Terpesona dengan Keindahan Bunga-Bunga Menakjubkan di Taman Bunga Puncak Kalang, Destinasi Wisata Impian!

Daftar Isi

 

Taman Bunga Puncak Kalang

SunjaID - Taman Bunga Puncak Kalang kini menjadi destinasi wisata alam favorit yang ada di perbatasan Garut Selatan dan Tasikmalaya. Obyek wisata yang terletak di terletak di Kampung Karaha Bodas, Bugel, Kecamatan Karangtengah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat ini, menawarkan pemandangan alam yang indah nan eksotik, dengan penuh nuansa budaya khas Sunda.

Obyek wisata ini menjadi tempat yang pas untuk berlibur bersama keluarga, pasangan kekasih, maupun sahabat-sahabat terbaik yang bisa dikunjungi, terutama saat musim liburan. Dengan dihiasi oleh berbagai jenis tanaman bunga, semakin mempercantik suasana Taman Bunga Puncak Kalang ini dengan pesona alam khas pegunungannya.

Tentang Taman Bunga Puncak Kalang

Kawasan Jawa Barat memang menyimpan segudang pesona alam yang memukau. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi para wisatawan maupun pecinta petualangan, untuk datang menikmati keindahan alam di Jawa Barat. Sehingga, muncullah berbagai tempat wisata yang menawarkan pesona alam yang luar biasa. Salah satunya adalah obyek wisata alam Taman Bunga Puncak Kalang.

Obyek wisata yang terletak di dekat perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Garut ini, bisa dikatakan tergolong masih baru, karena baru dibuka sekitar bulan November tahun 2018 lalu. Meskipun begitu, Taman Bunga Puncak Kalang sudah mampu menarik para wisatawan yang datang, terutama dari sekitar wilayah Garut, Tasikmalaya, dan sekitarnya. Selain itu, obyek wisata ini juga mulai dikunjungi para wisatawan dari luar daerah, seperti Bandung dan Jakarta.

Obyek wisata yang dikelola oleh CV Sugih Sajaya dan Kelompok Tani Hutan (KTH) ini, dibangun di atas tanah seluas 7 hektar. Namun yang baru dikembangkan saat ini baru 1 hektar saja. Sisanya akan dikembangkan lagi oleh pengelola obyek wisata ini ke depannya, supaya tempat ini lebih bisa dimaksimalkan sebagai obyek wisata andalan, terutama di wilayah Garut dan Tasikmalaya.

Di dalam area 1 hektar tersebut, ditanami berbagai tanaman hias dan bunga-bunga yang tertata rapi, sehingga sangat menarik untuk dipandang oleh mata dan indah dilihat. Karena itulah, obyek wisata ini dinamakan Taman Bunga Puncak Kalang, karena memang menonjolkan pesona bunga-bunga yang ditanam di sana.

Bunga-bunga yang bermekaran dan berwarna-warni inilah yang menjadi daya pikat para pengunjung untuk datang ke sana. Lokasinya sangat sejuk dengan di tengah kawasan pegunungan, membuat siapapun akan betah berlama-lama di sana. Obyek wisata ini juga sangat Instagramable di tiap spotnya, sehingga cocok bagi para content creator maupun yang hobi fotografi.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa panorama alam, kesejukan, dan keindahan di Taman Bunga Puncak Kalang memang sangatlah alami dan mempesona. Bentangan panorama alam yang sangat indah, berpadu dengan meriahnya bunga-bunga yang elok di taman ýang menawan, membuatnya terasa seperti di dunia dongeng. Pengunjung tidak mudah dibuat bosan ketika sudah berada di sini.

Taman Bunga Puncak Kalang ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif destinasi wisata pegunungan bagi keluarga maupun kelompok. Dengan berjarak 25 km dari pusat kota Garut, Taman Bunga Puncak Kalang ini akan menyuguhkan pemandangan yang asri dan menyejukkan, dengan luas area sekitar 7 hektar dan area taman bunga 1 hektar, berbagai tamanan hias tertata rapi dan terkesan indah untuk dilihat.

Sarana dan Fasilitas di Taman Bunga Puncak Kalang

Dengan menawarkan pemandangan pegunungan yang asri dan menyejukkan, di obyek wisata Taman Bunga Puncak Kalang juga ditambahi beberapa fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Seperti disediakan bumi perkemahan atau tempat camping. Ini sangat cocok buat kalian yang senang berpetualang ke gunung dan camping, sambil menikmati hamparan bunga-bunga yang indah.

Kemudian, juga ada fasilitas track motor cross buat kalian yang suka memacu adrenalin. Lalu ada track untuk hiking untuk yang senang mendaki, flying fox, dan outbond. Di samping itu, juga disediakan sarana umum seperti WC umum dan tempat ibadah.

Obyek wisata Taman Bunga Puncak Kalang ini ke depannya akan terus dikembangkan dengan dilakukan lenataan dan penambahan sarana prasarana, demi bisa memanjakan wisatawan yang datang berkunjung. Sehingga diharapkan, obyek wisata yang terletak di kaki Gunung Candra Merta ini semakin berkembang pesat dan ramai dikunjungi wisatawan.

Rute Menuju Taman Bunga Puncak Kalang

Taman Bunga Puncak Kalang terletak di kawasan pegunungan, dan berada dekat dengan Gunung Galunggung. Sehingga untuk menuju ke sana, pengunjung harus melewati akses jalan yang berkelok-kelok.

Obyek wisata ini terletak sekitar 25 km dari Kota Garut. Untuk menuju ke sini, wisatawan bisa melalui jalur Karangtengah-Sukawening dan melalui jalur Malangbong Garut menuju arah Desa Kadipaten Tasikmalaya, kemudian ke arah Karaha Bodas. Disarankan agar membawa kendaraan pribadi yang stabil untuk menuju ke obyek wisata ini, lantaran belum ada sarana transportasi umum yang langsung menuju ke tempat wisata.

Meskipun pengunjung harus menempuh jalur yang panjang, naik turun, dan berkelok-kelok membelah pegunungan, namun rasa lelah tersebut cepat terobati ketika sudah tiba di lokasi wisata.

Meskipun begitu, kalian sebagai wisatawan juga perlu mengecek kesiapan kendaraannya juga ketika hendak menuju ke Taman Bunga Puncak Kalang. Mengingat rutenya yang harus melewati jalanan terjal dan berkelok-kelok, dibutuhkan kendaraan yang prima dan fit ketika digunakan. Terutama, pastikan bahan bakarnya cukup untuk dipakai pulang pergi.

Jam Operasional Obyek Wisata Alam Taman Bunga Puncak Kalang

Melansir dari laman di Google, obyek wisata alam Taman Bunga Puncak Kalang ini buka dari pagi jam 08.00 WIB, dan tutup di sore hari jam 18.00 WIB. Meskipun tidak buka selama 24 jam, namun obyek wisata ini buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu.

Sehingga, para wisatawan bisa datang ke sini ketika akhir pekan atau hari libur. Bahkan selama musim liburan juga tetap buka, lantaran adanya kenaikan pengunjung yang datang setiap saat ke sini.

Obyek Wisata Lain Di Sekitar Kawasan Taman Bunga Puncak Kalang

Karena lokasinya yang berada di daerah pegunungan, maka di sekitar kawasan ini bukan hanya ada Taman Bunga Puncak Kalang saja. Di dekat sini juga terdapat obyek wisata Kawah Talaga Bodas Garut. Lokasi ini cukup berdekatan dengan Taman Bunga Puncak Kalang, mengingat kedua obyek wisata ini masih satu kawasan pegunungan, yakni Gunung Talaga Bodas.

Meskipun begitu, wisatawan harus Melawati jalanan berkelok untuk menuju ke kawasan Talaga Bodas dari Taman Bunga Puncak Kalang, baik ke kawahnya maupun ke telaganya, atau sebaliknya.

Selain itu, di sekitar kawasan ini juga terdapat berbagai obyek wisata alam lainnya, seperti Wisata Alam Cipatuh, Curug Oni, Curug Panungtungan, dan lain-lain.

Uniknya, di dekat Taman Bunga Puncak Kalang, terdapat objek vital pembangkit milik Pertamina, yang memanfaatkan tenaga panas bumi. Sehingga, jangan heran apabila sepanjang perjalanan menuju Taman Bunga Puncak Kalang, kerap ditemukan pipa-pipa milik Pertamina.

Itulah ulasan mengenai obyek wisata Taman Bunga Puncak Kalang. Diyakini, tempat wisata ini akan terus berkembang pesat dan ramai dikunjungi para wisatawan, apalagi kalau dibarengi dengan penataan dan penambahan sarana serta prasarana baru. Sehingga nantinya pengunjung akan selalu ingin datang kembali berkali-kali demi menikmati keindahan alamnya.

Posting Komentar