Kunjungi Alun-Alun Talegong, Wisata Pilihan Untuk Keluarga

Daftar Isi

 

Alun-Alun Talegong

SunjaID - Alun-alun Talegong merupakan tempat populer yang memiliki ikon alat musik, yaitu Gong. Alun-alun ini  terletak di Kecamatan Talegong, Garut, Jawa Barat. Lokasinya yang terletak di  dataran tinggi cocok untuk dijadikan wisata.

Dengan keunikan tersebut, alun-alun di Kota Garut ini berhasil menarik perhatian para pengunjung dari luar kota, seperti Bandung, Jakarta, dll. Jalan menuju lokasinya juga strategis, sehingga mudah diakses oleh pengunjung.

Pemandangan di Alun-alun Talegong

Pemandangan alam disertai hamparan pegunungan pasti akan memanjakan mata dan membuat liburan menjadi berkesan. Udaranya yang sejuk dan dingin menjadi salah satu daya tarik pengunjung ketika berwisata ke alun-alun Kecamatan Talegong, Garut Selatan.

Pemandangan di alun-alun ini tidak perlu diragukan lagi, karena terletak di atas bukit sehingga dapat melihat pemandangan gunung-gunung. Tempatnya yang sangat eksotis berhasil membuat beberapa pengunjung betah berlama-lama di sana.

Rute yang dapat ditempuh menuju alun-alun ini juga terbilang cukup mudah diakses. Berikut ini beberapa rute perjalanannya:

     Bandung – Banjaran – Pangalengan – Talegong.

     Garut Kota – Bandung – Pangalengan – Talegong.

     Garut Selatan – Bungbulang – Sukarame – Cisewu – Talegong.

Di alun-alun, wisatawan dapat berfoto-foto sepuasnya dengan background pemandangan sekitar, ditambah ikon Gong yang juga bisa dijadikan objek foto. Tempatnya yang luas dapat dijadikan tempat piknik bersama teman atau keluarga.

Pesona Ikon Gong Besar

Gong merupakan alat musik tradisional Sunda, Jawa Barat. Cara memainkannya adalah dengan dipukul. Hanya dengan satu pukulan dengan sebuah alat pemukul, gong akan menghasilkan suara yang menggelegar.

Gong ini umumnya dipakai di suatu hajatan atau acara kebudayaan Sunda. Setiap musik yang mengiringi acara pergelaran wayang, Sunda klasik, pencak silat, dan acara kebudayaan lainnya, gong ini sangat dibutuhkan keberadaannya.

Nah, Gong ini menjadi ciri khas dari alun-alun Kecamatan Talegong, terdapat ikon gong yang besar sebanyak 2 buah berwarna kuning emas. Di sana juga terdapat tiang-tiang besar yang tinggi, mungkin kurang lebih sepanjang 4 meter.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Seperti alun-alun pada umumnya, alun-alun Talegong tidak memasang harga tiket masuk (HTM) alias gratis. Tempat tersebut bebas dikunjungi oleh siapa saja, semua orang dapat menikmati keindahan alun-alun tersebut.

Namun, ketika weekend dan libur panjang, harga tiket masuk alun-alun dikenakan untuk biaya parkir.  Hanya sekitar 2-5 ribu rupiah saja, pengunjung sudah dapat masuk dan menikmati panorama yang tersedia di sekitar alun-alun.

Biaya parkir tersebut diadakan dengan tujuan untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan kenyamanan alun-alun. Meskipun begitu, tidak dijadikan sebagai alasan pengunjung untuk membuang sampah sembarangan, karena tempatnya juga sudah disediakan tempat sampah.

Kebersihan fasilitas umum seperti alun-alun dapat dijaga bersama-sama oleh penduduk, pengunjung, bahkan pemerintah setempat. Tempat yang bersih juga menjadi nilai plus yang dapat menarik pengunjung datang.

Itulah penjelasan informasi mengenai alun-alun Talegong, Garut, Jawa Barat. Alun-alun ini dapat dijadikan pilihan tempat wisata bersama keluarga atau teman karena tempatnya yang sejuk dan pemandangannya indah.

 

 



Posting Komentar