Senin, 30 Oktober 2023

Terpesona dengan Keindahan Curug Cipendok Surga Tersembunyi yang Harus Anda Kunjungi Sekarang!

 

Curug Cipendok

SunjaID - Mau berlibur bareng keluarga? Tapi bingung mau kemana? Coba aja datang ke Curug Cipendok sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Banyumas. Buat kamu yang mau menikmati liburan di alam bersama orang tersayang, Curug Cipendok bisa jadi solusi, loh.

Destinasi wisata Curug Cipendok sangat direkomendasikan oleh masyarakat sekitar untuk sekedar menghabiskan hari libur. Untuk keindahan alamnya, tempat ini tidak perlu diragukan lagi.

Sekilas Mengenal Curug Cipendok

Curug Cipendok merupakan sebuah air terjun yang berada pada ketinggian 92 meter di lereng Gunung Slamet. Perlu diketui, lereng Gunung Slamet terkenal dengan keindahan alamnya.

Curug Cipendok sendiri telah diresmikan pada 27 Februari 1987. Tempat ini berada pada wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) di Banyumas Timur.

Keindahan alam yang masih asri nan alami membuat Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sini. Suasana yang sejuk di tengah-tengah pepohonan yang menjulang tinggi membuat rasa nyaman ketika datang ke Curug Cipendok.

Bahkan, di tempat ini bisa dibilang tidak terlalu ramai karena belum banyak wisatawan yang datang ke sini. Curug Cipendok pun bis dibilang masih menjadi destinasi wisata baru.

Tebing dan pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun ini menambah kesan sejuk dan kesegaran yang alami, sehingga sangat cocok untuk bersantai. Bagi wisatawan yang berkunjung ke sini, dijamin nyaman dengan keindahan alam yang luar biasa.

Sejarah Curug Cipendok

Meskipun masih belum banyak diketahui oleh wisatawan luar, Curug Cipendok mempunyai kisah sejarah yang cukup panjang, sebelum akhirnya diresmikan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekitar.

Sejarah Curug Cipendok masih ada kaitannya dengan Perang Diponegoro antara Pangeran Diponegoro dengan Kolonial Hindia Belanda pada 1825-1830. Perang ini saat itu dimenangkan oleh pihak Belanda yang mana wilayah kerajaan Surakarta berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda, termasuk Banyumas.

Ajibarang, wilayah Banyumas ikut jatuh ke tangan Hindia Belanda. Perlu diketahui, saat itu Ajibarang dipimpin oleh Raden Ranusentika yang kemudian pihak Belanda membuat perintah kepada Raden Ranusentika agar membuka lahan di lereng Gunung Slamet agar bisa dijadikan perkebunan.

Namun, anehnya setiap pohon yang ditebang oleh Raden Ranusentika selalu tumbuh lagi keesokan harinya. Hal ini terjadi hingga kurang lebih delapan bulan lamanya yang membuat Raden Ranusentika bertapa untuk mencari petunjuk.

Sekian lama bertapa, Raden Ranusentika juga tidak mendapatkan petunjuk apapun atas permasalahan tersebut. Setelah itu, sembari mencari jalan keluar, Raden Ranusentika memancing di dekat air terjun di area lereng Gunung Slamet.

Akan tetapi, Raden Ranusentika tidak mendapatkan ikan selama memancing melainkan cincin warangka keris atau pendok. Hal itu membuat Raden Ranusentika penasaran, sehingga mendekati pendok yang akhirnya beliau bisa melihat makhluk halus penghuni hutan belantara tersebut. Makhluk halus itulah yang terus menggagalkan pohon yang ditebang.

Singkat cerita, akhirnya air terjun tempat dimana ditemukan pendok disebut sebagai Curug Cipendok. Hingga saat ini pun, Curug Cipendok masih tetap terjaga alamnya, mulai pepohonan yang menjulang tinggi, lebat, dan hijau terus tumbuh subur disekitar air terjun

Harga Tiket Curug Cipendok

Untuk bisa menikmati keindahan alam dari Curug Cipendok, wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Tiket masuk di Curug Cipendok masih tergolong murah dengan alam yang sangat asri ini.

Berikut ini mengenai harga tiket masuk dan parkir untuk menikmati suasana alam di Curug Cipendok.

·         Tiket weekday : Rp 10.000 per orang

·         Tiket weekend : Rp 12.500 per orang

·         Parkir motor : Rp 2.000 per motor

·         Parkir mobil : Rp 5.000 per mobil

Harga tersebut masih cenderung murah untuk keindahan dan fasilitas luar biasa di Curug Cipendok.

Jam Operasional

Bagi wisatawan yang akan berlibur ke Curug Cipendok untuk jam operasionalnya dibuka setiap hari, mulai dari Senin sampai Minggu. Untuk jam buka, dimulai pada pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

Wisatawan bisa tetap menikmati keindahan alam Curug Cipendok dengan waktu yang cukup lama, bisa dibilang hampir seharian penuh. Suasana sejuk nan asri membuat selalu ingin kembali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa datang ke Curug Cipendok, tentunya wisatawan bisa melewati beberapa rute menuju lokasi. Curug Cipendok tepat terletak di Desa Karangtengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk bisa mengunjungi lokasi Curug Cipendok. Untuk jarak dari pusat kota Purwokerto hanya berkisar 23km saja.

Untuk mencapai Curug Cipendok, Anda harus melewati jalan setapak dan menuruni tangga yang cukup curam. Namun, perjalanan ini akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau di sekitar air terjun.

Fasilitas Curug Cipendok

Curug Cipendok memang terkenal dengan keindahan alam yang masih alami di sekitar air terjun. Bagi wisatawan yang datang ke sini, dijamin tidak akan menyesal dan terus ingin kembali menikmati sejuknya suasana di sini.

Apalagi, ditambah fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola membuat semakin nyaman dan betah ketika berkunjung ke sini. Terdapat beberapa fasilitas yang mendukung wisatawan untuk menikmati keindahan Curug Cipendok.

Fasilitas utama yang disediakan oleh pihak pengelola adalah area parkir bagi wisatawan yang cukup luas, warung makanan, toilet, dan mushola. Fasilitas tersebut menjadi fasilitas utama karena memang sangat dibutuhkan bagi wisatawan, seperti toilet dan mushola.

Kemudian, terdapat fasilitas pendukung yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati Curug Cipendok. Berikut ini beberapa fasilitas pendukung di Curug Cipendok:

Spot Foto

Bagi wisatawan yang suka mengambil gambar dan video sangat cocok berkunjung ke sini karena menawarkan spot foto paling terbaik. Air terjun dengan ketinggian 92 meter bisa menjadi opsi untuk mengabadikan momen ketika berkunjung ke Curug Cipendok.

Bahkan, pepohonan hijau yang menjulang tinggi nan lebat juga menjadi pilihan sebagai latar belakang untuk mengambil gambar. Mengabadikan momen foto di sini, dijamin mendapatkan hasil yang luar biasa dengan background air terjun dan pepohonan yang asri.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengambil foto dari bawah dekat air terjun maupun dari atas yang disediakan tempat untuk berfoto dengan background tepat air terjunnya.

Area Outbond

Di Curug Cipendok juga terdapat area outbond yang bisa digunakan oleh para wisatawan dengan menikmati keindahan alamnya.

Area outbond ini sangat cocok bagi wisatawan yang penasaran dan ingin mencoba berbagai aktivitas outbond. Wisatawan juga bisa mencoba untuk menikmati Curug Cipendok melalui permainan flying fox.

Junggle Track

Curug Cipendok juga menyediakan junggle track yang mana sangat cocok bagi wisatawan yang suka trekking. Apalagi, sekitar air terjun terdapat tebing dan pepohonan yang masih asri dan alami.

Ketika bermain junggle track, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Cottage

Bagi wisatawan dari luar daerah dan berencana untuk menginap di sini, pihak pengelola Curug Cipendok juga menyediakan cottage yang tentunya nyaman dan bersih.

Cottage atau rumah kecil di sini sudah lengkap dengan fasilitas umum, mulai dari tempat tidur, kamar mandi, hingga ruang tamu.

Perkemahan Bumi Ayu

Curug Cipendok juga menyediakan fasilitas bagi wisatawan yang ingin berkemah di sana. Perkemahan Bumi Ayu mempunyai fasilitas lengkap yang tentunya nyaman bagi wisatawan, seperti tempat untuk api unggun dan toilet.

Penutup

Demikianlah mengenai Curug Cipendok sebuah tempat wisata di Kabupaten Banyumas yang masih terjaga keasriannya dan menawarkan keindahan alam luar biasa.

Related Posts