Sabtu, 08 April 2023

Begini 2 Cara Nonton YouTube di TV Digital, Tertarik untuk Mencoba

 

Cara Nonton YouTube di TV Digital

SunjaID - Ingin menikmati tayangan YouTube di TV namun hanya memiliki TV digital saja di rumah? Jangan khawatir. Karena, saat ini tersedia cara nonton YouTube di TV digital dengan menggunakan bantuan perangkat set top box ataupun Chromecast.

Cara Menonton YouTube di TV Digital dengan Memanfaatkan Set Top Box

Perangkat ini tidak hanya berfungsi untuk menangkap siaran TV digital saja, set top box juga dapat menangkap jaringan internet. Pada dasarnya, set top box memiliki fungsi serupa dengan decoder pada parabola atau layanan TV kabel.

Oleh karena itu, jika ingin menonton YouTube melalui TV digital, penggunanya bisa memanfaatkan set top box yang tersedia di rumah. Dengan catatan, yaitu koneksi internet yang tersedia juga harus stabil dan kencang. Berikut cara menggunakannya:

     Siapkanlah perangkat-perangkat yang akan dibutuhkan. Sediakan handphone, paket internet yang cukup, serta kabel data. Pastikan juga set top box sudah terpasang dan tersambung pada TV. Lalu, hubungkanlah set top box ke handphone dengan kabel data.

     Aktifkanlah pengaturan tethering USB. Caranya, bukalah menu ‘Settings’ di handphone, lalu pilih opsi ‘Connectivity’, kemudian pilih ‘Hotspot & Tethering’, lalu aktifkanlah toggle ‘Tethering USB’.

     Beralihlah ke pengaturan di set top box. Bukalah opsi ‘Menu’, lalu pilihlah opsi ‘Sistem’, kemudian pilih ‘Pengaturan Jaringan’. Perhatikanlah statusnya, apakah sudah berubah menjadi ‘Terhubung’ atau belum. Jika sudah, pengguna bisa beralih ke YouTube.

     Kembalilah ke pengaturan di set top box lagi. Kliklah ‘Menu’, kemudian pilihlah ‘USB’ dan kliklah ‘Internet’. Jika sudah, kliklah opsi ‘YouTube’. Setelah ini, TV digital dapat menikmati siaran video yang ada di YouTube.

Cara Menonton YouTube di TV Digital Memakai Chromecast

Jika menggunakan set top box terasa merepotkan, cobalah gunakan cara nonton YouTube di TV digital menggunakan perangkat Chromecast. Produk ini dijual dengan bebas di pasaran, dan jika ingin menggunakannya, harus tersedia jaringan Wi-Fi di rumah.

Produk Google yang satu ini dapat menghubungkan handphone Android ke TV digital tanpa harus menggunakan sambungan kabel. Nantinya, apa yang ditampilkan di layar handphone Android bisa ditampilkan juga di layar TV digital. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

     Unduh dan install dulu aplikasi ‘Google Home App’. Aplikasi ini nantinya akan mempermudah proses casting dari handphone ke TV digital.

     Pasangkanlah perangkat Chromecast. Hubungkan dulu Chromecast dengan USB untuk pengisi daya, lalu sambungkanlah Chromecast ke port HDMI yang tersedia di TV. Setelah ini baru colokkan kabel daya Chromecast ke sumber listrik.

     Pastikanlah TV dan handphone terhubung di jaringan Wi-Fi yang sama. Sebab, jika terhubung di jaringan yang berbeda, YouTube tidak akan bisa dinikmati di TV digital.

     Bukalah aplikasi ‘Google Home App’ di handphone. Setelah itu, carilah situs YouTube dan bukalah. Apabila nanti terdapat menu yang muncul, langsung saja klik opsi ‘Cast’.

     Setelah ini pengguna tinggal memilih device manakah yang akan di casting. Jika sudah, YouTube sudah bisa dinikmati langsung melalui layar TV digital.

Demikianlah penjelasan mengenai cara nonton YouTube di TV digital dengan memanfaatkan set top box dan Chromecast. Pemilik TV digital masih bisa menikmati tayangan YouTube di TV layaknya menggunakan smart TV dengan bantuan kedua alat tersebut.

 




Related Posts