Sabtu, 08 April 2023

Ketahui Makam Wali Songo di Jawa Timur, 5 dari 9 Wali!

 

Makam Wali Songo di Jawa Timur

SunjaID - Bagi para Muslim tentunya sudah tidak asing lagi dengan Wali Songo. Daerah pulau Jawa merupakan tempat tersebarnya makam Wali Songo. Pada wilayah tersebut, terdapat lima makam Wali Songo di Jawa timur dan sisanya di daerah Jawa lainnya.

Lokasi untuk kam Wali Songo di Jawa timur terdapat di wilayah surabaya hingga kota Tuban. Muslim di Jawa timur berada di area terdekat untuk melakukan ziarah ke lima makam tersebut, berikut diantaranya.

1. Sunan Ampel (Raden Ahmad)

Sunan Ampel (Raden Ahmad) berposisi di Jalan Ampel tepatnya di sebelah masjid Ampel yang berada di kecamatan semampir, kota surabaya. Penyebaran Islam di Pulau Jawa sangat erat dengan peranan penting Wali Songo.

Perkiraan tahun wafat untuk sunan Ampel yaitu pada 1481. Selain itu, anggota Wali Songo ini merupakan pembina pesantren pertama yang terlatak di Jawa timur.

Sunan Giri, sunan Gresik, mbah Hisyamudin dan Raden Patah adalah murid dari pondok tersebut yang paling terkenal. Makam dari Raden patah terletak di kota Demak.

2. Sunan Gresik (Syekh Maulana Malik Ibrahim)

Anggota Wali Songo ini dikenal dengan nama Maulana Maghribi dan dimakamkan di desa Gapurosukolilo, kota Gresik. Sunan Gresik berdakwah melalui perdagangan yang mulai ditugaskan sejak abad ke 14.

Simpati masyarakat berhasil sunan Gresik dapatkan, termasuk raja Brawijaya. Kemudian ia diangkat sebagai kepala pelabuhan atau syahbandar dan berangsur-angsur ajaran Islam mulai diterima.

3. Sunan Giri

Makam Wali Songo di Jawa timur selanjutnya adalah sunan Giri. Pemilik nama asli Raden paku ini dikenal sebagai sang ahli tata negara. Sunan Giri ditugaskan untuk menyebarkan ajaran Islam di daerah Blambangan.

Makam anggota walisongo ini terletak pada ketinggian sekitar 120 meter dengan area makam utama dikelilingi dengan tembok ukiran.

4. Sunan Drajat

Pada tahun 1484 Raden Patah memberikan gelar sunan mayang madu kepada sunan Drajat. Makam Sunan drajat atau raden qasim ini barada di desa Drajat, Paciran, Lamongan.

Anggota Wali Songo ini mempunyai perhatian besar terhadap masalah sosial di daerah Lamongan. Selain itu, dalam hutan belantara, sunan drajat juga membangun sebuah area baru yang kemudian menjadi daerah berkembang dan makmur.

5. Sunan Bonang

Anggota Wali Songo dengan nama asli Syekh Maulana Makdum Ibrahim ini adalah keturunan atau putra dari sunan Ampel. Menyesuaikan diri terhadap budaya di pulau Jawa adalah cara anggota Wali Songo ini menyebarkan ajaran Islam.

Sebagian besar orang Jawa menggemari musik gamelan dan wayang. Oleh karena itu, menciptakan gending-gending dengan nilai-nilai Islam pada setiap bait lagunya. Makam Sunan Bonang terletak di kecamatan tuban, tepatnya di Jalan KH Mustain, Kutorejo.

Itulah kelima makam Wali Songo di Jawa timur. Ketiga makam lainnya berlokasi di Jawa tengah dan satu makam yang teletak di Jawa barat. Tak hanya berasal dari warga lokal, peziarah makam Wali Songo ini juga banyak dari mancanegara.

 



Related Posts