Pesona Curug Cihanyawar, Wisata Alam Indah Di Garut

Daftar Isi

 

Curug Cihanyawar

SunjaID - Wisata alam mungkin tidak akan pernah gagal untuk menunjukkan pesonanya. Curug Cihanyawar merupakan salah satu jenis wisata alam yang keindahannya tak akan pernah berhenti untuk memuaskan pengunjungnya.

Lokasi Curug Cihanyawar

Umumnya, air terjun memang memiliki medan yang sulit untuk ditempuh dan lokasi yang cukup terpencil. Begitupun curug ini yang berada di kawasan perkebunan teh dayeuh milik manggung PTP Nusantara VIII.

Lebih Tepatnya curug ini terletak di Desa Sukamumi, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, provinsi Jawa Barat. Air terjun ini berada di area pemukiman warga yang cukup terpencil. Untuk masuk ke area wisata, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 12ribu saja.

Pesona Wisata

Curug dalam bahasa Indonesia artinya adalah air terjun. Jadi, tempat wisata ini menampilkan wisata air terjun yang luar biasa indah. Inilah beberapa pesona curug ini yang bisa dinikmati jika berkunjung ke tempat ini.

1. Pesona Alam Hijau Yang Masih Asri

Curug Cihanyawar merupakan wisata alam yang masih asri. Dikatakan masih asri karena tempat ini masih jauh dari keramaian dan tidak sedikitpun mendapatkan renovasi sentuhan manusia.

Curug ini masih kental dengan lingkungan air terjun yang khas seperti bebatuan yang berlumur, pepohonan yang rindang di sekitarnya, hingga suasana tempat yang membuat air terjun ini terlihat asri dan alami.

2. Kolam Renang Alami

Air terjun ini memiliki kolam yang terhubung dengan derasnya air yang turun. Kolam ini masih alami dan asri karena masih beralaskan bebatuan, tanah, dan beberapa tumbuhan yang ada di pinggir kolam renang ini.

Air dari kolam ini juga memiliki suhu yang dingin dan segar. Pengunjung yang mengunjungi air terjun ini bisa menikmati keindahan air terjun dan kolam alami ini atau bahkan langsung merasakan serunya berenang di kolam ini. 

Jika ingin berenang, pastikan untuk menghindari derasnya air terjun yang turun. Hal ini perlu dilakukan demi keamanan dan keselamatan pengunjung curug yang datang.

3. Air Terjun Utama

Tentunya, spot utama dari Curug satu ini yakni pesona air terjunnya yang indah, air terjun ini memiliki ukuran yang lumayan besar. Selain itu, aliran air yang turun juga sangat deras sehingga pengunjung perlu berhati-hati saat mengunjungi tempat ini.

Tinggi dari air terjun ii sekitar 16 meter. Air yang turun merupakan air dari mata air Cikuray Gunung Cipadaruun. Oleh karena itu, air di tempat ini masih segar hingga memiliki suhu yang cukup rendah.

4. Hamparan Kebun Teh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air terjun ini berada di tengah perkebunan teh yang sangat indah. Pengunjung yang mengunjungi tempat ini bisa menikmati pemandangan indah perkebunan teh.

Tentunya pemandangan teh di sekitar lokasi ini menambah keindahan dari tempat ini. Pengunjung bisa berenang dan bersantai sembari menikmati indahnya kebun teh.

Demikian ulasan tentang Curug Cihanyawar. Sekalipun lokasinya terpencil, tempat ini menyuguhkan wisata alam yang masih asri yang patut untuk dikunjungi.

 

Posting Komentar