Mengenal Kawah Rengganis Ciwidey, Salah Satu Opsi Pemandian Air Panas Murah di Bandung

Daftar Isi

 

Kawah Rengganis Ciwidey

SunjaID - Menjadi salah satu destinasi wisata pemandian air panas di daerah Bandung, tentu Kawah Rengganis Ciwidey cukup populer di masyarakat.. Dulunya bernama Kawah Cibuni yang berlokasi di kawasan Glamping Lakeside Rancabali, Kabupaten Bandung.

Arahkanlah kendaraan menuju ke perkebunan teh milik PTPN VIII untuk menuju Kawah Rengganis, lokasinya terdapat di tengah-tengah perkebunannya. Kendaraan bisa diparkirkan di kawasan Glamping Lakeside, dan nantinya kawah berjarak sekitar 5 menit dari tempat parkir.

Harga dan Spot-spot Wisata di Kawah Rengganis

Karena letaknya masih termasuk dalam kawasan Glamping Lakeside, harga tiket yang berlaku berbeda-beda. Jika ingin ke Kawah Rengganisnya saja, tiketnya hanya Rp 15.000/orang. Namun, jika ingin pergi ke Suspension Bridge+Kawah Rengganis, tiketnya Rp 70.000.

Apabila ingin mencoba semua wahana Glamping Lakeside, serta pergi ke situ Patenggang, Kawah Rengganis dan Suspension Bridge, tiketnya Rp 100.000. Lalu, jika pergi ke Kawah Rengganis saja, spot-spot wisata apa sajakah yang bisa dinikmati pengunjung?

     Mini waterfall. Air terjun yang kondisinya tidak begitu tinggi ini membuat pemandangan di kawah Rengganis menjadi lebih menarik. Sambil menikmati pemandangan, pengunjung dapat melakukan relaksasi kaki di air panas yang kedalaman kolamnya bisa dibilang dangkal.

     Kolam rendam berbentuk hati. Di dalam kolam yang bersuhu panas ini, pengunjung bisa melakukan kegiatan berendam untuk relaksasi tubuh. Namun, karena kolam air panas ini mengandung sulfur dan bersuhu panas, jangan berendam terlalu lama ya!

     Jembatan belerang. Selain sebagai alat bantu penyebrangan untuk menghindari belerang, jembatan ini menjadi spot foto favorit dari pengunjung Kawah Rengganis Ciwidey. Spot ini mempunyai landscape eksotis, karena memiliki latar asap yang keluar dari mata air.

     Batu berasap. Spot ini kental dengan cerita sejarah pembentukannya. Konon, batu berasap ini terbentuk akibat letusan Gunung Sunda pada jutaan tahun lalu. Setelah letusan, asap yang dikeluarkan oleh batu-batu di sana abadi dan tidak menghilang.

Fasilitas Lain yang Bisa Didapatkan

Kawah Rengganis dapat dikunjungi setiap harinya dari pukul 06.00-18.00 WIB. Guna menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum. Jangan khawatir, fasilitas umum ini nyaman untuk digunakan. Berikut daftar fasilitas umum yang tersedia:

     Area Foodcourt. Pengunjung bisa memilih untuk makan makanan seperti gorengan, nasi, mie instan, ataupun minum minuman di warung-warung kecil. Namun, jika ingin makan di restoran, di kawasan sekitar Kawah Rengganis terdapat Restoran bernama Kirana Resto.

     Toilet dan kamar mandi. Pengunjung bisa membersihkan diri setelah berendam. Jika ingin buang air kecil ataupun besar, tersedia juga toilet.

     Mushola yang bersih. Untuk pengunjung muslim, tersedia juga mushola yang bersih. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir meninggalkan shalat saat sedang berlibur di Kawah Rengganis.

     Area parkir. Untuk yang membawa kendaraan, jangan khawatir. Sebab, area parkir kawasan wisata Kawah Rengganis ini cukup luas untuk menampung banyak kendaraan.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai Kawah Rengganis Ciwidey. Kawasan kawah ini terbilang cukup direkomendasikan, terutama untuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam sembari melakukan relaksasi dengan berendam air panas. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

 

Posting Komentar