Daya Tarik Pantai Sancang Garut, Wisatawan Wajib Tahu!

Daftar Isi

 

Pantai Sancang Garut

SunjaIDMenghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi pantai memang menjadi salah satu pilihan yang tidak akan mengecewakan. Terlebih bagi Anda yang berada di kota Garut, memilih Pantai Sancang sebagai destinasi wisata adalah keputusan yang tepat.

Sancang adalah pantai yang memiliki banyak daya tarik dan cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Keindahan pantai yang masih alami karena sangat dijaga kelestariannya membuat siapa pun betah berlama-lama berada di pantai ini.

Apalagi di tengah bisingnya aktivitas perkotaan mungkin membuat Anda ingin menepi sejenak menikmati pemandangan alam yang syahdu. Namun, pastikan Anda juga melakukan persiapan yang matang agar rencana liburan bisa padat maksimal. Persiapan di sini bisa berupa bekal dan perencaan agenda saat sampai di tempat wisata.

Daya Tarik Pantai Sancang Untuk Hiasi Liburan Anda!

Bicara mengenai Sancang, pasti tidak akan lepas dari yang namanya daya tarik. Pasalnya, pantai di tengah kota Garut ini menjadi salah satu destinasi wisata yang membawa nama Garut dikenal banyak wisatawan. Hal ini tentu karena daya tarik pantainya yang memikat. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut!

Pesona Pantai yang Eksotis

Saat mengunjungi pantai semua wisatawatan tentu ingin mendapatkan pemandangan yang terbaik. Pemandangan yang dapat membuat mereka melupakan sejenak lelahnya aktivitas yang rutin dijalani. Secara statistik, jumlah pengunjung pantai ini memang belum terlalu banyak. Ini pula yang kemudian membuat Sancang terasa begitu alami dan masih sangat asri.

Desir ombak yang tak terlalu kencang ditambah angin sejuk akan semakin menghanyutkan para pengunjung untuk menikmati pesonanya. Apalagi sepanjang mata memandang Anda akan dimanjakan dengan kondisi pantai yang sangat bersih. Tak ada satupun sampah yang tertinggal.

Leuweung Sancang

Sancang Garut merupakan bagian dari cagar alam berupa hutan, laut, dan sungai yang dimiliki oleh kota ini. Leuweung sendiri artinya lautan. Sancang sebagai bagian dari cagar alam membuatnya menjadi wilayah yang eksotis. Hutan yang rimbun membuat para pengunjung bisa menghirup udara asri yang sangat menyehatkan.

Biasanya, kebanyakan wisatawan memanfaatkan hutan Sancang sebagai area menjelajah. Tak jarang pula ada yang memasang tikar dan membuatnya seolah-olah menjadi media piknik. Yang jelas, dengan lahan hutan yang cukup luas tetapi tidak menakutkan menjadikan pantai ini makin estetik dan bisa dimanfaatkan untuk membuat video yang indah.

Secara spesifik, hutan yang berada di pantai ini adalah kumpulan pohon mangrove yang berfungsi menjaga air laut agar tidak naik terlalu jauh ke daratan. Maka tak heran bila keberadaan pohon mangrove ini sangat dekat dengan kawasan bibir pantai.

Hutan Dataran Rendah

Sesuai dengan namanya, hutan yang dimiliki oleh pantai ini berada di daerah dataran rendah atau sangat dekat dengan Kawasan air laut. Tidak hanya pohon mangrove saja, ada banyak jenis pepohonan lain yang juga menghiasi area sekitar bibir pantai.

Menariknya, para pengunjung bisa mengadakan piknik atau menggelar tikar di area tersebut karena pasti akan sangat rindang dan sejuk. Bahkan meskipun panas terik matahari di siang hari menyambar, para pengunjung bisa tetap terlindungi dan tak perlu merasa khawatir.

Cerita Mistis sebagai Bentuk Kearifan Lokal

Tak hanya indah sebagai tempat wisata secara tampilan fisiknya saja, pantai satu ini juga menyimpan cerita mistis sebagai bentuk kearifan lokal. Menurut kepercayaan masyarakat di sekitar wilayah pantai, dulunya hutan Sancang merupakan tempat hilangnya Prabu Siliwangi. Beliau adalah raja kerajaan Pajajaran yang fenomenal kiprahnya.

Diceritakan bahwa terjadi sebuah pertikaian antara Prabu Siliwangi dengan putranya, yakni Raden Kian Santang. Lalu, pergilah Prabu Siliwangi ke daerah Leuweung Sancang bersama para pengikutnya. Sesampainya di sana, Prabu Siliwangi berubah menjadi macan putih dan para pengikutnya menjadi harimau. Tak jarang mencuat beberapa cerita dari pengunjung yang katanya sempat melihat wujud macan dan harimau.

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Sancang

Setelah mengetahui berbagai daya tariknya, mungkin Anda butuh ide untuk bisa melakukan berbagai aktivitas seru di pantai ini. Sebenarnya, layaknya di pantai-pantai lainnya, Anda bisa mengekspresikan diri dengan berbuat segala hal yang menyenangkan. Asalkan tidak ada unsur merusak lingkungan dan semuanya tetap sopan terjaga. Berikut ini adalah beberapa ragam aktivitas yang bisa dilakukan.

Menikmati Keindahan Pantai

Duduk manis di bibir pantai sambil memandangi hampara pantai yang luas mungkin sudah menjadi aktivitas yang sangat seru dan bermakna bagi Anda. Apalagi jika datang bersama dengan orang tercinta, duduk sambil mengobrol tentang banyak hal akan menjadi kondisi yang sangat menarik.

Terpaan angin sepoi yang terus mengalir akan membuat suasana obrolan Anda menjadi layaknya café pinggir pantai. Jangan lupa bawa juga minuman favorit dan beberapa makanan ringan agar ngobrol jadi betah lebih lama.

Bermain Pasir

Aktivitas bermain pasir tidak hanya diperuntukkan bagi anak kecil. Orang-orang dewasa juga boleh melakukannya. Termasuk saat berada di pantai ini. Hamparan pasir yang bersih bisa menjadi salah satu wahana bermain bagi Anda.

Anda bisa membuat bentuk-bentuk unik dari tumpukan pasir atau bahkan menuliskan nama-nama orang spesial menggunakan kayu. Lalu jangan lupa unggah hasil karya tersebut ke media sosial untuk mengabadikan momen.

Memancing

Tak hanya menikmati indahnya pantai, para pengunjung juga bisa mencicipi aktivitas memancing di pantai ini. Biasanya para bapak-bapak lah yang akan semangat. Namun, tidak ada salahnya juga bagi para ibu atau anak-anak untuk mencobanya pula.

Pastikan Anda membawa sendiri alat pancing dari rumah karena pihak pantai memang tidak menyediakannya. Nantinya Anda bisa melakukan aktivitas ini di bagian muara yang terletak di selatan pantai. Airnya jernih dan berkarang. Di sana banyak sekali ikan dengan berbagai jenis.

Snorkling

Jika sudah bosan dengan beberapa aktivitas sebelumnya, Anda masih bisa mencoba satu lagi aktivitas seru yang berada di pantai ini, yakni snorkling. Keberadaan terumbu karang yang terbilang sedikit menjadikan aktivitas snorkling menjadi tak terganggu. Bahkan para pengunjung juga bisa sekalian melakukan diving dan menikmati keindahan dalam pantai yang menakjubkan.

Tidak perlu merasa takut karena tingkat kedalaman pantai cukup aman digunakan dalam aktivitas ini. Yang terpenting Anda harus memastikan bahwa memiliki kemampuan berenang yang handal dan tidak fobia terhadap dasar laut.

Itulah beberapa daya tarik beserta aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke pantai satu ini. Selain itu ada pula beberapa fasilitas umum yang bisa Anda temukan seperti tempat parkir, musola, toilet, warung, dan juga spot foto estetik yang sangat menarik.

Dengan segala keindahan dan fasilitas yang ada, tidak heran bila Pantai Sancang ini kerap menjadi rujukan oleh para masyarakat sekitar. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, Anda bisa bebas memandangi hamparan lautan luas yang dikelilingi dengan berbagai keindahan. Agar makin berkesan, jangan lupa mengajak orang-orang tercinta untuk menghabiskan momen liburan bersama Anda.

Posting Komentar