Cara Menghilangkan Fitur Kamus di Keyboard Xiaomi Terbaru

Daftar Isi

Cara Menghilangkan Fitur Kamus di Keyboard Xiaomi Terbaru

SunjaID - Pada keyboard hp, umumnya terdapat fitur kamus yang biasanya cukup menyulitkan saat digunakan. Karena fitur ini akan otomatis mengisi kata yang seringnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Alhasil ketikan kita pun jadi berantakan dan terkesan typo. Fitur kamus ini terdapat di semua merk hp yang beredar di pasaran, termasuk juga di hp Xiaomi. Melalui artikel singkat ini saya akan memberikan tutorial cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi.

Fungsi Fitur Kamus Pada Hp Xiaomi

Kamus ini memiliki kegunaan untuk memberikan saran kata (prediksi), emoji, kontak, koreksi otomatis, spasi otomatis setelah tanda baca, kapitalisasi otomatis, mengatasi penempatan titik spasi ganda, serta memeriksa benaratau salah ejaan kata tersebut.

Selain memiliki kelebihan pada fungsi utamanya, terdapat juga beberapa kekurangan yang sering ditemui saat mengetik menggunakan keyboard, antara lain: sulitnya mengetik kata-kata yang pendek, bahasa menjadi lebih formal sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), sering terjadi kesalahan dalam ejaan kata, bahkan ada kalanya kata yang ingin kita ketik keluar dari konteks yang dimaksudkan.

Hingga saat ini, pihak xiaomi selalu memperbarui interface andalannya yaitu MIUI 14, dengan sistem operasi android 13. Dan fitur kamus pada keyboard xioami pun masih tetap dipertahankan. 

Maka dari itu, banyak sekali para pengguna hp Xiaomi yang ingin menghilangkan atau menonatifkan fitur kamus pada keyboard xiaomi.

Dengan menonaktifkan fitur kamus di hp xiaomi, kamu akan lebih mudah dan leluasa dalam mengetik kata yang diinginkan.

Kalau kita ingat, pada jaman dulu kita sering menyingkat kata untuk menghemat jumlah karakter pada saat berkirim pesan melalui sms. Karena jumlah karakter per sms sangatlah sedikit. Dan tanpa disadari, kebiasaan tersebut terbawa sampai sekarang saat kita sudah menggunakan hp yang lebih canggih.

Nah, untuk memudahkan kamu dalam mengetik kata di hp xiomi, berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi.

Langkah-Langkah Menghilangkan Kamus di Keyboard Xiaomi

Cara menonaktifkan kamus di hp xiaomi sangat mudah, kamu dapat melakukannya tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:


  • Buka menu Pengaturan atau Setelan.
  • Pilih Setelan tambahan.
  • Ketuk Bahasa & Masukan.
  • Pilih Atur Keyboard.


  • Pilih Keyboard yang kamu gunakan untuk masuk ke menu setelan.
  • Di halaman setelan, akan ada beberapa opsi terkait keyboard yang digunakan. Pilih Koreksi Teks.
  • Di sini, kamu dapat menghilangkan fitur-fitur saran dan koreksi yang dianggap tidak penting, seperti Tampilkan strip saran, Koreksi otomatis, dan lain-lain. (Saya sendiri hanya mengaktifkan atau mencentang bagian kapitalisasi otomatis).

Sudah selesai... Jika kamu merasa semuanya sudah sesuai dengan keinginanmu, silakan buka keyboard pada aplikasi pesan, WhatsApp, DM Instagram, atau aplikasi chatting lainnya.

Dengan menghilangkan fitur kamus atau prediksi kata ini, kita akan lebih bebas dalam mengetik kata atau apa pun yang kita inginkan.

Tidak ada aturan pasti untuk fitur yang ingin diaktifkan. Kamu dapat mengatur sesuai kebutuhanmu, mengingat setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda saat mengetik.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau mengalami kendala lain, silakan tuliskan komentar di bawah yaa..

Posting Komentar