Kamis, 09 September 2021

Pineus Tilu Camp Ground Pangalengan, Sensasi Berkemah Di Tepi Sungai Yang Dikelilingi Oleh Hutan Pinus

Pineus Tilu Camp Ground Pangalengan, Sensasi Berkemah Di Tepi Sungai Yang Dikelilingi Oleh Hutan Pinus
Sumber: instagram @pineustilu
Pineus Tilu Camp Ground - DIbandingkan "seniornya" dalam hal pariwisata, seperti Ciwidey ataupun Lembang. Daerah Pangalengan memang masih kurang terkenal untuk menjadi destinasi wisata. Tetapi, Semakin banyak saja perkembangan yang terjadi dalam hal pariwisata di kota kecil ini. Pangalengan terus berbenah dan memaksimalkan potensi wisata alam yang ada agar bisa bersanding dengan dua seniornya tersebut. Ide-ide kreatif anak muda dan pengelola pun menghadirkan banyak tempat-tempat wisata baru di Pangalengan. Salah satunya adalah tempat wisata yang sedang ngehits belakangan ini yaitu Pineus Tilu Camp Ground. 

Pineus Tilu Camp Ground adalah salah satu wisata yang baru dibuka di Pangalengan. Tetapi, meskipun baru dibuka, tempat wisata ini sudah sangat viral di sosial media terutama di instagram. Jelas saja, wisata Pineus Tilu Camp Ground menyajikan suasana camping yang menakjubkan. Sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin melepas stres dan kepenatan dari rutinitas harian. 

Suasana Camping Pineus Tilu

Pineus Tilu Camp Ground Pangalengan, Sensasi Berkemah Di Tepi Sungai Yang Dikelilingi Oleh Hutan Pinus
Sumber: instagram @pineustilu
Berkemah di tepi sungai Palayangan dan di kelilingi oleh hutan pinus yang begitu asri, akan membuat kalian merasakan ketenangan dan kesegaran yang tidak bisa di dapatkan di tempat lain. Suara gemricik aliran sungai yang di padukan dengan suara binatang liar akan menambah kesyahduan berkemah di tempat ini.

Alamat dan Lokasi Pineus Tilu Camp Ground

Wisata Pineus Tilu Camp Ground beralamat di desa Pulosari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Tepatnya di Hutan Pinus Rahong yang mana jaraknya dekat sekali dengan objek wisata Situ Cileunca. Kalau dari arah Bandung, sebelum pintu masuk ke Situ Cileunca, akan ada pertigaan yang ke kanan mengarah ke tempat wisata ini. Sekitar 15-20 menit dari pertigaan kalian akan sampai di lokasi wisata Pineus Tilu Camp Ground. 

Fasilitas Pineus Tilu Camp Ground

Pineus Tilu Camp Ground Pangalengan, Sensasi Berkemah Di Tepi Sungai Yang Dikelilingi Oleh Hutan Pinus
Sumber: instagram @pineustilu
Kalian tidak perlu khawatir mengenai fasilitas di tempat wisata ini, meskipun bertemakan camping di tengah hutan belantara, fasilitas di Pineus Tilu sudah cukup lengkap. Bisa dikatakan jika berkemah di sini sudah termasuk Glamping atau Glamour Camping tetapi dengan harga yang sangat terjangkau. 

Berikut ini daftar fasilitias yang ada di Pineus Tilu Camp Ground

  • Tenda kapasitas 4-6 orang
  • Cussion seat dan pillow
  • Sleeping bag dan foam matters
  • Private dinning dan coffee tables
  • Sarapan
  • Api unggun dan peralatan barbeque
  • 10 buah hammock
  • Area memancing
  • Sumber listrik dan penerangan
  • Toilet bersih
  • Shower air hangat
  • Area parkir
Pineus Tilu Camp Ground Pangalengan, Sensasi Berkemah Di Tepi Sungai Yang Dikelilingi Oleh Hutan Pinus
Sumber: instagram @pineustilu

Aturan Berkemah di Pineus Tilu

Setelah pengelola melakukan evaluasi terhadap kebiasaan para pengunjung semenjak wisata ini di buka, pihak pengelola menerapkan beberapa aturan baru tentang aktifitas berkemah yang di bolehkan agar tidak mengganggu pengunjung lain. Dan berikut ini larangan yang diterapkan di tempat wisata Pineus Tilu Camp Ground:

  • Tidak boleh membawa dan mempergunakan pengeras suara (mic, TOA megaphone dan lain-lain)
  • Tidak boleh melakukan kegiatan Karaoke 
  • Tidak boleh membawa dan mempergunakan sound system
  • Tidak boleh menyetel musik dengan keras (Handphone, Laptop, Speaker Bluetooth)
  • Tidak boleh berteriak atau bersenda gurau secara berlebihan sehingga mengganggu pengunjung lain

Harga Sewa Tenda dan Villa Pineus Tilu Camp Ground

Untuk bermalam disini, ada dua pilihan tempat menginap. Yaitu di tenda tepi sungai dan di villa hutan pinus. Untuk spesifikasi tendanya yaitu tenda merk Arpenaz dari Perancis tipe Family Tent 4.0 dan 4.2 berkapasitas 4-6 orang. Perbedaan antara kedua tipe itu adalah posisi ruang tidurnya. Tenda tipe 4.0 ruang tidurnya ada dibelakang ruang tengah dengan kapasitas 4 orang dan tipe 4.2 ruang tidurnya di bagi menjadi dua di kanan dan kiri ruang tengah dengan kapasitas masing-masing 2 orang. 

Sedangkan untuk villanya, sampai artikel ini dibuat. Aku belum mendapat informasi yang valid terkait bentuk dan spesifikasinya.

Dan harga sewa menginap di Pineus Tilu Camp Ground permalam adalah 500.000 rupiah untuk hari biasa(weekday) dan 650.000 rupiah untuk hari libur termasuk sabtu-minggu(weekend). 

Jam operasional di Pineus Tilu Camp Ground adalah 24 jam dengan ketentuan check-in pada jam 2 siang dan check-out pada jam 12 siang. 

Tips Berkunjung ke Pineus Tilu Camp Ground

Agar kenyamanan dan keasrian tempat wisata ini tetap terjaga, selalu patuhi aturan yang ditetapkan oleh pengelola. Jika membawa anak kecil, selalu awasi mereka agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selalu jaga kebersihan saat berwisata di tempat ini. Dan yang terakhir adalah selalu menerapkan protokoler kesehatan yang di tetapkan oleh pemerintah setempat.

Itu saja informasi yang bisa aku berikan tentang wisata alam Pineus Tilu Camp Ground di Pangalengan. terima kasih sudah membaca artikel ini.


Related Posts