Keindahan Curug Cisarua Cilawu - Wisata Air Terjun Yang Eksotis di Kaki Gunung Cikuray

Daftar Isi
Keindahan Curug Ciasarua Cilawu - Wisata Air Terjun Yang Eksotis di Kaki Gunung Cikuray
SunjaID - Siapa yang tak mengenal Curug Cisarua Cilawu? Sepertinya semua warga Garut telah akrab dengan destinasi wisata satu ini. Sebagai kota wisata, Garut memang memberikan opsi destinasi yang tak sedikit jumlahnya. Tiap pengunjung bisa memilih mana yang paling disuka dan apabila berkaitan dengan air terjun, maka tidak boleh melewatkan tempat satu ini.

Curug Cisarua berada tepat di bawa kaki gunung Cikuray atau lebih jelasnya di desa Sukamurni kecamatan Cilawu. Letaknya tak terlalu pelosok sehingga aksesnya mudah dan dapat ditemukan secara cepat. Di sana Anda akan disuguhkan keindahan alam yang masih sangat asri dan begitu sejuk. Tak jarang banyak wisatawan dari luar kota memilih untuk berlibur ke tempat satu ini.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar berkunjung, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja daya tarik dan aktivitas menarik yang ada di sana.

Daya Tarik dari Curug Cisarua Cilawu

Keindahan Curug Cisarua Cilawu - Wisata Air Terjun Yang Eksotis di Kaki Gunung Cikuray

Beralih sejenak dari rutinitas melelahkan yang biasa menyita waktu, akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Apalagi bila menikmatinya dengan melihat pemandangan alam yang menyegarkan, pasti tubuh menjadi rileks dan pikiran lebih fresh. Untuk itu berikut ini adalah daya tarik luar biasa dari Curug Cisarua yang perlu Anda tahu.

Keindahan Air Terjun yang Dingin

Sesuai dengan namanya, tempat wisata satu ini menyuguhkan daya tarik air terjun sebagai poin utamanya. Keberadaan air terjun setinggi 50 meter ini selalu menjadi spot favorit para pengunjung. Meskipun debit airnya sangat deras, terdapat aliran kecil yang menjadi perpotongan air terjun ini sehingga kolam yang ada di bawahnya cukup aman untuk dinikmati para pengunjung.

Kondisi air yang mengalir di dalam kolam juga sangat jernih. Anda juga dapat menikmati terpaan angin yang cukup terasa dari efek jatuhnya air. Coba saja berdiri di bagian pinggir lalu hirup dalam-dalam angin yang melewati tubuh Anda. Sensasi syahdu tersebut akan membuat tubuh Anda sangat rileks.
Keindahan Curug Cisarua Cilawu - Wisata Air Terjun Yang Eksotis di Kaki Gunung Cikuray

Dipagari Deretan Tebing Tinggi

Selain air terjun yang mempesona, deretan tebing menjulang tinggi yang menjadi pagar dari air terjun ini juga amat memukau. Rasanya seolah berada di hutan belantara ala-ala tempat syuting di luar negeri. Tebing tersebut telah tertutup penuh oleh berbagai jenis tumbuhan hijau dan juga lumut yang biasanya hadir di tempat-tempat dingin semacam ini.

Meski begitu justru menjadikan pemandangan air terjun semakin indah dan tampak eksotis. Anda bisa memanfaatkan spot ini sebagai tempat berfoto sambil menikmati cipratan air dari derasnya curug. Bagi Anda yang belum pernah melihat pohon pinus juga akan dimanjakan oleh pemandangan satu ini karena banyak sekali pohon pinus yang tumbuh subur bahkan menjadi hiasan sepanjang mata memandang.

Pemandangan Alam yang Masih Alami

Saat mengunjungi tempat wisata berbasis alam, siapa pun tentu ingin menikmati keindahan alam itu sendiri. Seperti yang ada di curug satu ini. Pesona alam yang ada menjadi daya tarik tak kalah populer dari air terjun itu sendiri. Susunan tebing hingga deretan bebatuan besar yang tertata alami di tempat ini membuatnya tampak sangat mempesona.

Menyusuri sepanjang jalan, Anda akan menapaki tanah yang masih sangat alami tanpa adanya penghalusan jalan. Kondisi tempat wisata yang hening tanpa bisingnya kendaraan karena jarak antara tempat parkir dan curug cukup jauh, bisa menjadi sarana healing yang tak terpisahkan. Anda akan mendapatkan kedamaian hanya dengan duduk di salah satu batu dan memandangi alam secara keseluruhan.

Aktivitas Rekomended Saat Berada di Curug

Keindahan Curug Cisarua Cilawu - Wisata Air Terjun Yang Eksotis di Kaki Gunung Cikuray

Selain menikmati pemandangan, ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Beberapa aktivitas ini bisa dinikmati bersama rekan berlibur. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Mendaki

Siapa bilang mendaki hanya bisa dilakukan di gunung? Curug Cisarua juga bisa menjadi tempat pendakian yang menarik bagi Anda yang menyukainya. Lokasinya yang berada di tengah hutan memungkinkan tempat ini memiliki kondisi geografis dengan dataran tinggi seperti tebing. Anda bisa melakukan pendakian tipis-tipis melalui tebing-tebing tersebut.
Namun, jangan lupa memperhatikan cuaca. Bila kondisi sedang mendung atau bahkan hujan, jangan memaksakan untuk mendaki. Jangankan mendaki, jalanan di sekitar curug pasti sangat licin dan rawan membuat pengunjung terpeleset. Maka, bila ingin mendaki, pastikan cuaca sedang cerah dan gunakan sepatu gunung.

Berenang di Kolam

Inilah aktivitas yang paling disukai oleh para pengunjung, berenang di kolam. Meskipun air terjun ini memiliki aliran yang cukup deras, tetapi masih tetap aman apabila Anda ingin menikmati momen berenang bersama keluarga. Asalkan Anda tidak berenang di tengah atau terlalu dekat dengan sumber jatuhnya air. 
Kejernihan air tersebut akan membawa tubuh Anda menjadi segar dan fit kembali. Pilih tempat ternyaman, seperti dekat bebatuan, dekat rerimbunan tumbuhan, dan sebagainya. Bila dekat dengan bebatuan, hal ini akan mengantisipasi apabila ada hal-hal buruk terjadi seperti arus yang tiba-tiba deras. Lebih baik tidak menggunakan sandal atau sepatu karena rawan membuat telapak menjadi licin.

Camping 

Bagi pencinta alam sejati tidak akan cukup menikmati keindahannya barang satu atau dua jam. Pasti ia ingin menyerap habis seluruh keindahan yang ada untuk kembali mengisi energinya yang hilang. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan camping. Mendirikan tenda di sekitaran curug pasti akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda dan keluarga.
Anda bisa membawa peralatan tenda modern yang sudah sangat praktis. Atau cukup dengan membawa kasur lantai yang memang didesain khusus saat berada di alam. Apalagi jika datang bersama rombongan, bisa juga mencari kayu bakar dan menyalakan api unggun. Bisa dibayangkan betapa indahnya momen tersebut bukan?

Menggelar Piknik

Bila Anda ragu untuk mendirikan camping, maka bisa mencoba menggelar piknik yang asyik. Di air terjun satu ini ada banyak tempat-tempat lapang yang bisa dipilih sebagai spot piknik. Pastikan Anda membawa tikar dan makanan-makanan pendukung agar piknik terasa begitu nyata. Perlu diketahui pula bahwa di tempat wisata ini sangat minim penjual di dalam area curug sehingga membawa makanan sendiri dari rumah sangat direkomendasikan.

Berfoto Ria

Keindahan Curug Cisarua Cilawu - Wisata Air Terjun Yang Eksotis di Kaki Gunung Cikuray

Segala macam daya tarik dan aktivitas di atas akan sangat sayang apabila tidak diabadikan dengan baik. Pastikan Anda memfoto setiap pemandangan yang ada dan membuat kenang-kenangan melalui jepretan di sekitar tempat wisata. Bila ingin lebih pro, bisa juga membawa kamera sendiri agar hasil fotonya benar-benar bagus. Tentunya Anda tidak boleh melewatkan setiap momen dan keindahan yang ada bukan?

Nah, itulah beberapa hal terkait daya tarik dan aktivitas seru selama berada di Curug Cisarua Cilawu. Anda bisa melakukan semua aktivitas seru tersebut dan mengabadikan setiap momen yang terjadi. Jangan khawtir terkait fasilitas. Di tempat wisata ini ada beberapa penjual makanan dan minuman ringan, toilet, serta tempat parkir. Maka, Anda dan orang-orang tercinta bisa menjalankan liburan dengan nyaman.

Posting Komentar