Menikmati Keindahan Sungai Maron, Wisata Menyusuri Sungai di Pacitan

Daftar Isi

Menikmati Keindahan Sungai Maron, Wisata Menyusuri Sungai di Pacitan

SunjaID - Sungai Maron Pacitan  merupakan salah satu wisata terbaik di Indonesia. Indonesia memang terkenal dengan keindahan alamnya. Dari pelosok penjuru di Indonesia terdapat berbagai wisata yang luar biasa indah.

Mulai dari pantai, gunung, hingga sungai yang mempunyai air yang jernih. Bahkan, masih terdapat beberapa wisata alam di Indonesia yang belum terkenal, sehingga masih sangat terjaga alamnya. Meski begitu, salah satu daerah yang terkenal mempunyai banyak wisata indah adalah Provinsi Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai keindahan alam wisatanya, mulai dari pantai dan gunung. Adapun daerah tersebut antara lain Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pacitan, dan lain sebagainya.

Dari berbagai daerah di Jawa Timur tersebut, salah satu daerah yang mempunyai wisata indah seperti di luar negeri adalah Kabupaten Pacitan. Kabupaten Pacitan sendiri mempunyai wisata yang sangat terkenal di kalangan masyarakat salah satunya yaitu Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan

Menikmati Keindahan Sungai Maron, Wisata Menyusuri Sungai di Pacitan

Kabupaten Pacitan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata pantai yang indah. Bahkan, Pacitan juga terkenal dengan julukan kota 1001 Goa. Salah satu wisata yang sangat terkenal di Pacitan adalah Sungai Maron.

Sungai Maron Pacitan merupakan wisata yang terkenal mirip dengan hutan tropis Amazon. Sungai yang mempunyai warna air hijau dan jernih ini menjadi sungai eksotis yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Wisatawan yang datang ke sini akan diajak untuk menjelajahi sungai sejauh 4,5 km. Menawarkan pemandangan hutan tropis yang sangat sejuk, aliran sungai maron juga menyajikan nuansa petualangan seperti di Amazon.

Sungai ini telah dibuka sejak tahun 2012 dan menjadi salah satu destinasi wisata tujuan bagi masyarakat Jawa Timur.

Siapa pun yang berkunjung ke sungai ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alamnya. Untuk menghilangkan rasa penat, stress, lelah akibat pekerjaan bisa datang ke sungai maron untuk sekedar refreshing.

Daya tarik dari wisata sungai maron Pacitan ini adalah berjelajah menyusuri sungai menggunakan perahu. Apalagi, sepanjang perjalanan tersebut disajikan pemandangan hutan tropis yang mirip seperti di Amazon.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam sungai maron Pacitan, tentunya wisatawan dikenakan tiket masuk wisata. Meski begitu, jangan khawatir tiket yang ditawarkan ke wisatawan tidak bakal menguras kantong.

  • Harga tiket masuk : Rp 5.000 / orang
  • Sewa perahu 4 orang : Rp 100.000
  • Sewa perahu 5 – 6 : Rp 150.000
  • Parkir : Rp 3.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil

Harga tiket yang ditawarkan tersebut tentu masih tergolong sangat murah dan sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Apalagi, destinasi wisata satu ini buka setiap harinya.

Jam Operasional

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sungai maron Pacitan bisa datang mulai jam 07.00 – 17.00 WIB. Di luar jam operasional tersebut, destinasi wisata ini sudah tidak menerima wisatawan lagi.

Oleh karena itu, untuk datang ke tempat ini disarankan pada waktu yang sudah ditentukan oleh pihak penjaga.

Alamat dan Rute Lokasi

Untuk bisa datang ke destinasi wisata ini, wisatawan akan diberikan kemudahan untuk bisa datang ke tempat ini. Mereka bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda 4 maupun roda 2. 

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang datang ke sungai maron Pacitan sudah diberikan fasilitas terbaik selama rute perjalanan menuju lokasi.

Alamat lengkap sungai maron Pacitan ini tepat terletak di Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Bagi para wisatawan yang berasal dari pusat kota Pacitan jaraknya kurang lebih 24 km untuk bisa datang ke tempat ini. Waktu tempuh dari pusat kota Pcitan kurang lebih 50 menit.

Rute yang bisa dijadikan perjalanan menuju lokasi terdapat 3 rute, yaitu melalui Jl. Nasional III yang menjadi rute terdekat dari lokasi sungai maron. Rute kedua bisa melalui Jl. Raya Tompak Rinjing. Kemudian untuk rute terakhir bisa melalui Jl. Punung – Kalak.

Fasilitas di Sungai Maron Pacitan

Menikmati Keindahan Sungai Maron, Wisata Menyusuri Sungai di Pacitan

Dengan harga yang sangat murah, para wisatawan akan mendapatkan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak penjaga. Selain keindahan alam luar biasa, di sini juga dilengkapi fasilitas sebagai pendukung wisatawan untuk liburan.

Tentu fasilitas utama yang diberikan adalah perahu sebagai fasilitas yang digunakan untuk wisatawan berkeliling menyusuri sungai sepanjang 4,5 km. Kemudian, di tempat ini juga disediakan spot foto yang instagramable sangat cocok untuk wisatawan yang suka berfoto. Mengabadikan momen liburan bersama keluarga, teman, maupun orang tersayang.

Selain itu, juga terdapat camping dan outbond yang sangat seru dan memanjakan para wisatawan. Bahkan, di tempat ini juga menyediakan cafetaria yang terdapat berbagai makanan khas Pacitan, sehingga bisa menemani wisatawan ketika berlibur.

Kemudian, fasilitas yang terakhir yaitu mushola, toilet, dan pusat informasi destinasi sungai maron. Fasilitas tersebut tentu sangat memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang ke sini.

Menyusuri Sungai Amazon Indonesia

Wisatawan yang berkunjung ke sini, akan dimanjakan keindahan alamnya dengan menyusuri sungai amazon di Indonesia. Petualang menyusuri sungai maron selama kurang lebih 45 menit akan disuguhi hutan tropis kanan kiri yang terlihat sangat sejuk.

Apalagi suasana alam yang masih asri dan alami membuat wisata ini menjadi daya tarik luar biasa bagi wisatawan. Suara aliran air sungai yang tenang membuat wisatawan bisa menikmati dengan nyaman.

Nuansa Green Canyon

Air sungai maron Pacitan yang jernih berwarna hijau kebiruan serta dikelilingi kanan kiri pepohonan membuat wisata ini diberi julukan “Green Canyon” Pacitan.

Nuansa Green Canyon ini memuat wisatawan bebas mengambil potret gambar maupun video selama berlibur sebagai kenang-kenangan. Apalagi, bagi wisatawan yang suka posting foto atau video di sosial media sangat cocok untuk mengabadikan momen di sini.

Bukit Karang

Menikmati Keindahan Sungai Maron, Wisata Menyusuri Sungai di Pacitan

Wisatawan yang turut menyusuri sungai maron sepanjang 4,5 km ini akan dibawa ke ujung wisata sungai yang terdapat bukit karang dekat pantai. Bukit karang ini menawarkan nuansa seperti wisata di Phuker, Thailand yang mana menghiasi kanan kiri sungai. Bukit karang ini sangatlah indah ditambah warna sungai yang hijau kebiruan.

Ayunan Tepi Sungai

Selain menyusuri sungai menggunakan perahu, wisatawan juga disajikan untuk menikmati tempat spot foto yang instagramable di ayunan tepi sungai. Melalui ayunan ini, wisatawan bisa mengabadikan momen foto untuk di posing di media sosial.

Ayunan ini dikaitkan ke batang pohon besar yang ada di atas sungai. Ayunan ini juga menjadi salah satu spot foto yang sangat favorit bagi wisatawan. Apalagi, tata letak ayunan ini di atas aliran sungai dan dikelilingi hutan tropis yang sangat indah.

Penutup

Sungai Maron Pacitan merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk menghilangkan rasa penat akibat numpuknya pekerjaan. Tidak perlu mengeluarkan uang banyAk untuk menikmati keindahan alam di sungai maron yang mirip dengan sungai Amazon, Amerika.

 

Posting Komentar