Minggu, 21 Mei 2023

Pantai Dlodo Menikmati Keindahan Pantai yang Menakjubkan

 

Pantai Dlodo

SunjaID - Pantai Dlodo merupakan salah satu destinasi wisata pilihan yang bisa kalian kunjungi untuk mengisi waktu liburan. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam pantai yang bersih dan indah, serta bisa melepaskan sejenak kepenatan.

Pantai yang terletak di Tulungagung ini bisa menghipnotis para pengunjung, sehingga menjadi betah berlama-lama di sini. Kalian bisa menikmati berbagai macam aktivitas seru di pantai ini, seperti bermain pasir pantainya yang putih bersih, serta berenang di bibir pantai. Kalia pastinya tidak aka melupakan momen indah tersebut saat berada di pantai.

Tentang Pantai Dlodo

Pantai yang beralamat lengkap di Rejosari Kalidawir, Panggungkalak, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur ini, menjelma menjadi primadona bagi para wisatawan, terutama saat mereka berada di Tulungagung.

Pantai ini merupakan salah satu dari deretan pantai selatan Pulau Jawa, sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Meskipun begitu, dengan luasnya area hamparan pasir, maka ombak tersebut terpecah dan menyebar jauh ke darat, sehingga menjadi ombak yang lebih kecil.

Dulunya, pantai ini bagaikan lapangan pasir yang begitu luas. Tempat ini lalu digunakan sebagai penambang pasir besi. Sayangnya, ketika tambang pasir besi tersebut beroperasi, semua pasir yang ada di pantai ini dikeruk. Kemudian, pasir-pasir tersebut dipisahkan antara pasir bijih besi dan pasir kuning.

Sayangnya, pasir kuning yang merupakan limbah dari tambang tersebut dibiarkan begitu saja. Hal tersebut membuat masyarakat setempat berusaha menghentikan secara paksa aktivitas penambangan tersebut. Apalagi, penghentian secara paksa tersebut lantaran penambangan tersebut tidak berkontribusi apapun terhadap daerah sekitar, dan juga perizinannya sudah habis.

Seiring berjalannya waktu, gundukan-gundukan limbah pasir kuning tersebut perlahan-lahan kembali seperti semula. Ombak yang tinggi membuat gundukan pasir ini menjadi kembali rata.

Karena mempunyai keindahan dan keunikannya tersendiri, masyarakat setempat pun menyulap kawasan ini menjadi destinasi wisata dan bernama Pantai Dlodo. Tempat wisata ini kemudian menjadi semakin terkenal dan mulai didatangi oleh para wisatawan karena pemandangannya yang indah.

Pantai ini menawarkan bentangan alam yang indah, dengan hamparan pasir putih yang bersih di seluruh kawasan pantai. Ditambah dengan beningnya air laut yang biru, seakan menyihir mata kalian sehingga dibuat terkesima dan terpukau dengan suasana di sini.

Sebagai tempat wisata pantai, Pantai Dlodo bisa kalian manfaatkan untuk berenang atau mandi di air lautnya yang bersih. Birunya air laut serta bening, bikin kalian merasa tenang saat berenang. Apalagi, ombaknya yang tidak begitu besar, akan semakin nyaman saat berenang.

Meskipun begitu, kalian perlu tetap memperhatikan keselamatan saat berenang di pantai, terutama ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Lebih baik ikuti petunjuk dari pengelola pantai agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di sini, kalian akan dimanjakan oleh berbagai spotnya yang sangat fotogenik. Apabila kalian pecinta fotografi, datang ke sini wajib membawa kamera atau kamera smartphone. Kalian akan terkesima oleh pemandangan alamnya yang sangat indah.

Kalian bisa mengeksplore spot-spot terbaik yang ada di pantai ini. Mengabadikan tiap sudut dari pantai merupakan sebuah hal yang menarik untuk dilakukan. Pastinya hasilnya akan selalu bagus.

Aktivitas lain yang bisa kalian lakukan di pantai ini adalah bermain-main di hamparan pasir putihnya yang bersih. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari pantai yang berada di Tulungagung ini. Kalian akan sangat dibuat betah berlama-lama berada di sini.

Hamparan pasir putihnya membuat kalian ingin bermain-main lebih lama, seperti berguling-guling di atas pasir, membuat istana pasir, berjemur di atas pasir, dan lain-lain.

Keunikan Pantai Dlodo

Pantai Dlodo mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Pasir putih yang menghampar luas ini membuat pemandangan pantai semakin menarik. Siapa sangka jika pantai ini dulunya adalah bekas area penambangan.

Indahnya pemandangan laut, dengan ditemani tiupan angin laut yang sepoi-sepoi, akan bikin suasananya semakin tenang dan nyaman. Hal ini tidak akan kalian temukan di tempat lainnya.

Pantai yang indah ini mempunyai beberapa keunikan. Selain bekas area penambangan, pantai ini terdapat rawa air payau. Rawa ini bisa kalian temui di dekat area Pantai Dlodo.

Keberadaan rawa ini cukup unik, karena masih sangat jarang kalian jumpai di pantai pada umumnya. Rawa ini cukup rindang karena hampir di sepanjang muara ditumbuhi oleh pepohonan hijau. Hal ini akan bikin suasananya semakin tambah alami dan asri.

Keunikan lain yang bisa kalian temukan di pantai ini adalah adanya gumuk pasir atau bukit pasir yang hampir sama seperti gurun pasir. Gumuk pasir ini bahkan hampir sama dengan yang ada di Pantai Parangtritis Yogyakarta.

Kawasan Pantai Dlodo ini mempunyai hamparan pasir yang cukup luas, hingga mencapai 2 kilometer persegi. Uniknya, pasir di pantai ini mempunyai 2 warna, yakni pasir putih dan hitam.

Gundukan pasir pantai yang membentuk bukit ini, menjadi daya tarik tersendiri yang ada di Pantai Dlodo. Kalian seolah-olah berada di sebuah padang pasir, yang dilengkapi dengan gelombang-gelombang pasir yang tertiup angin.

Di sini, kalian bahkan bisa melakukak aktivitas seru, yakni berseluncur dengan menggunakan pelepah daun kelapa. Di sepanjang kawasan pantai ini banyak ditumbuhi pohon kelapa yang bisa kalian jadikan papan seluncuran. Pasti seru ya, apalagi kalian bisa melakukan berbagai gaya secara bebas di gumuk pasir ini.

Disarankan agar kalian datang ke sini ketika musim panas. Karena di saat musim panas atau kemarau, kondisi gumuk pasir ini kering dan bisa kalian gunakan untuk berselancar dengan mudah.

Fasilitas di Pantai Dlodo

Pantai Dlodo merupakan objek wisata yang masih baru. Karena itu, tempat wisata ini masih cukup sepi dari pengunjung. Meskipun begitu, pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung, seperti toilet, rumah makan, dan area parkir.

Rute Menuju ke Pantai Dlodo

Pantai Dlodo yang beralamat di Rejosari Kalidawir, Panggungkalak, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur ini, berada di lokasi yang cukup terpencil. Pantai Dlodo berlokasi sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Tulungagung. Jarak tersebut bisa kalian tempuh dengan perjalanan sekitar 60 menit.

Sayangnya, tidak ada angkutan umum yang bisa kalian gunakan menuju ke lokasi. Jadi, kalian harus membawa kendaraan pribadi untuk bisa tiba di lokasi pantai, seperti kendaraan roda dua maupun roda empat. Apalagi, akses jalanan menuju Pantai Dlodo hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi saja.

Untuk bisa tiba di pantai ini, kalian bisa melewati jalur dari arah Pasar Ngunut. Setelah itu, kalian cukup ikuti saja jalurnya hingga ke Pucanglaban atau Pantai Kedung Tumpang. Setelah itu, kalian ikuti saja papan petunjuk yang sudah disediakan. Kalau masih bingung, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Dlodo

Untuk bisa menikmati keindahan di kawasan Pantai Dlodo, kalian cukup membayar tiket masuk seharga Rp 7.500 saja per orang. Kemudian, harga tiket parkir sebesar Rp 5.000 untuk semua jenis kendaraan.

Dengan harga segitu, kalian sudah bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis di pantai ini. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman, atau kekasih ke sini untuk bersama-sama menikmati indahnya Pantai Dlodo.

Itulah ulasan mengenai Pantai Dlodo yang berada di Tulungagung. Semoga artikel ini bermanfaat kalian yang mencari referensi untuk mengisi liburan ke Pantai Dlodo. Sehingga, kalian akan semakin ingin datang ke sini lagi dan lagi.

Related Posts