Selasa, 07 September 2021

Rafting Situ Cileunca Pangalengan - Rafting Terbaik Di Bandung

Rafting Situ Cileunca Pangalengan - Rafting Terbaik Di Bandung
Sumber: instagram @arungjeram_pangalengan_bandung
Rafting Pangalengan - Ingin berlibur ke daerah Pangalengan? Atau sudah membuat rencana untuk bepergian kesana? Kalau iya, jangan sampai kalian tidak mencoba wisata arung jeram disini. Karena arung jeram Pangalengan termasuk salah satu wisata rafting terbaik di Jawa Barat.

Rafting Pangalengan

Rafting Situ Cileunca Pangalengan - Rafting Terbaik Di Bandung
Sumber: intagram @arungjeram_pangalengan_bandung
Arung jeram atau rafting adalah kegiatan olahraga adventure mengarungi sungai yang arusnya cukup ekstrim dengan menggunakan perahu karet. Rafting termasuk salah satu olahraga yang menantang dan cukup berbahaya. Agar lebih aman, kegiatan rafting harus di dampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Rafting di pangalengan sendiri memanfaatkan aliran sungai Palayangan yang masih berada di dalam area objek wisata Situ Cileunca. 

Kelebihan dari sungai Palayangan yaitu debit airnya yang relatif stabil sepanjang tahun, baik musim kemarau atau musim hujan sekalipun tidak menjadi halangan untuk bisa melakukan kegiatan wisata rafting disini. Itulah yang membedakannya dengan sungai-sungai lainnya seperti sungai Cisangkuy, Citarum dan Cikapundung. 

Dengan panjang lintasan arung sekitar 4,5km, terdapat sebanyak 13 jeram yang memiliki nama-nama yang unik. Jeram di rafting Pangalengan memiliki tingkat kesulitan grade III-IV. Grade tersebut diberikan kepada sungai yang tingkat kesulitan jeramnya sedang atau menengah untuk kegiatan rafting. Lintasan jeram yang terkadang menyempit, dan arus pusaran menyerupai blender serta beberapa jeram yang tak beraturan merupakan karakteristik dari jeram level grade III. 

Selama kurang lebih 2 jam, kalian akan dibawa mengarungi aliran sungai dan merasakan petualangan seru saat melewati 13 jeram yang tersebar di beberapa titik lintasan rafting. Nama jeram-jeramnya yaitu Jeram Selamat Datang, Jeram Gentong, Jeram Rungkun, Jeram Ice, Jeram Domba, Jeram Anak Domba, Jeram Blender, Jeram Kecapi, Jeram Sexy, Jeram Cinta, Jeram Gadis I, Jeram Gadis II, dan Jeram Rodeo.

Harga Paket Rafting Pangalengan

Rafting Situ Cileunca Pangalengan - Rafting Terbaik Di Bandung
Sumber: @jm_adventur
Untuk bisa menikmati wisata rafting di pangalengan, harganya bervariasi. Biasanya di buat satu paket dengan wisata lainnya. Harga paket raftingnya saja yang termurah berkisar antara 125.000 Rupiah. Dengan harga tersebut, fasilitas yang di dapatkan antara lain wisata rafting sungai Palayangan sepanjang 4,5km, Air mineral, Perlengkapan Arung jeram (rompi pelampung dan helm), Guide, Rescue Team, P3k, Lokal Transport, Tiket Objek Wisata Situ Cileunca dan Asuransi. 

Baiklah, itu saja informasi yang bisa aku berikan terkait wisata rafting di pangalengan. Semoga dapat membantu kalian yang sedang mencari info wisata tersebut. Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku. Jangan lupa baca artikel lainnya juga yaa.. :)

Related Posts