Sabtu, 04 September 2021

Gunung Artapela, Wisata Pendakian Dengan Trek Yang Ringan Dan Cocok Untuk Pemula

Gunung Artapela, Wisata Pendakian Dengan Trek Yang Ringan Dan Cocok Untuk Pemula
Sumber: instagram @__multatuli__
Gunung Artapela - Mendaki gunung atau hiking adalah kegiatan olahraga yang semakin banyak penggemarnya. Itulah sebabnya hampir setiap hari libur atau akhir pekan destinasi wisata gunung akan selalu ramai oleh para pendaki. Terutama gunung-gunung yang sudah sangat terkenal akan keindahan alamnya. Di daerah kabupaten Bandung, ada juga lho gunung yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu daftar destinasi pendakian, yaitu Gunung Artapela.

Gunung Artapela merupakah salah satu gunung yang lokasinya berada di kecamatan Kertasari dan berbatasan dengan kecamatan Pangalengan kabupaten Bandung. Meskipun masih banyak yang belum tau tentang gunung ini, pemandangan alamnya juga tak kalah indah dengan gunung-gunung lainnya. 

Basecamp Dan jalur Pendakian

Ada beberapa alternatif jalur yang bisa kamu pilih untuk bisa sampai di puncak gunung Artapela. Yaitu jalur dari Pangalengan dan Pacet. Untuk jalur Pangalengan belum ada basecamp nya dan hanya ada parkiran umum dan warung kecil. Tapi pendakian dari jalur ini relatif lebih mudah dan cepat. Kamu hanya butuh waktu trekking sekitar 2 jam untuk bisa sampai di puncaknya. Kondisi jalurnya berupa kebun-kebun pertanian milik warga sekitar.

Untuk jalur dari pacet, sudah tersedia basecamp yang lokasinya berada di kampung Argasari, Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Melalui jalur pacet ini, ada dua jalur pendakian yang bisa kamu pilih yaitu jalur Seven Field atau kebun Tujuh dan jalur Datar Jamuju. Perbedaan dari dua jalur ini adalah jalur Seven Field konturnya lebih menanjak dibandingkan jalur Datar Jamuju yang lebih landai.

Daya Tarik Gunung Artapela

Gunung Artapela memiliki daya tarik yang tak kalah bagusnya dengan gunung-gunung lain diantaranya

1.Puncak Sulibra 

Puncak dari gunung ini disebut dengan nama Puncak Sulibra. Puncaknya sendiri memiliki luas 40 hektar berupa hamparan rumput dengan semak dan pepohonan. Jadi kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk mendirikan tenda. 

2.Spot Sunrise dan Sunset

Keunikan dari gunung ini adalah kamu bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset dari puncaknya yang berada di ketinggian 2194Mdpl. Menghabiskan sore hari dengan melihat matahari terbenam di temani secangkir kopi dan udara sejuk akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Saat malam pun, kamu bisa memandangi bintang yang bertebaran di langit dengan jelas jika cuacanya cerah. Ditambah dengan indahnya pesona matahari terbit yang semakin melengkapi kenanganmu berkemah di gunung ini. 

3.Area Camping

Jika kamu berencana untuk mendaki gunung ini, aku sarankan untuk tidak tek-tok atau langsung pulang pergi. Karena kalian akan melewatkan momen sunset dan sunrise yang indah di gunung Artapela. Bawalah perlengkapan camping dan menginap satu malam disini agar pendakian kamu semakin berkesan.

4.Situ Aul

Tepat di bawah puncaknya, terdapat sebuah danau alami yang begitu asri. Namanya adalah situ Aul. Danau ini bisa kamu lihat dari puncak sulibra. Karena airnya yang sangat dingin, pengunjung tidak di perbolehkan untuk berenang disini. Jika kamu mau mendekati danau ini, kamu harus berhati-hati dan jangan sampai terjatuh ke danau.  

Rute Menuju Gunung Artapela

Jika kamu dari arah kota Bandung, kamu bisa ambil rute ke arah ciparay - majalaya. Dimana nanti di daerah pacet, kamu belok ke kanan ke arah kecamatan kertasari. Terdapat banyak angkutan umum yang bisa mengantarkan kamu hingga kertasari. Dan bisa dilanjut dengan naik ojek ke lokasi basecamp.

Dan jika mau lewat Pangalengan, kamu bisa mengambil rute arah dayeuh kolot - banjaran atau bisa melalui rute kopo - katapang ke arah banjaran. 

Tips Berkunjung Ke Gunung Artapela

Menjadi Salah satu tempat wisata di Pangalengan, Gunung Artapela merupakan wisata pendakian Dengan Trek Yang Ringan dan Pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan yang di terapkan selama pandemi ini demi kenyamanan dan keselamatan bersama. 

Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari info tentang Gunung Artapela. 


Related Posts