Inilah Biaya Kuliah STIA Bagasasi Bandung, Wajib Diketahui!

Daftar Isi

 

Biaya Kuliah STIA Bagasasi Bandung

SunjaID - STIA Bagasasi Bandung merupakan tempat yang tepat untuk pelajar SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi jurusan administrasi. Namun sebelumnya, perlu diketahui biaya kuliah STIA Bagasasi Bandung terlebih dahulu, agar bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum mendaftar.

Kampus ini telah ada sejak tahun 1983 di Kota Bandung, Jawa Barat. Tentu, karena telah berdiri sejak lama membuat kampus STAI Bagasasi sangat berpengalaman dalam bidangnya. Biaya kuliah juga termasuk terjangkau, berikut beberapa penjelasan lengkapnya.

Rincian Biaya Untuk Kuliah di STIA Bagasasi

Seperti kampus pada umumnya, yaitu terdapat beberapa jenis biaya kuliah STIA Bagasasi Bandung perlu diketahui: Salah satunya seperti biaya semester, biaya pendaftaran, dan biaya lainnya yang berhubungan pada proses pembelajaran seperti berikut.

1. Biaya Pendaftaran

Seperti pada umumnya, akan terdapat biaya untuk mendaftar di STAI Bagasasi Bandung. Uang ini wajib dibayarkan oleh calon mahasiswa yang hendak mendaftar kuliah. Adapun biaya pendaftaran untuk tahun ajaran 2023/2024 ialah Rp. 250.000.

2. Biaya Ujian Masuk

Setelah mendaftar, tentu saja para pendaftar harus melalui ujian masuk terlebih dahulu, sebelum diumumkan lolos menjadi mahasiswa STAI Bagasasi Bandung. Untuk biaya ujian masuk pada tahun ajaran 2023/2024 adalah Rp. 500.000-1.500.000.

2. Biaya SPP atau UKT

Setiap mahasiswa pasti telah mengenal pengertian UKT, yaitu biaya kuliah yang harus dibayarkan setiap semesternya, bisa disebut dengan Biaya SPP. Uang inilah yang dipakai untuk membiayai fasilitas belajar, urusan administrasi, serta gaji para pengajar.

Adapun biaya SPP yang dikenakan di STAI Bagasasi Bandung berada pada kisaran Rp. 2.500.000-9.000.000. Nominal ini berlaku untuk tahun ajaran 2023/2024.

3. Biaya Buku

Selain biaya SPP, seluruh mahasiswa juga harus membayarkan biaya buku untuk memiliki berbagai buku yang diperlukan dalam proses perkuliahan. Adapun biaya buku yang diperlukan pada tahun ajaran 2023/2024 adalah sebesar Rp. 1.000.000.

4. Biaya Asuransi

Biaya yang terakhir yang harus dibayarkan ialah biaya asuransi. Hal itu digunakan untuk menjamin keamanan serta kesehatan mahasiswa selama berkuliah di STAI Bagasasi Bandung. Adapun biayanya sebesar Rp. 800.000 untuk tahun ajaran 2023/2024.

Jadi, jika ditotal keseluruhan, maka biaya yang diperlukan untuk berkuliah di STAI Bagasasi Bandung ialah sebesar Rp. 9.000.000-14.800.000. Hal itu belum termasuk biaya hidup seperti penginapan, makan, dan transportasi.

Tips Hemat Biaya Kuliah di STAI Bagasasi Bandung

Terdapat beberapa tips untuk bisa menghemat biaya kuliah di sana. Hal ini tentu sangat direkomendasikan untuk semua mahasiswa, untuk meminimalkan pengeluaran kuliah dan bisa memakainya untuk keperluan lainnya. Adapun beberapa tipsnya ialah:

     Memanfaatkan beasiswa. Tentu saja di setiap kampus pasti terdapat beasiswa di dalamnya, hal tersebut harus selalu diperhatikan dan dimanfaatkan. Karena jika berhasil mendapatkannya, maka mahasiswa akan menerima berbagai benefit yang menarik.

     Mencari pekerjaan part time. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan setengah harinya untuk bekerja. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat dalam memanfaatkan waktu agar lebih produktif.

     Mencari tempat tinggal ekonomis. Tips terakhir adalah cari tempat tinggal yang sederhana dan murah. Hal itu akan sangat menghemat pengeluaran selama kuliah, serta mahasiswa dapat memakai uangnya untuk hal berguna lainnya.

Itulah rincian biaya kuliah STIA Bagasasi Bandung serta beberapa tips untuk menghemat pengeluaran selama berkuliah di sana. Silahkan pertimbangkan rincian biaya tersebut sebelum mendaftar dan jangan lupa untuk selalu mempratekkan tips hematnya.

 




Posting Komentar