Sejuknya Kebun Jati Pancawati, Alternatif Destinasi Wisata Alam di Puncak Bogor

Daftar Isi

Sejuknya Kebun Jati Pancawati, Alternatif Destinasi Wisata Alam di Puncak Bogor

SunjaID - Kebun Jati Pancawati bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan buat kalian saat mengeksplore daerah Bogor Jawa Barat. Apalagi saat musim liburan tiba, tempat ini sangat cocok buat kalian kunjungi bersama keluarga, kawan-kawan, maupun kekasih tercinta.

Di sini, bisa menjadi destinasi wisata alam terbaik yang mungkin tidak akan pernah kalian temukan di tempat lain. Selain sejuk dan asri, tempat ini sangat tenang dengan suasana alam pegunungan. Cocok buat kalian yang mau menghilangkan rasa penat setelah beraktivitas di kawasan perkotaan.

Kebun Jati Pancawati

Obyek wisata Kebun Jati Pancawati yang beralamat di Kecamatan Caringin, Puncak, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat ini, tengah naik daun dan menjadi primadona bagi para wisatawan. Tempatnya yang sangat sejuk sangat pas buat merefresh pikiran dan otak.

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama di tempat wisata ini adalah pepohonan jati yang tumbuh rimbun di hampir tiap area. Kesejukannya membuat tempat wisata ini bikin betah para pengunjung dan wisatawan yang datang. 

Mengisi waktu liburan, apalagi saat kalian berada di sekitaran Bogor, tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke Kebun Jati Pancawati. Keindahan alam yang disajikan di sini benar-benar bikin mata terkagum-kagum. 

Bagaimana tidak, deretan pohon jati yang tumbuh tinggi dengan daunnya yang rindang, tertata rapi sehingga sangat unik dan estetik. Suasana alama pegunungan yang sejuk semakin menambah kesan adem di tempat wisata ini. Apalagi, dengan ditemani oleh irama bunyi serangga, akan membuat kalian terasa seperti terlempar ke sebuah hutan jati yang sangat asri.

Suasana apa lagi yang akan kalian temukan di sini selain rasa damai dan sejuk. Kalian bahkan bisa melupakan sejenak kepenatan selama beraktivitas di perkotaan. Datang ke sini, fokus kalian akan langsung tertuju kepada sajian alam yang terhampar. 

Sejuknya Kebun Jati Pancawati, Alternatif Destinasi Wisata Alam di Puncak Bogor

Buat kalian pecinta fotografi atau suka swafoto, banyak spot yang unik di sini. Kalian bisa memadukan deretan pepohonan jati yang tinggi dan tapi tersebut, untuk diabadikan menjadi momen penting.

Karena itu, jangan lupa agar kalian membawa kamera terbaik kalian apabila datang ke tempat wisata ini. Atau jika memang tidak memiliki kamera, maka kamera dari smartphone juga tidak masalah. Banyak spot yang bagus di sini yang bisa dijadikan objek foto, sehingga apapun gadgetnya, hasilnya akan tetap bagus.

Tak lupa, agar kalian juga membawa keluarga, teman, ataupun kekasih tercinta, agar bisa ikut menikmati suasana di sini. Dijamin, mereka bakal ketagihan dan ingin datang lagi dan lagi ke sini.

Kalau kalian memang berencana untuk datang dan menghabiskan masa liburan di Kebun Jati Pancawati ini, direkomendasikan agar datang di saat pagi hari atau sore hari. Saat itu, cuacanya cukup cerah, sehingga kalian bisa dengan leluasa untuk menikmati berbagai spot yang disediakan di sini.

Sarana dan Fasilitas di Kebun Jati Pancawati

Sejuknya Kebun Jati Pancawati, Alternatif Destinasi Wisata Alam di Puncak Bogor

Sesuai dengan namanya, fasilitas utama di tempat wisata ini adalah pohon jati. Di antara pepohonan jati yang tinggi-tinggi ini, kalian bisa berkreasi apapun, seperti piknik, ngopi, berfoto, ataupun ngobrol santai. 

Meskipun begitu, jangan lupa agar membuang sampah yang kalian bawa ke tempat yang sudah disediakan. Jangan sampai kalian mengotori tempat wisata ini dengan sampah yang berserakan, agar keasriannya tetap terjaga dan pengunjung lainnya akan betah.

Selain mengutamakan daya tarik pohon jati, di tempat wisata ini juga ditambahi berbagai sarana dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Seperti adanya sebuah kafe yang menyediakan live music. Bayangkan kalian menikmati lezatnya secangkir kopi di tengah hutan jati, dengan diiringi oleh live music. Suasananya tidak akan pernah bisa kalian lupakan saat di sini.

Di kafe ini, disediakan berbagai macam menu makanan yang bervariasi. Kalian bisa bebas memilih, dimulai dari makanan, minuman, serta cemilan. Makanan utama yang disediakan di sini juga cukup enak untuk ukuran tempat wisata. Suasana kafe yang sangat nyaman dan sejuk, bisa bikin kalian betah berlama-lama di Kebun Jati Pancawati.

Kursi yang disediakan oleh kafe ini cukup banyak, sehingga bisa menampung banyak orang. Kalian cukup memesan menu yang diinginkan di kasir. Sementara untuk Live musik di kafe ini, hanya ada saat weekend. Jadi, kalau kalian menginginkan adanya live music, datang ke sini saat akhir pekan saja.

Selain kafe, di Kebun Jati Pancawati juga disediakan area camping ground. Dengan luasnya area Kebun Jati Pancawati, maka sangat cocok dan memungkinkan untuk disediakannya camping ground. Di sini, kalian bisa kemping di Kebun Jati Pancawati jika memang ingin bermalam.

Area camping ground sendiri berada di bawah kafe. Untuk berkemah di sini, kalian bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Kalian cukup membayar biaya sewa sebesar Rp 50.000 saja, sudah bisa menikmati suasana kemping di tempat wisata ini. Sementara untuk izin kemping di sini, kalian akan dikenakan tarif Rp 100.000 saja.

Sejuknya Kebun Jati Pancawati, Alternatif Destinasi Wisata Alam di Puncak Bogor

Jangan lupa, jika memang kalian ingin berkemping di sini, selalu membawa perbekalan yang cukup, serta jaket tebal. Karena udara di Kebun Jati Pancawati saat malam hari cukup dingin, mengingat lokasinya yang berada di daerah pegunungan. 

Dan jangan lupa juga, agar selalu menjaga kebersihan tempat ketika kalian sudah selesai kemping di sini, agar pengunjung lain bisa dengan nyaman saat datang. 

Beberapa fasilitas-fasilitas lain yang disediakan di sini yakni kolam renang, outbond, penginapan, toilet, mushola, Playground, rumah makan, wahana permainan menarik, serta Gazebo.

Rute Menuju Kebun Jati Pancawati

Lokasi Kebun Jati Pancawati berada di atas bukit, tepatnya di Jl. Tapos Lbc, Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tidak sulit akses untuk menuju lokasi ini. Kalian bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk bisa sampai di Kebun Jati Pancawati.

Sejuknya Kebun Jati Pancawati, Alternatif Destinasi Wisata Alam di Puncak Bogor

Lokasi ini sudah cukup terkenal, sehingga kalian tidak akan kesulitan untuk menuju ke sana. Ikuti petunjuk yang ada di peta, maka kalian akan tiba di tempat wisata dan menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Demi memanjakan pengunjung yang datang, Kebun Jati Pancawati beroperasi dan buka setiap harinya. Tempat wisata ini buka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB untuk weekday atau Senin sampai Jumat. Dan pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB saat weekend atau akhir pekan. Kalian bisa memilih untuk datang di antara jam-jam tersebut.

Sementara untuk harga tiket masuk ke Kebun Jati Pancawati, kalian hanya cukup membayar Rp 5.000 saja per orang. Cukup murah bukan untuk bisa menikmati keindahan alam yang tiada duanya tersebut?

Selain itu, terdapat juga beberapa biaya lain seperti parkir motor Rp 5.000, parkir mobil Rp 10.000, sewa tenda Rp 50.000 per orang, Menginap Rp 100.000 per orang, sewa tikar Rp 10.000 per tikar, dan sewa ayunan Rp 15.000 per ayunan. 

Disarankan agar kalian membawa uang lebih, yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya, seperti membeli makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya juga.

Itulah beberapa ulasan mengenai Kebun Jati Pancawati yang berada di Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini bisa menjadi destinasi pilihan kalian saat datang ke Bogor. Rasakan sensasinya dan kesejukannya ketika menginjakkan kaki ke tempat yang eksotis ini.

Posting Komentar