Minggu, 05 September 2021

Menikmati Eksotisnya Golden Sunrise Di Sunrise Point Cukul Pangalengan

Menikmati Eksotisnya Golden Sunrise Di Sunrise Point Cukul Pangalengan Kabupaten Bandung
Sumber: instagram @warmanwardhani
Sunrise Point Cukul - Tempat wisata yang satu ini sedang menjadi daya tarik bagi wisatawan khususnya para pecinta alam. Karena keindahan panorama alamnya yang sejuk dan eksotis. Surga tersembunyi di daerah Bandung selatan.

Tempat ini sudah sangat terkenal di kalangan anak-anak muda. Foto-fotonya pun sudah tersebar luas di instagram. Dan setiap akhir pekan, tempat ini akan selalu ramai oleh para pengunjung dari dalam maupun luar kota. Tak sedikit juga para bikers melakukan touring ke tempat ini. Nama tempatnya adalah Sunrise Point Cukul.

Sunrise Point Cukul merupakan salah satu tempat wisata di pangalengan yang bernuansa alam, Kabupaten Bandung. Alamat lengkapnya berada di Jl. Cukul Kampung Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Tempat ini berada di ketinggian 1600m diatas permukaan air laut sehingga udara disini sangat sejuk dan bahkan bisa mencapai suhu terendah di 13 derajat celcius. Jarak nya sekitar 50km dari kota Bandung. Jika dari kota bandung, ada 3 rute yang bisa dipilih.

Rute Ke Sunrise Point Cukul

Sumber: instagram @warmanwardhani
Rute pertama dari arah Bandung bagian barat bisa melalui tol Soroja atau bisa juga melalui jalan raya Kopo Katapang. Dan belok ke kiri arah Kecamatan Banjaran. Selanjutnya di pertigaan lampu merah Kamasan, belok ke kanan menuju Pangalengan.

Rute kedua dari sekitaran Bandung bagian tengah bisa melalui Jl. Moh. Toha sampai ke pertigaan Dayeuhkolot belok ke kanan arah Baleendah dan setelah melewati jembatan sungai citarum ambil kanan lagi ke Jl. Raya Banjaran dan akhirnya sampai di pertigaan lampu merah Kamasan.

Dan rute ketiga dari Bandung bagian timur bisa melaui tol Cileunyi dan keluar di pintu tol Buahbatu atau melalui Jl. Raya Soekarno-Hatta kemudian belok kiri di perempatan buah batu, lanjut di pertigaan Bojongsoang ambil ke kanan arah dayeuh kolot dan ikuti rute seperti rute kedua diatas.

Saat tiba di Pangalengan, Kalian akan bertemu bundaran dimana itu adalah alun-alun Pangalengan. Dari bundaran, ambil jalan ke kanan yang arahnya ke Situ Cileunca dan Rancabuaya. Tinggal ikuti jalan itu sejauh 10km maka kalian akan sampai di Sunrise Point Cukul.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya cukup murah yaitu hanya sebesar 10.000 rupiah. Dan untuk harga makanannya masih terbilang cukup normal seperti harga makanan di tempat wisata pada umumnya.

Sumber: instagram @ariefbudi.w

Fasilitas Di Sunrise Point Cukul

Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup memadai mulai dari area parkir mobil dan motor yang cukup luas, tempat ibadah, toilet tersih, area tempat makan dan jajanan, spot-spot foto dan area camping bagi yang ingin berkemah.

Spot Wisata Di Sunrise Point Cukul

Spot pertama dari tempat wisata ini sudah pasti adalah sunrise point. Kita akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan hamparan bukit kebun teh yang hijau diterpa oleh sinar matahari pagi. Kabut yang menyelimuti lembah-lembah bukit pun menambah ke eksotisan dari tempat ini. Tidak heran tempat ini menjadi salah satu sunrise point terbaik di Bandung.

Camping Area

Jika kalian tidak cukup hanya dengan melihat pemandangan matahari terbit, disini juga tersedia area camping untuk bermalam dan menikmati suasana malam di tengah kebun teh. Jika cuaca cerah kalian bisa melihat keindahan bintang dan galaksi bimasakti.

Situ Cukul

Sumber: instagram @rannieindri
Di dekat area wisata ini, ada juga sebuah danau kecil yang sangat alami. Namanya adalah Situ Cukul. Diseberangnya juga terdapat sebuah bangunan bergaya arsitektur eropa bernama Villa Jerman. Dinamakan seperti itu karena dulu pemiliknya adalah orang jerman. untuk menuju ke villa tersebut hanya maju sedikit lagi dari pintu masuk sunrise point cukul maka akan terlihat villanya berdiri megah di sebelah kanan. Sayangnya, sepertinya villa tersebut tidak dibuka untuk umum.

Tips Berkunjung

Jika akan berkunjung kesini, pastikan kondisi badan kita sedang fit dan tidak ada gejala penyakit ringan. Karena udara disini sangat dingin sekali. Gunakanlah pakaian yang tebal. Dan tetap menjaga prokes agar wisata anda berjalan dengan lancar.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang mau mengunjungi tempat ini.