Bukit Teletubbies Sayang Heulang untuk Berwisata

Daftar Isi

 

Bukit Teletubbies Sayang Heulang

SunjaIDObjek wisata Taman Teletubbies Sayang Heulang Garut kini menjadi salah satu destinasi wisata dan primadona di Kabupaten Garut. Panorama serta keindahannya sangat memukau dan memanjakan mata.

Di sini, pengunjung akan disuguhkan panorama alam berupa padang rumput hijau yang luas, serta memberikan kesejukan antara perpaduan deburan ombak dan semilir angin di pantai selatan.

Taman Teletubbies Sayang Heulang

Objek wisata yang terletak di Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut ini, makin ramai dikunjungi oleh masyarakat, terutama di musim liburan. Sejak disulap menjadi destinasi wisata, banyak pengunjung yang datang dari Garut maupun luar Garut, untuk menikmati pesona alam di sini.

Sebelum menjadi objek wisata, lokasi ini dulunya merupakan area lahan pertanian dengan luas kurang lebih 1 hektare. Melihat potensi yang ada, lantaran mempunyai pemandangan serta pesona alamnya yang luar biasa, pemerintah setempat akhirnya menjadikan area ini sebagai objek wisata alam yang menakjubkan.

Nama Teletubbies diambil, lantaran bentangan bukit di sini mirip dengan latar dalam serial anak-anak Teletubbies, yang populer di tahun 2000-an. Karena itulah, Bukit Teletubbies dijadikan nama destinasi wisata di sini. Selain itu, masyarakat juga menyebutnya sebagai Bukit Pogor.

Daya Tarik Taman Teletubbies Sayang Heulang

Tidak bisa dipungkiri jika wilayah Garut Jawa Barat mempunyai pesona wisata yang berhasil memikat hati para wisatawan. Garut selalu memberikan keindahan alam yang tiada habisnya. Taman Teletubbies Sayang Heulang adalah salah satu keindahan alam yang terletak di Garut Selatan.

Ketika kalian berwisata ke daerah perbukitan, tidak bisa dipungkiri kalau pemandangannya sangatlah indah, dengan awan yang bercampur dengan birunya langit serta di sebelah selatan tampak pula deburan ombak di laut bersama keindahannya. Kalian juga sekaligus dapat menyaksikan secara langsung pemandangan gunung yang berderetan. Pemandangan ini akan kalian nikmati ketika menginjakkan kaki di pucak bukit Teletubbies tersebut.

Ketika kalian sampai di lokasi wisata ini, mata kalian akan langsung dimanjakan dengan pesona pemandangan rumput hijau manis yang eksotis serta deretan bukit-bukit yang menjulang. Apalagi kalau kalian pernah mengunjungi Wisata Garut Ngamplang, pemandangan di Taman Teletubbies ini hampir sama. Meskipun begitu, objek wisata alam yang terletak di Garut Selatan ini lebih mengagumkan.

Titik kepuasan akan benar-benar kalian rasakan ketika sudah berada di lokasi puncak bukit. Mata kalian mungkin tidak akan terhenti ketika melihat suguhan lukisan yang tiada duanya ini. Kalian akan sangat betah jika berlama-lama di sini.

Ketika kalian sudah berada di puncak, kalian akan melihat pemandangan deretan gunung-gunung dengan sekumpulan formasi awan yang bercampur dengan birunya langit. Selain itu, terlihat di sebelah selatan pemandangan Laut Selatan yang mengayunkan ombak bersama keindahanya. Di tempat ini juga, kalian bisa menikmati indahanya matahari terbit atau sunrise dan juga matahari terbenam atau sunset. Pemandangan ini sangat langka bisa kalian temukan.

Di sini, kalian bisa berfoto selfie dengan latar belakang keindahan alam hamparan bukit. Pastinya ini akan menjadi momen yang sangat pas dan tak terlupakan buat kalian. Apalagi kalau kalian membawa pasangan kekasih ke tempat ini, akan memberikan kesan romantis bagi para pasangan muda-mudi.

Rute Menuju Taman Teletubbies Sayang Heulang

Untuk menuju ke lokasi yang sangat indah di Garut Selatan ini, tidaklah sulit. Kalau kalian yang berasal dari wilayah Bandung, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengambil rute Bandung, Banjaran, Pangalengan, Cisewu, lalu ke selatan menuju Pantai Rancabuaya, Pantai Cicalobak, Sayang Heulang dan kemudian tiba di Taman Teletubies.

Sementara jika kalian yang dari Garut, bisa mengambil rute dari Garut menuju Cikajang, lalu langsung masuk ke daerah Pameungpeuk, hingga tiba di Taman Teletubbies.

Untuk menuju ke pantai Sayang Heulang, mempunyai jarak sekitar 89 kilometer dari Kota Garut, dengan waktu tempuh selama 3 jam atau lebih. Ketika kalian memulai start dari Kota Garut, kalian bisa mengambil rute dari arah Cikajang hingga Desa Mancagahar. Rute ini adalah yang paling mudah buat kalian lalui.

Apabila kalian sudah berada di sekitar kawasan Pantai Sayang Heulang, kalian dapat mengambil jalur utara atau jalur kiri, lalu ikuti terus jalur tersebut. Kalau kalian mengikuti jalur kiri, maka untuk bisa sampai ke Bukit Pogor, kalian akan melewati sebuah perkampungan. Dari lokasi perkampungan tersebut, lokasinya hanya beberapa meter saja, kalian sudah bisa sampai di bukit tersebut.

Meskipun begitu, apabila kalian merasa kebingungan, terutama ketika sudah tiba di pantai, alangkah baiknya mengecek rute melalui GPS atau bisa bertanya kepada masyarakat sekitar, supaya kalian tidak tersesat dan membuang-buang waktu di perjalanan.

Jika kalian berpikir rute ini hanya bisa menggunakan sepeda motor atau mobil saja, itu salah besar. Rute menuju Taman Teletubbies Sayang Heulang ini juga ternyata bisa dilewati oleh minibus. Adapun rute yang bisa kalian ambil dengan menggunakan mini bus, adalah dengan menaiki travel jurusan Bandung-Pameungpeuk. Nantinya, kalian akan melewati Bali- Naringgul lalu menuju Cidaun. Setelah itu, kalian akan melewati pantai Rancabuayana sebelum akhirnya tiba di lokasi.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional

Jika kalian berpikir jika masuk ke objek wisata ini dibanderol dengan harga tiket mahal, kalian salah besar. Harga tiket masuk untuk bisa menikmati kawasan wisata di Taman Teletubbies ini, hanya Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per-orang saja.

Apabila kalian membawa kendaraan pribadi, maka dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Adapun untuk jam operasional, objek wisata ini dibuka selama 24 jam. Sehingga, kalian bisa sepuasnya jika sudah berada di sini, apalagi kalau mau menikmati sunset maupun sunrise.

Harga tiket tersebut sudah termasuk di kawasan pantai Sayang Heulang, Bukit Teletubbies, dan Gumuk Pasir Batu Karang. Cukup murah bukan?Hanya dengan tiket masuk yang cukup murah tersebut, kalian sudah bisa menikmati pemandangan alam bukit dan hamparan Padang rumput yang indah di Taman Teletubbies ini. Bahkan, harga tiket tetap normal meskipun memasuki musim liburan.

Dengan harga yang terjangkau tersebut, maka tidak heran jika Taman Teletubbies Sayang Heulang menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Garut maupun sekitarnya. Tempat ini kerap ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu dari sekitar wilayah Garut maupun luar Garut.

Objek Wisata Lain Di Sekitar Taman Teletubbies Sayang Heulang

Selain Taman Teletubbies Sayang Heulang, di sekitar sini juga kalian bisa menikmati beberapa kawasan wisata lain yang tak kalah indah, seperti Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, dan juga Pantai Rancabuaya. Selain itu, ada juga Gumuk Pasir Tungtung Karang yang menawarkan pesona seperti di gurun pasir.

Itulah ulasan mengenai objek wisata Taman Teletubbies Sayang Heulang yang terletak di Kabupaten Garut. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan buat kalian yang mau memilih berlibur ke sana. Sehingga, kalian bisa mempunyai gambaran yang jelas bagaimana keadaan di sana.

Posting Komentar