Mengenal RSUD Soreang Lama, Sempat Viral dan Wajib Diketahui!

Daftar Isi

 

RSUD Soreang Lama

SunjaID - Kejadian mistis di RS memang bukan sebuah hal yang jarang ditemui, salah satu yang sempat menarik perhatian terjadi di Bandung. RSUD Soreang Lama memang berbeda kondisinya dari RS lain yang ada di Bandung.

Karena beberapa hal, RS ini tidak lagi digunakan sebagai tempat untuk penanganan kesehatan seperti seharusnya. Tetapi, belum lama ini terjadi hal unik di RSUD tersebut, dimana peristiwa tersebut menjadi pembahasan di berbagai platform.

Sejarah RSUD Soreang

Sejarah tentang RSUD Soreang Lama tentu akan menjadi sebuah bahasan yang cukup menarik. Sebab, hal ini bisa menjadi pengetahuan tambahan yang akan menjadikan seseorang semakin berwawasan luas.

Rumah sakit ini pada awalnya adalah sebuah Puskesmas DPT yang sudah ada sejak lama. Kemudian dilakukan pengembangan sesuai dengan surat keputusan khusus dari Bupati Bandung di tahun 1996.

Tahun dilakukannya pengembangan ini juga kemudian disebut sebagai tahun berdirinya rumah sakit. Puskesmas DTP Soreang tersebut pun berubah sebutan menjadi RS daerah Soreang, perubahan lainnya yaitu :

     Luas tanah yang dimiliki tadinya hanya 5.097 m2 kemudian meluas dan bertambah menjadi 7.398 m2.

     Status fasilitas kesehatan tersebut tadinya ada di kelas D lalu berubah menjadi kelas C.

Kejadian Mistis yang Viral

RSUD yang ada di Soreang ini sempat menjadi pembicaran ramai karena satu kejadian unik yang cukup seram. Kejadiannya dialami oleh suami istri yang datang ke RSUD tersebut pada tahun 2022 lalu, berikut urutan kejadiannya :

     Awal kejadiannya yaitu saat JK membawa sang istri yang berinisial WD ke luar rumah karena merasa akan melahirkan.

     Kemudian JK membawa istrinya ke RSUD Soreang karena RS tersebutlah yang pertama kali dijangkau dalam perjalanan. Menurut JK saat itu rumah sakit terlihat banyak pengunjung seperti RS pada umumnya.

     Keesokan paginya, JK membeli gorengan untuk dimakan bersama WD.

     Tukang gorengan yang melihat JK keluar dari bangunan RS kemudian bertanya apakah JK adalah petugas RS.

Dalam hal ini, JK kemudian menjawab bahwa istrinya melahirkan di RS tersebut dan membuat tukang gorengan kaget. Pasalnya, RS yang sudah tutup sejak lama tidak mungkin menerima pasien.

Saat diberitahu mengenai RS yang sebenarnya telah tutup, JK menjadi kaget dan sadar bahwa kejadian tersebut begitu aneh. Apalagi WD mengaku ditangani dengan begitu baik oleh bidan dan juga perawat RS.

Kondisi RSUD Sorean

Berdasarkan informasi dari pihak terkait, RSUD tersebut memang sudah ditutup dari Januari tahun 2022. Penutupan tersebut juga dipastikan adalah penutupan permanen sehingga tidak mungkin ada bidan serta perawat yang bertugas.

Gedung lama tersebut direncanakan untuk dialihfungsikan menjadi tempat pendidikan khusus kesehatan. Alih fungsi tersebut memungkinkan untuk dilaksanakan karena RSUD dipindahkan ke gedung baru.

Itulah sedikit sejarah serta kejadian unik yang sempat membuat RSUD Soreang Lama menjadi pembicaran. Untungnya pasangan tersebut beserta bayi yang telah dilahirkan dalam kondisi sehat dan tidak terjadi hal buruk apapun.

 




Posting Komentar