Sabtu, 28 Agustus 2021

10 Tempat Wisata Di Pangalengan Yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

wisata riung gunung pangalengan
Sumber: instagram @keygreenwood
Wisata Pangalengan - Kalau membahas soal wisata di Bandung, mungkin tidak akan ada habisnya. Karena selalu bermunculan tempat-tempat wisata baru yang bagus dan memanjakan mata pengunjungnya. Begitu juga tempat wisata di daerah Pangalengan. Apakah kalian tahu Pangalengan?

Pangalengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Bandung yang merupakan daerah pegunungan dan perkebunan. Banyak sekali wisata alam yang terdapat disini. Memang tidak seterkenal Lembang atau Ciwidey

Tapi Pangalengan juga sangat direkomendasikan untuk menjadi destinasi wisata kalian. Mulai dari kebun teh, danau, air terjun dan ada juga arung jeram yang bisa memacu adrenalin. Dan berikut ini daftar tempat wisata di Pangalengan yang aku rekomendasikan untuk kalian kunjungi bersama keluarga tercinta.

1. Sunrise Point Cukul

sunrise point cukul
Sumber: instagram @aditya_key
Salah satu tempat wisata yang sedang populer di pangalengan adalah Sunrise Point Cukul. Letaknya di Jl. Cukul Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan bukit dengan perkebunan teh yang indah. 

Jika kalian datang pada saat pagi buta, Kalian bisa menyaksikan pemandangan indah matahari terbit(sunrise). Harga tiketnya hanya 10 ribu rupiah. Dan aksesnya sangat mudah karena berada di dekat jalan utama. Kalian cukup berjalan beberapa menit saja sudah bisa sampai di spot sunrise.

2. Situ Cileunca

Situ Cileunca
Sumber: instagram @herdik
Situ Cileunca adalah danau buatan yang sekarang menjadi salah satu tujuan wisata populer di Pangalengan. Berada di ketinggian 1550mdpl dan di kelilingi oleh perkebunan teh Malabar menjadikan danau ini sangat sejuk. Bahkan jika di pagi hari permukaan air danau akan mengeluarkan kabut yang sangat eksotis. Secara geografis, letak danau dengan luas 1400 hektar ini berada di desa Wanasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. 

Terdapat banyak sekali atraksi wisata di tempat ini diantaranya Arung Jeram(Rafting), Flying Fox, Paintball, Offroad Tour, Archery, Lake Tour, River Tubing, Glamping dan masih banyak lagi. Untuk info dan harga update nya bisa kalian kunjungi website resmi situ cileunca. 

3. Rafting Sungai Palayangan 

rafting sungai palayangan
Sumber: instagram @arielp09
Sungai Palayangan merupakan sungai yang airnya berasal dari situ cileunca. Sehingga sangat aman karena tidak akan terjadi banjir bandang. Dan sungai ini di manfaatkan untuk tempat rekreasi Rafting. Jarak lintasan arung jeramnya tidak terlalu panjang yaitu sekitar 5km tetapi sudah cukup memacu adrenalin kalian. Lokasinya tidak jauh dari Situ Cileunca. Bahkan di sepanjang jalan dekat situ juga banyak agen-agen tour yang menawarkan paket rafting. 

4. Pineus Tilu Camp Ground

pineus tilu camping ground
Sumber: instagram @pineustilu
Tempat wisata ini termasuk baru di Pangalengan, tetapi sudah sangat terkenal terutama di instagram. Wisata dengan tema camping di pinggiran sungai palayangan ini sangat aku rekomendasikan untuk kalian. Apalagi jika kalian memang penggemar camping. Lokasi berada di Desa Pulosari Kecamatan pangalengan Kabupaten Bandung. Tepatnya sebelum situ Cileunca ada pertigaan ambil ke kanan arah pasirjambu(ciwidey).

5. Glamping Cileunca

glamping cileunca
Sumber: instagram @mintarsihmia
Sama seperti Pineus Tilu Camp Ground. Glamping Cileunca juga bertemakan wisata alam berkemah. Wisata ini termasuk di dalam area Situ Cileunca. Yang mana saat akan menuju ke area nya kalian harus menaiki perahu karena lokasinya berada di seberang danau. 

Fasilitas di tempat wisata ini antara lain tenda eksklusif, flying fox sepanjang 200m yang melintas di atas danau, paintball, cottage, lapangan untuk berbagai macam acara gathering, tempat rekreasi memanah, serta dua aula yang masing-masing memiliki kapasitas 60 orang. Ada juga beberapa spot foto yang bagus untuk kalian coba.

6. Nuansa Riung Gunung

nuansa riung gunung
Sumber: instagram @_kopites_man
Objek wisata alam yang sedang viral ini terletak di daerah Pangalengan, tepatnya di Kp. Riung Gunung, Desa Pulosari, Pangalengan, Kab.  Bandung,  Jawa Barat. Jika kalian bermaksud untuk berwisata ke tempat ini, bisa ditempuh melalui Pangalengan. Sebelum Situ Cileunca belok ke kanan (dari arah Bandung) arah Rahong yang tembus ke Gambung Ciwidey, atau sebaliknya dari arah Ciwidey belok ke kiri (dari arah Bandung setelah pom bensin al masoem) Gambung menuju Pangalengan.

Lokasinya sangat strategis karena dari pinggir jalan sudah terlihat dengan jelas objek wisatanya. Hanya saja karena masih dalam tahap pengembangan, maka fasilitasnya masih sangat minim. Baru ada beberapa gazebo, dan 2 toilet. Meskipun begitu, suasana alamnya sangat menakjubkan. Sebaiknya datang ke tempat ini pagi hari agar suasananya masih terasa sejuk dan belum banyak pengunjung sehingga bisa eksplore dengan maksimal.

Htm 10.000/org

Ngecamp 25.000/org

Sewa tenda 200.000/tenda (paket hemat)

Sewa tenda 400.000/tenda (paket lengkap)

7. Kebun Teh Riung Gunung

kebun teh riung gunung
Sumber: instagram @restyamandaa
Kebun Teh Riung Gunung adalah salah satu kebun teh dengan suasana yang nyaman dan pemandangan kebun teh yang keren dan menyejukkan mata. Akses jalan sudah keras dari Pasir Jambu hingga ke Pangalengan. Hanya saja ada beberapa bagian jalan berupa tanah, ada aspal rusak, dan jalan cor semen. Seluruh bagian jalan cukup untuk dilalui 2 mobil berpapasan, namun apabila berpapasan dengan truk atau bus mungkin harus mencari tempat yang luas. Disepanjang jalur ini ada beberapa tempat wisata alam, contohnya tempat selfie dengan latar hutan pinus, perkemahan, wisata air, kolam renang, kawasan villa yang menyatu dengan alam, dan sebagainya.

Jalur jalan di perkebunan ini cukup ramai dilewati saat weekend. Saat weekday mungkin hanya penduduk sekitar dan pekerja kebun teh yang sesekali melintas. Disisi barat kebun teh ini ada perkebunan kopi yang luas dan produknya sudah cukup terkenal.

8. Wayang Windu Panenjoan (WWP)

wayang windu panenjoan
Sumber: instagram @abbedaryant
Wayang Windu Panenjoan adalah Salah satu tempat rekrasi terbaik yang berlokasi di Desa Banjarsari Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lokasinya berdekatan dengan Wayang Windu SKy Park dan Star Energy Wayang Windu. Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi oleh hamparan pemandangan kebuh teh yang begitu indah. Biaya masuk dan parkirnya cukup terjangkau sekitar Rp. 20.000,00. Tersedia juga kantin yang menyediakan makanan ringan dan berbagai minuman. Fasilitas lainnya seperti toilet juga tersedia, dan toiletnya cukup bersih. Kalian juga bisa bermain motor ATV karena tersedia tracknya.

9. Pemandian Air Panas Cibolang

pemandian air panas cibolang
Sumber: instagram @nisarsnt13
Pemandian Air Panas Cibolang adalah pemandian yang sangat terkenal di Pangalengan. Pengunjungnya pun tidak hanya berasal dari daerah Bandung saja, tetapi banyak juga yang berasal dari daerah Garut. Pemandian ini berlokasi di Desa Wanasuka Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. 

Fasilitasnya terbilang cukup lengkap dan untuk kolamnya di bagi-bagi sesuai usia pengunjung. Sayangnya akses jalan ke tempat wisata ini sangat buruk. banyak jalan yang berlubang dan bahkan ada jalan yang belum di aspal. Untuk kendaraan yang pendek sepeti citycar pasti akan sangat sulit untuk menuju kesini. 

10. Perkebunan Teh Malabar Dan Teh Jangkung

kebun teh malabar
Sumber: instagram @13lacktoner_5150
Bak hamparan permadani yang sangat luas, keindahan kebun teh malabar memang tidak bisa di pungkiri. Jika hari libur tiba, perkebunan ini akan ramai di kunjungi oleh para wisatawan. Nuansanya yang sejuk dan segar bisa menjadi obat untuk melepas stress. Disini kalian bisa berwisata menyusuri perkebunan teh dengan berjalan kaki atau bersepeda.  Terdapat juga penginapan yang bisa kalian sewa untuk bermalam di perkebunan ini. 

Itulah 10 tempat wisata di pangalengan yang aku rekomendasikan untuk kalian. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang lain, mungkin nanti akan aku update di artikel lain. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat ya..

Related Posts