Berkenalan dengan Pantai Karang Tepas, Pesona Alam Garut yang Tersembunyi

Daftar Isi

 

Pantai Karang Tepas

SunjaIDPantai Karang Tepas, apa itu? Bagi wisatawan biasa, tentu nama pantai ini akan terasa asing di telinga. Bahkan, baru pertama kali mendengar pantai karang tepas. Namun, bagi para traveler nama pantai karang tepas wajib sekali dikunjungi karena keindahan alam yang memukau. Lalu, apa sih sebenarnya pantai karang tepas itu? Dimana letak lokasinya?

Pantai merupakan salah satu tempat wisata alam yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain keindahan alamnya, pantai juga menjadi tempat yang cocok untuk menghilangkan stress. Apalagi, Indonesia merupakan negara maritim yang mempunyai wilayah perairan atau lautan cukup luas dari pelosok negeri.

Hal itu menyebabkan Indonesia mempunyai wilayah perairan lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratan. Tidak akan habisnya ketika membahas wilayah perairan di Indonesia. Kondisi ini juga menjadikan Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah dari sabang sampai merauke, salah satunya yaitu Pantai Karang Tepas.

Pantai Karang Tepas

Pantai karang tepas merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sama seperti pantai lainnya, pantai karang tepas mempunyai keindahan alam yang unik dan selalu membuat pengunjung merasa nyaman hingga ingin kembali lagi. Bahkan, pantai ini disebut sebagai hidden gem yang mana letaknya di pelosok negeri dengan panorama yang memukau.

Keunikannya pun dapat dilihat melalui namanya, yaitu Karang Tepas yang mana menjadi salah satu pantai dengan sekelilingnya terdapat karang indah nan mempesona. Pantai karang tepas juga mempunyai keindahan alam yang nampak dari air pantai berwarna biru kehijauan. Sangat menarik bagi wisatawan yang datang, baik sekedar untuk menikmati air atau mengabadikan momen bersama orang tersayang.

Selain itu, pantai karang tepas menjadi daya tarik tersendiri karena menjadi salah satu pantai yang mempunyai pemandangan sunset maupun sunrise paling indah di Garut, Jawa Barat. Ketika wisatawan berkunjung di sini ketika sore hari atau pagi hari akan disuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang luar biasa cantiknya.

Bahkan, para wisatawan yang hobi memancing akan dimanjakan ketika berkunjung kesini. Sebab, pantai karang tepas memperbolehkan wisatawan untuk memancing di sini, namun tetap ada batasan dan ketentuan yang berlaku agar ekosistem laut tetap terjaga. Apalagi, di pantai karang tepas terdapat gua yang berjarak kurang lebih 500m. Gua ini tidak terlalu besar, tetapi bisa digunakan wisatawan yang memancing untuk berteduh. Di sisi kanan dan kiri dari pantai karang tepas ini terdapat tebing yang menjadi sarang burung walet.

Sayangnya, pantai karang tepas yang  menjadi salah satu hidden gem di Garut belum banyak masyarakat yang mengenal. Padahal, keindahan alam pantai ini sangatlah luar biasa. Namun, agar kelestarian alam di pantai karang tepas masih terjaga bagi wisatawan yang berkunjung harus turut andil untuk menjaganya.

Hal ini dikarenakan, air pantai karang tepas masih sangat terjaga, bersih, asri, dan tidak ada sampah. Itulah sebabnya kenapa pantai karang tepas banyak dicari oleh para traveler. Pantai asri yang wajib dikunjungi ketika liburan tiba. Pantai ini juga bisa dijadikan spot foto yang instagramable bagi para wisatawan yang suka membuat konten untuk di upload di sosial media, seperti instagram dan tiktok.

Kenapa Harus Berkunjung ke Pantai Karang Tepas?

Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa kita harus berkunjung ke pantai karang tepas? Padahal, pantai yang lain pun banyak dan tentunya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Namun, bagi kamu yang suka traveling atau ingin menghilangkan rasa stress dan jenuh akibat pekerjaan, wajib untuk berkunjung ke pantai ini.

Selain keindahan yang telah disebutkan di atas, pantai karang tepas mempunyai kelebihan dari pada pantai lainnya di Garut. Kelebihan tersebut adalah ketika berkunjung ke pantai karang tepas, para wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Artinya, gratis bagi wisatawan yang mau menikmati keindahan alam pantai ini.

Meskipun begitu, agar kendaraan kita tetap aman sebaiknya membayar parkir kepada petugas disana. Untuk harganya tidak ada patokan yang disebutkan, alias terserah wisatawan akan memberikan iuran parkir berapapun. Namun, untuk yang membayar iuran parkir harganya pun cukup murah, untuk motor wisatawan hanya perlu membayar 3 ribu dan mobil 5 ribu saja. Dengan harga yang murah, wisatawan bisa menikmati keindahan alam pantai karang tepas sepuasnya.

Selain itu, karena pantai karang tepas belum banyak dikenal masyarakat luas kamu bisa menikmati keindahan pantai ini seperti private beach. Kenapa demikian? Karena jumlah wisatawan cenderung sedikit akan membuat kamu lebih leluasa untuk menikmati dan mengabadikan momen bersama orang tersayang di pantai karang tepas.

Namun, sebaiknya untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai karang tepas sudah menyediakan makanan dan minuman dari rumah. Hal ini dikarenakan tidak ada pedagang di sekitar lokasi pantai.

Akses Menuju Pantai Karang Tepas

Pantai karang tepas memang berada di pelosok Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk sampai di lokasi, wisatawan harus rela menempuh jarak cukup jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai karang tepas harus meminta bantuan google maps agar tidak tersesat. Meskipun pada akhirnya jaringan ponsel sedikit bermasalah ketika sudah akan sampai di lokasi.

Kondisi tersebut sudah biasa terjadi ketika berkunjung ke pelosok-pelosok negeri. Tidak hanya di pantai Garut Selatan saja, namun ketika berkunjung ke pantai manapun mayoritas jaringan ponsel akan mengalami sedikit masalah.

Namun, akses menuju pantai karang tepas tidak terdapat penanda jalan, papan informasi, hingga tidak ada plang pintu masuk. Akan tetapi, tanda yang bisa dijadikan patokan bagi wisatawan untuk berkunjung ke pantai karang tepas adalah ketika sudah menemukan perkebunan kelapa sawit yang cukup luas. Tandanya, wisatawan sudah dekat dengan pantai kerang tepas. Bisa dibilang, untuk menuju ke pantai karang tepas hanya bermodalkan nekat karena ingin melihat “Keindahan Pantai Garut Selatan”.

Untuk menuju ke lokasi pantai, wisatawan yang menggunakan mobil harus menyusuri jalan setapak mengikuti arah yang telah tersedia. Namun, untuk kendaraan bermotor masih bisa masuk meskipun jalanan cukup sempit. Oleh karena itu, tergantung pengguna kendaraan bermotor akan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau tetap menggunakan motornya.

Meskipun begitu, tentu wisatawan tidak akan kecewa ketika sampai di pantai karang tepas. Sesampainya di pantai karang tepas, para wisatawan akan disuguhi secara langsung keindahan tebing-tebingnya yang diterjang oleh ombak pantai.

Pantai karang tepas merupakan salah satu hidden gem yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan pesona keindahan alam yang luar biasa. Pantai ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikan dan tentunya berbeda dengan pantai lainnya. Pantai karang tepas menjadi pantai yang masih asri, bersih, dan tanpa sampah di Garut selatan.

Posting Komentar