Pantai Karanggongso Trenggalek, Destinasi Wisata Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Oleh Wisatawan

Daftar Isi

Pantai Karanggongso Trenggalek, Destinasi Wisata Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Oleh Wisatawan

SunjaID - Pantai Karanggongso merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih, serta lautnya yang membiru indah. Pantai yang terletak di Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur ini, menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang berada di area selatan Pulau Jawa.

Pantai Karanggongso kerap ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari daerah sekitar Trenggalek, maupun daerah lainnya. Biasanya, tempat wisata ini ramai di musim-musim liburan, seperti liburan sekolah, libur hari raya, akhir pekan, maupun libur-libur nasional lainnya.

Mengenal Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso merupakan destinasi wisata pantai baru yang berada di kawasan pesisir pantai selatan Jawa Timur. Pantai dengan hamparan pasir putihnya yang bersih, membuatnya juga dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih. Sehingga, memicu daya tarik wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke sini dan menikmati keindahan alam pantainya.

Di pantai yang terletak sekitar 38 km dari pusat Kota Trenggalek ini, kalian bisa menikmati pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putihnya yang sangat bersih dan nyaris tak ditemukan sampah. Kalian bisa bermain-main dengan pasir putih di pantai ini, atau juga berenang di laut birunya.

Hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi, akan bikin kalian semakin terlena saat berada di pantai ini. Sebab, meskipun suasana pantai cukup panas, namun hal tersebut tidak terasa. Desiran angin yang menyatu dengan deburan ombak, akan bikin suasananya sangat nyaman dan tenang. Sangat cocok buat kalian yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan tidak begitu panas.

Mengisi liburan di pantai ini rasanya kurang pas jika tidak mengajak sanak famili atau kerabat. Sehingga, kalian bisa bersenang-senang bersama di sini, sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di pantai ini.

Deburan ombak yang begitu tenang dan sangat ramah, cocok buat kalian manfaatkan untuk berenang di pantai ini. Pihak pengelola pantai mengizinkan kepada semua pengunjung untuk berenang di pantai ini, namun perlu adanya pengawasan, terutama anak-anak, demi menjaga keselamatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila kalian tidak bisa berenang namun ingin menikmati suasana air laut di pantai ini, disediakan berbagai macam ban atau pelampung yang bisa disewakan. Sehingga, kalian bisa dengan aman dan tenang bermain-main birunya air laut di pantai yang indah nan eksotis ini.

Pantai Karanggongso Trenggalek, Destinasi Wisata Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Oleh Wisatawan

Fasilitas dan Sarana yang Disediakan di Pantai Karanggongso

Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung di pantai ini. Salah satunya adalah fasilitas perahu yang bisa kalian sewa dan gunakan untuk menyusuri area pantai. 

Perahu yang disewakan di sini, bisa kalian sewa dengan biaya tarif per orang. Harganya pun relatif murah dan terjangkau, sehingga aman di kantong. Atau juga kalian bisa  menyewa satu perahu apabila datang bersama rombongan. Meskipun dipatok dengan harga berbeda dibandingkan dengan per orangan, namun harganya masih relatif murah. Jadi, kalian tidak perlu khawatir buat merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati suasana pantai sambil menaiki perahu.

Dengan dipandu oleh seseorang yang mengemudikan perahu, kalian akan diajak berkeliling mengitari lokasi pantai. Dari arah laut, kalian bisa menikmati suasana Pantai Karanggongso, baik dari dekat maupun jauh dari bibir pantai. Kalian juga bisa mengabdikan momen-momen indah tersebut dengan berswafoto, ataupun bercengkerama.

Selain menyediakan perahu sewaan, di pantai ini juga tersedia fasilitas banana boat yang bisa kalian gunakan. Apabila kalian mau memacu adrenalin lebih di pantai ini, fasilitas banana boat sangat cocok buat kalian manfaatkan. Kalian bisa menyewa banana boat untuk digunakan bersama rombongan atau teman-teman yang kalian ajak ke pantai ini.

Dengan menaiki wahana banana boat, kalian akan mempunyai sensasi dan pengalaman berbeda ketika datang ke pantai ini. Jangan lupa, selalu gunakan pelampung yang disediakan oleh pengelola, demi menjaga keamanan dan kenyamana saat menggunakan wahana ini.

Pantai Karanggongso Trenggalek, Destinasi Wisata Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Oleh Wisatawan

Untuk bisa menyewa wahana ini, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam juga. Harganya relatif murah untuk menyewa per satu banana boat. Apalagi, jika digunakan secara beramai-ramai bersama kawan-kawan, harganya tidak menjadi masalah.

Pengalaman berbeda saat menaiki ini akan menjadi obat penyegar buat kamu. Tentunya ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan saat kamu datang ke pantai ini.

Apabila kalian mulai terasa lapar saat berwisata ke pantai ini, disediakan berbagai fasilitas kuliner seperti warung atau kios pedagang yang bisa kalian manfaatkan. Di sini menjual berbagai aneka makanan dan minuman yang disediakan bagi para pengunjung. Tenang saja, harganya masih relatif murah dan wajar.

Sehingga, kalian tidak perlu takut harganya tiba-tiba mahal saat akan membayar. Yang penting, perut kalian kenyang dan bisa melanjutkan lagi berwisata menikmati keindahan alam pantai ini.

Di sini juga terdapat fasilitas umum seperti toilet dan kamar mandi. Jadi, bagi kalian yang mau mandi sehabis puas berenang di pantai, kalian bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk membersihkan badan, ataupun buang air kecil.

Belum cukup di situ saja, jika kalian sangat betah di pantai ini dan hendak bermalam, kalian bisa mendirikan tenda di sini atau kemping. Pihak pengelola sengaja menyediakan area untuk kemping bagi pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini. Sehingga, kalian bisa menikmati momen di saat matahari terbit atau tenggelam di pantai ini.

Kalian juga bisa menikmati suasana malam yang indah di pantai ini apabila memang ingin berkemah. Namun jangan lupa, kalian harus tetap menjaga kebersihan pantai ini dari sampah-sampah yang kalian hasilkan. Agar kenyamanan, keasrian, dan kebersihan pantai ini tetap terjaga dan membuat pengunjung lainnya betah berada di sini.

Rute Menuju Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso Trenggalek, Destinasi Wisata Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Oleh Wisatawan

Tidak sulit untuk jalur menuju kawasan Pantai Karanggongso ini. Kalian bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum untuk menuju pantai yang eksotis ini. Akses dan kondisi jalan menuju ke Pantai Karanggongso ini sudah sangat baik. Bahkan rute-rutenya bisa dilewati oleh bus-bus berukuran. Meskipun kontur jalan yang dilalui ada beberapa tanjakan, namun tidak begitu membahayakan.

Lokasi pantai ini dengan pusat Kota Trenggalek, hanya berjarak sekitar 38 km, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam. Kalau kondisi jalan dalam keadaan sepi dan tidak macet, kalian bisa tiba di pantai ini hanya sekitar 45 menitan saja.

Apabila kalian memulai start dari Kediri, masuk ke Jalan Raya Kras, lalu ke Jalan Trunojoyo, Jalan Nasional III atau Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek), lalu masuk ke Jalan Raya Durenan-Bandung hingga Jalan Pantai Prigi.

Jika dari Pacitan, kalian bisa memilih tiga jalur yang ada. Apabila dari jalur utara, bisa melewati Jalan Ponorogo-Wonogiri. Untuk jalur tengah, bisa melalui Jalan Nasional III atau Jalan Laksamana Yos Sudarso. Sedangkan untuk jalur selatan melalui Jalan Pacitan-Trenggalek.

Jika dari arah Blitar dan Tulungagung, kalian bisa melewati Jalan Raya Boyolangu, lalu ke Jalan Raya Bandung, Jalan Raya Bandung Prigi, kemudian masuk ke Jalan Raya Pantai Prigi.

Jalur mana pun yang kalian pilih dari ketiga rute tadi, kalian akan bisa tiba di Pantai Karanggongso, karena lokasinya berada sebelum Pelabuhan Prigi.

Sementara jika kalian menggunakan transportasi umum, kalian bisa turun di terminal terdekat. Setelah itu, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek setempat menuju ke area pantai. Pantai Karanggongso ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat, sehingga kalian tidak akan kesulitan menuju ke sana, walaupun dengan kendaraan umum.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso Trenggalek, Destinasi Wisata Pantai yang Selalu Ramai Dikunjungi Oleh Wisatawan

Kawasan wisata Pantai Karanggongso ini beroperasi dan buka setiap harinya, yang dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Khusus yang mau kemping atau berkemah, pantai ini buka 24 jam. Hanya saja, ada beberapa fasilitas yang tutup saat malam hari, seperti pusat kuliner dan wahana. Hanya fasilitas toilet dan kamar mandi saja yang tetap bisa kalian gunakan saat bermalam di sini.

Untuk harga tiket masuk, kalian cukup membayar Rp 10.000 saja per orang. Untuk tiket parkir motor sebesar Rp 2.000, parkir mobil Rp 5.000, dan parkir bus mulai dari Rp 25.000 sampai dengan Rp 35.000. Meskioun cukup murah dan terjangkau, disarankan agar kalian membawa uang lebih demi memenuhi kebutuhan lainnya.

Itulah ulasan mengenai Pantai Karanggongso yang berada di Trenggalek Jawa Timur. Pantai ini bisa menjadi salah satu destinasi favorit kalian saat singgah ke Trenggalek, dan menjadi pilihan saat ingin menikmati sensasi dan suasana pantai selatan yang berbeda.

 

Posting Komentar