasan mengenai tempat wisata air terjun satu ini beserta lokasi lengkap hingga rutenya:

Apa Itu Curug Dano?

Air terjun kecil yang terletak di Desa Dano, yaitu Curug Ciharus atau sering juga disebut Curug Dano, selain dijadikan sebagai objek wisata juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber air untuk mengairi lahan perkebunan.

Curug ini berasal dari hulu sungai Cipancar yang bermuara di Gunung Gede, yang terletak bersebelahan dengan Gunung Guntur. Meskipun berketinggian sekitar 100 meter, debit airnya tidak terlalu laju sehingga aman untuk berenang dan bermain.

Tiket masuknya dibanderol kisaran lima hingga sepuluh ribu rupiah dan biaya parker sebesar dua ribu rupiah. Selain itu, di area curug juga tersedia beberapa fasilitas untuk pengunjung, seperti warung, mushola, dan WC.

Apabila berniat mengunjungi curug ini, terdapat beberapa aturan yang harus diikuti agar kelestarian lingkungan sekitar tetap terjaga. Aturan-aturan atau hukum adat yang harus diperhatikan oleh setiap pengunjung di sini antara lain:

     Larangan membawa peralatan mandi seperti pasta gigi, shampoo, sabun, dan plastik.

     Dilarang berkunjung dalam kelompok beranggotakan lebih dari 10 orang dengan waktu kunjungan dibatasi selama 1 jam untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan curug.

     Dilarang merokok di area curug untuk memelihara kualitas udara agar selalu segar dan sejuk.

     Seluruh barang bawaan pengunjung harus dititipkan di pos penitipan barang yang telah disediakan.

     Pengunjung diharapkan selalu menjaga perilaku dan ucapan ketika berada di area curug untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan di antara pengunjung.

     Untuk warga sekitar, dilarang melakukan kegiatan berkebun di dekat curug.

Lokasi dan Rute Menuju Curug

Curug ini terletak di Kecamatan Leles, tepatnya di Garut, Desa Dano, di hulu Sungai Cipancar sehingga disebut Curug Dano. Meskipun memiliki ketinggian sekitar seratus meter, curug kecil ini belum banyak dikenal karena lokasinya yang tersembunyi.

Untuk mencapai lokasi curug, pengunjung dapat menuju ke pasar Leles terlebih dahulu, kemudian berjalan kaki selama sekitar satu jam dari pertigaan Alun-alun Leles. Jika berasal dari Bandung, pengunjung perlu berbelok kiri di perempatan Alun-alun Leles.

Jika berasal dari arah sebaliknya, pengunjung harus berbelok kanan dan mengikuti jalan tersebut hingga sampai ke tempat tujuan. Apabila menemukan pertigaan, disarankan untuk bertanya kepada masyarakat setempat atau menggunakan google maps.

Demikianlah penjelasan mengenai tempat wisata Curug Ciharus beserta lokasi dan rute menuju tempatnya. Jika berniat pergi ke sini, pastikan untuk mematuhi peraturan yang ada agar lingkungan asri dari air terjun ini tetap terlindungi.

 




Posting Komentar