Minggu, 14 Mei 2023

Mengenal Gantole Cililin, Bukit Wisata yang Wajib Dikunjung Pencinta Kegiatan Outdoor

 

Bukit Gantole Cililin

SunjaID - Bandung memang menawarkan banyak sekali kawasan wisata yang seru dan menarik. Gantole Cililin dapat dikunjungi ingin menikmati outdoor. Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas seperti spot foto, arena untuk paralayang hingga camping ground.

Akses ke Bukit Gantole juga tidak sulit dan bisa dituju lewat jalur alternatif. Hal ini karena bukit ini masih terletak di kawasan yang sama dengan tempat wisata lain. Berikut ini informasi mengenai Bukit Gantole yang perlu diketahui.

Fasilitas di Gantole Cililin

Bukit wisata terletak di ketinggian 1.630 mdpl yang menawarkan pemandang alam yang memukai dengan beragam wahana serta spot foto. Berikut ini fasilitas yang ditawarkan di Bukit Gantole, antara lain:

1. Arena Paralayang

Gantole Cililin seringkali dijadikan lokasi acara nasional untuk paralayang seperti Porda Jawa Barat, PON, dan lainnya. Tempat wisata ini sebenarnya sudah ada dari 2010, namun semakin populer setelah penyelenggaraan PON 2016.

Alasannya lokasi wisata ada di atas perbukitan yang ideal untuk kegiatan paralayang. Pengunjung juga bisa mencoba paralayang dengan bantuan guide serta peralatan yang lengkap. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif jika ingin melihat pemandangan dari ketinggian.

2. Spot Foto

Bukit Gantole juge memiliki banyak sekali spot foto yang Instagramable. Pengunjung bisa mencoba beberapa spot seperti sky tree, pines hammock, jembatan dan saung bambu. Untuk berfoto di spot tersebut, pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp5.000.

3. Camping Ground

Tempat wisata ini juga menyediakan camping ground maupun kegiatan outdoor lain seperti bersepeda. Pengunjung bisa membawa peralatan camping atau hammock milik pribadi maupun menyewa pada pihak pengelola.

Pengunjung bisa menggunakan fasilitas toilet dan mushola yang bersih dan cukup luas. Tersedia pula kios yang menjual berbagai minuman dan makanan jika pengunjung tidak ingin membawa bekal dari rumah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk berlibur di Bukit Gantole, pengunjung tidak dikenai tarif masuk atau gratis. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp5.000 jika ingin berfoto di spot tertentu. Selain itu, ada biaya parkir sebesar Rp2.000-Rp5.000 untuk mobil dan motor.

Tempat wisata mulai beroperasi dari pukul 06.00 pagi sampai dengan 18.00 petang. Namun, kawasan ini tetap buka selama 24 jam bagi pengunjung yang melakukan camping. Tentu pengunjung harus mengikuti aturan dari pengelola.

Lokasi dan Rute ke Gantole Cililin

Bukit Gantole terletak di sekitar Desa Singajaya, Cihampelas, Bandung. Tempat wisata ini masih berada dalam satu kawasan Hutan Pinus Panunjang. Lokasinya juga cukup mudah diakses karena banya penunjuk jalan dan medannya juga tidak berat.

Pengunjung bisa mengunjunginya lewat jalur alternatif melalui Cimamere menuju Batujajar dan langsung ke Cihampelas. Pengunjung juga bisa mengecek rute di Maps agar lebih jelas.

Demikian ulasan mengenai Gantole Cililin yang bisa dijadikan rekomendasi. Tempat wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai kegiatan outdoor seperti camping, bersepeda maupun paralayang. Selain itu, HTM yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

 

Related Posts